Header Ads

Breaking News
recent

20 Hal yang Membuat Seseorang Sukses di Usia 20-an

Rata-rata orang memulai langkah untuk mencapai kemapanan dan meraih kenyamanan dalam hidup adalah di usia 30-40 tahun. Padahal usia tersebut adalah usia yang bisa dikatakan cukup terlambat untuk memulai sebuah usaha meraih kesuksesan.

Image Credit
Sukses bisa diraih karena pengaruh waktu. Ketika kamu semakin awal memulai karir pekerjaan kamu, maka akan semakin cepat pula peluang kamu untuk meraih sebuah kesuksesan. Jika sukses bisa diraih sejak usia muda, mengapa harus menunggu usia 30 atah 40 tahun untuk baru mulai memikirkan langkah-langkahnya?

Usia 20 tahun-an merupakan usia yang penting untuk memulai melangkah kejenjang usaha kesuksesan. Usia 20 pada seseorang pada umumnya adalah usia yang matang dan secara fisik merupakan kondisi yang bagus untuk melakukannya. Berikut ini adalah 9 usaha yang dilakukan orang uskses di usia 20-an :


Mencoba industri yang berbeda

Ketika masih muda, jangan pernah kamu menyerah pada suatu keadaan yang memaksamu untuk terperangkap dalam sebuah kegagalan. Masa muda usia 25 tahun-an, sangat penting untuk mencoba segala sesuatu yang baru. Sesuatu yang berbeda dan kreatif adalah yang paling dicari untuk membangun sebuah kesuksesan.

Namun, mengenalkan sesuatu yang baru tidaklah mudah. Semua membutuhkan sosialisasi dan marketing yang baik. Mencoba sesuatu di industri yang lain dari yang lain memang syarat akan ketidakpastian. Namun yang perlu kamu ingat, ketika kamu berani mencoba, kamu akan punya kemungkinan untuk sukses meskipun berpeluang juga untuk merasakan kegagalan. Namun, jika tidak berani mencoba, kamu tidak akan punya kesempatan untuk suskses, otomatis kamu tidak akan pernah merasakan kegagalan.

Tidak ada orang di dunia ini yang dilahirkan lalu langsung menguasai suatu hal. Untuk menjadi seorang ahli, para ahli pernah merasakan kegagalan, namun ia tidak pernah patah semangat untuk mencoba lagi, bahkan pindah jalur untuk membuka peluang usaha di bidang yang lain. Mereka melakukan hal itu sampai menemukan suatu kemantapan hati dan kenyamanan dalam melakukannya. Semua itu membutuhkan proses yang panjang dan cobaan yang tidak mudah.

Ketika kamu mencoba sesuatu hal yang berbeda, maka jangan takut untuk menekuninya. Perbedaan dalam ranah yang baik hanya perlu ketekunan untuk menuju arah kesuksesan. Jika kamu kesulitan untuk menciptakan industri yang berbeda, yang harus kamu lakukan untuk menjadi sukses adalah mengembangkan industri yang ada. Dengan sedikit kreativitas kamu pasti bisa untuk melakukannya.


Membangun dari bawah

Sukses adalah tingkatan pencapaian tertinggi suatu pekerjaan. Namun, tidak pernah ada ukuran yang pasti untuk menentukan kesuksesan dari seseorang. Seseorang bisa dikatakan sukses jika orang tersebut telah mencapai target yang ia rencanakan. 

Untuk menjadi sukses di usia 25 tahun, selain kamu perlu mencoba sesuatu yang baru kamu juga harus menekuninya. Setelah kamu merasa nyaman dengan hal itu, pertahankan semaksimal mungkin. Saat itu kamu sedang membangun fondasi yang kokoh untuk karirmu. Mungkin kamu harus merangkak dari jabatan yang paling rendah. Anggap semua itu kamu sedang menanamkan penopang untuk karirmu. Jika kamu hanya menancapkan tiang penopang itu tidak dalam kamu hanya akan merasakan terseok-seok ketika cobaan angin kencang datang. Berbeda ketika kamu menancapkan tiang penopang itu lebih dalam. Kamu akan tetap berdiri kokoh saat badai menyerang.

