Header Ads

Breaking News
recent

21 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas dalam waktu 7 menit

Tindakan-tindakan kecil kadang sangat memperngaruhi peningkatan produktivits dalam kehidupan. Tak jarang tindakan tersebut sering di abaikan orang karena dianggap tidak penting dan tidak berguna. Bagi kamu yang menginginkan peningkatan produktivitas dalam hidup jangan pernah sekali-kali mengabaikan beberapa tindakan kecil yang sederhana di bawah ini. 

Image Credit
Bisa jadi karena hal-hal kecil di bawah ini akan merubah hidupmu jika dilakukan secara rutin dalam  keseharianmu.

Tindakan-tindakan di bawah ini tidak akan menguras waktumu. Ya...hanya dalam 7 menit untuk melakukannya. Ingin tahu 21 cara untuk meningkatkan produktifitas kamu hanya dalam 7 menit? simak ya sob!


Beranjak dari tempat tidur

Ketika alarm yang kamu set telah menunjukkan angka yang dituju, dan bunyi alarm yang kencang telah menggetarkan telingamu, jangan sekali-kali mengabaikan peringatan itu. Jika kamu mengabaikannya bukan berarti tidak mungkin semua rencana yang sudah terjadwal akan kacau. Biasanya seorang yang mematikan alarm yang telah di set nya sendiri akan melanjutkan tidurnya kembali. Dan bisa jadi kamu akan bangun terlambat, itulah yang akan menyebabkan semua jadwal menjadi kacau.

Saat alarm berbunyi jangan menunda untuk bangun dan beranjak dari tempat tidur. Pergilah ke kamar mandi untuk mencuci muka. Karena setelah cuci muka kamu akan mendapatkan kesegaran dan kantukmu perlahan akan hilang.

Yang paling sulit memang mengawali dengan semangat, jika kamu berhasil beranjak dari tempat tidur sesaat setelah alarm berbunyi, aktifitas selanjutnya tidak akan seberat itu. 


Membuat jadwal

Agar kamu menjadi semangat melakukan aktivitasmu, tidak ada salahnya untuk membuat jadwal dengan teman atau clien kamu. Sekedar untuk bertemu dan makan siang itu lebih baik. 

Biasanya seseorang yang terdesak dengan janji akan melewati hari-harinya dengan semangat, karena pada dasarnya seseorang akan enggan untuk tidak menepati janji yang di buatnya sendiri.

Janji seperti makan siang tergolong janji yang tidak terlalu berat. Jika kamu membuat janji yang berat dengan orang lain bisa-bisa bukan semangat yang akan kamu dapat tapi stres.


Set alarm untuk setiap kegiatan

Jangan lupa untuk meluangkan mengatur waktu agar