Implikasikan terhadap rencana suksesmu saat ini. Jangan pernah malu untuk menekuni profesimu dari bawah. Saat kamu menjadi karyawan, jadilah karyawan yang baik, agar ketika suatu ketika nasib memihak padamu menjadi seorang boss, kamu dapat memperlakukan karyawanmu dengan baik.

Membangun dari bawah tentu membutuhkan kesabaran ekstra, karena kesuksesan membutuhkan sebuah proses. Jika kamu beruntung kamu akan melewati proses tersebut dengan cepat. Dan jika kamu merasa sangat lama mencapai kesuksesan tersebut, anggaplah kamu sedang menanam pondasi yang kuat untuk mempersiapkan ketika sesuatu yang kamu bangun sudah berhasil dan tidak mudah untuk digoyahkan.


Belajar 

Kesuksesan membutuhkan proses belajar yang panjang dan tidak berhenti, sebab sukses adalah tentang peningkatan kualitas kehidupan yang kita tidak akan pernah tahu kapan sampainya. Mengapa demikian? Karena manusia mempunyai kecenderungan sifat yang tidak gampang puas akan suatu hal. Manusia selalu ingin melebihi keinginannya yang sebelumnya. Dan ketika ia berhasil, maka ia di katakan sukses. Untuk itu, manusia perlu belajar.

Untuk menjadi seorang yang sukses jangan malu untuk belajar. Dengan seorang yang lebih muda itu tidak menjadi masalah. Seorang yang masih muda dengan ilmu yang melebihi kamu tidak sedikit, dan yang lebih tua juga demikian. Belajar untuk menunjang kesuksesanmu tidak harus dengan sekolah formal. Kamu bertemu dengan seseorangpun kamu dapat dikatakan belajar jika kamu bisa mendapatkan ilmu dari orang tersebut. Namun demikian, tidak semua orang sempurna. Pasti dalam hidupnya seseorang pernah melakukan kesalahan. Semua ilmu yang kamu dapatkan dari seseorangpun tidak semuanya benar. Pandai-pandailah untuk menfilter ilmu dari pembelajaran tersebut. Terapkan yang sekiranya masih relevan dan layak, serta jangan ragu untuk membuang hal buruk atau ketidak sesuaian dari ilmu yang kamu pelajari.

Pastika kamu belajar dengan seorang yang ahli dan berpengalaman sebelumnya menangani bidang yang kamu inginka tersebut. Namun, meskipun begitu pelajaran yang akan kamu dapat dari seorang ahli tersebut tergantung kamu yang dapat menentukan. Sukses atau gagal hanya perkara kamu mau menerapkan pembelajaran yang baik atau tidak. Sukses bukan hanya masalah kamu belajar meniru seseorang yang sukses, namun sukses adalah bagaimana kamu mengembangkan ilmu yang kamu dapat dari seorang yang sukses tersebut. Kembangkanlah ilmu dari proses belajar tersebut sekreatif mungkin. Agar kamu mendapatkan sebuah karakter yang tidak mudah di lupakan seseorang.


Loyalitas

Loyalitas dapat diartikan sebagai kesetiaan atau ketekunan seseorang terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Orang pintar dan orang tekun sama-sama berpotensi untuk meraih sebuah kesuksesan. Pintar karena sebuah bakat yang dimiliki sejak lahir hanya menduduki prosentase yang kecil di bandingkan ketekunan usaha yang dilakukan dalam meraih sebuah kesuksesan.

Loyalitas juga dapat diartikan sebagai kesetiaan pengabdian pada sebuah instansi atau perusahaan tempat seseorang bekerja. Ketika seseorang bekerja sepenuh hati pada satu tempat, maka ia akan berpotensi untuk berkembang. Perkembangan yang signifikan mampu membuat seseorang berpeluang untuk menduduki sebuah jabatan penting di tempat kerja. Loyalitas adalah bentuk dari kecintaan tertinggi dari sebuah pekerjaan yang di tekuni.

Loyalitas tidak datang begitu saja, melainkan di bangun oleh waktu. Loyalitas yang akan menuai kesuksesahan hanyalah loyalitas yang di barengi dengan peningkatan kualitas kerja yang nyata. Jika hal tersebut bisa di bangun di usia sedini mungkin, maka kesuksesan adalah hasil kegigihan yang kamu lakukan.


Berani mengambil resiko

Seseorang hidup diibaratkan di atas roda yang berputar, suatu ketika pasti akan berada di bawah juga. Tidak ada seseorang yang terus berjaya dalam hidupnya. Pasti setiap orang mempunyai jatah gagalnya masing-masing. Habiskan jatah gagalmu selagi masih muda. Dari kegagalan tersebut, bersikaplah bijaksana agar kamu tetap dapat mengambil hikmah untuk sebuah kesuksesan yang ingin kamu raih.

Berani mengambil resiko termasuk salah satu cara untuk mengambil jatah gagal sedini mungkin. Resiko ada dua macam, resiko buruk, dan resiko baik. Yang perlu di pikirkan adalah bagaimana cara menghadapi resiko yang buruk, karena kita tidak perlu merencanakan hal yang muluk-muluk untuk menghadapi resiko yang baik. Hal yang perlu kamu ingat adalah hindarkan dirimu dari sikap penyesalan ketika kamu menghadapi resiko yang buruk. Berpikir jernih dan memandang dari sudut pandang yang berbeda akan menghindarkan kamu dari perasaan penyesalan tersebut. 

Yang tidak kalah penting dari pengambilan sebuah resiko, adalah berani menghadapi jika akibat tersebut datang menghampirimu. Lari dari kenyataan adalah sifat seorang pengecut, dan selama ini belum pernah ada di temukan seorang tokoh yang sukses dengan mental pengecut.

Semua itu bisa dilakukan dengan cara latihan mengambil keputusan dalam hidupmu, jika kamu dapat dengan bijak melakukannya, maka akan sangat mudah untuk mengimplikasikannya ke pekerjaan kamu. ketika kamu berani mengambil resiko, kamu akan di hadapkan dengan 2 kemungkinan, yaitu gagal dan sukses. Namun, jika kamu tidak memberanikan diri, kamu tidak akan pernah merasakan keduanya. Pilihan ada di tangan kamu.


Menciptakan lapangan pekerjaan

Menciptakan lapangan kerja yang dilakukan seorang yang masih muda mungkin akan banyak mengalami hambatan dalam teknis pelaksanaannya. Apalagi mental seseorang yang masih muda biasanya kurang bisa mengambil keputusan secara bijak sehingga menimbulkan kegagalan-kegagalan yang berulang kali. Namun, ketahuilah saat kamu menekuni lapangan pekerjaan yang kamu bangun, kelak kamu akan mendapatkan hasil yang tidak sia-sia. Seberapa kecil usaha yang kamu lakukan demi merintis sebuah usaha, pasti akan mendapatkan timbal balik yang sesuai. Maka berusahalah semaksimal mungkin untuk membagun dan mengembangkan lapangan pekerjaan yang kamu ciptakan, agar hasil yang akan diperoleh juga akan maksimal.

Pertimbangkan peluang usaha yang akan kamu ambil. Meskipun ada seorang yang beranggapan semua usaha yang halal itu baik, namun jika tujuan kamu adalah sukses, kamu juga harus mempertimbangkan peluang yang ada. Kondisi wilayah suatu daerah, sumber daya manusia, serta teknik marketing sangat perlu untuk di perhatikan seseorang yang menciptakan sebuah lapangan pekerjaan. 

Gagal memang sudah menjadi jatah setiap orang, namun jangan sampai kamu pasrah dengan hal demikian. membuka peluang usaha yang di barengi dengan pikiran “akan gagal” juga akan mempengaruhi prospek peluang usaha kamu ke depan. Pikirkan tentang keberhasilan, setidaknya itu adalah sebuah motivasi untuk meningkatkan kinerja kamu dalam membangun sebuah lapangan pekerjaan.


Investasi

Jika kamu punya modal yang cukup untuk membuka peluang usaha, namun kamu tidak tahu harus memilih apa, mungkin kamu perlu mencoba bisnis investasi jangka panjang. Memang setiap bulan keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar, namun tidak semua bisni ivestasi mengalami hal tersebut. Jika kamu menyebarkan modal untuk investasi ke lebih dari beberapa peluang usaha, tentu kamu akan semakin cepat untuk balik modal dan menikmati keuntungannya.

Menanam modal usaha untuk sebuah investasi saat di usia muda sangat menguntungkan, karena pekerjaan yang akan kamu kerjakan tentu lebih ringan. 

Ada beberapa contoh bisnis investasi jangka panjang yang marak di coba tentu karena hasilnya sangat memuaskan. Diantaranya adalah bisnis property, bisnis batu bara, tambang, granite, rumah dan mobil. Investasi dengan hasil yang besar tentu di butuhkan modal usaha yang tidak sedikit, juka seberapa peka kamu melihat peluang keuntungan yang akan kamu peroleh. 

Bisnis investasi seperti ini juga rentan dengan masalah penipuan, untuk itu pastikan kamu mengenali dengan siapa kamu akan berbisnis. Kepercayaan memang sangat penting, namun alangkah baiknya kamu juga ikut turun tangan langsung dalam bisnis tersebut meskipun dalam kapasitas yang kecil. Dengan seperti itu kamu tidak akan terlalu “buta” mengenai informasi pada bisnis investasi yang kamu jalankan. Pentingnya survei lokasi bisnis investasi juga hal yang perlu di perhatikan. Karena bisa jadi penawaran yang di tawarkan adalah fiktif belaka. 

Jangan mudah tertipu dengan investasi hasil besar dengan modal tipis, karena pasti lebih berpeluang gagal. Biasanya pebisnis seperti itu mengincar orang-orang yang ambisius untuk sukses dengan usaha yang minim. “Pasrah”dalam bisnis investasi apalagi yang bermodal besar adalah sebuah kesalahan yang fatal, meskipun itu dilakukan dengan saudara.

Karena jika uang sudah berbicara pertemana atau persaudaraan tidak akan ada artinya. Maka penting bagi kamu untuk berfikir sekali, bahkan dua kali atau tiga kali untuk menaruh sebuah modal pada sebuah investasi tertentu. Pelajari lebih dalam, baik dengan cara bertanya pada teman atau pun searching di internet. Semua bisnis investasi pasti mempunyai kekurangan, pelajari lebih lanjut apakah kamu akan siap menerima kekurangan yang dimiliki bisnis investasi yang akan kamu ikuti. Jika memang tidak terlalu berat, tidak ada salahnya untuk mencobanya.


Jalin relasi yang baik

Untuk usia muda, jika ingin meraih kesuksesan sangat diperlukan untuk menjalin relasi yang luas, hal itu tidak lain adalah untuk memudahkan memperoleh link pekerjaan.

Menjalin relasi dengan seseorang memang susah-susah gampang. Hal tersebut dikarenakan sifat orang berbeda-beda, mengharuskan kita untuk memahami dan menyikapi dengan berbeda pula. Satu hal yang jangan sampai hilang dalam diri kamu ketika menjalin relasi dengan seseorang adalah jangan sampai kamu kehilangan jati diri kamu.

Jati diri adalah sebuah karakter yang akan memudahkan seseorang untuk mengenal dan mengingat kamu.

Saat hendak menjalin relasi dengan seseorang pilihlah relasi yang baik dan menguntungkan. Relasi berbeda dengan pertemanan biasa, jika pertemanan kamu mungkin tidak perlu pandang bulu dengan siapa kamu memilihnya, namun jika relasi cenderung pada rekan bisnis. Usahakan seorang tersebut adalah orang yang menyenangkan dan dapat dipercaya. Selanjutnya kamu hanya tinggal menyamankan diri dalam bekerja sama dengan orang tersebut.

Menjalin relasi untuk sebuah bisnis memerlukan kesempurnaan pada kesan pertama. Jika kamu dapat mengambil simpati pada kesan awal kamu menjalin sebuah relasi, kamu akan mendapatkan kemudahan untuk menyamankan diri dalam lingkungan tersebut.


Bekerja secara penuh

Selagi masih muda, pergunakan waktumu dengan efektif dan produktif. Jangan ragu untuk mengambil jam kerja yang panjang dalam waktu satu minggu full. Karena ketika kamu masih muda fisik kamu masih mampu untuk melakukan semua pekerjaan secara optimal.

Jangan membatasi diri dengan pekerjaan apapun yang datang menghampirimu. Karena bisa jadi kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. Manfaatkan setiap peluang dengan baik. Waktu bekerja yang penuh akan mengasah kemampuan dan pengalaman kamu di bidang yang kamu geluti.
Diberdayakan oleh Blogger.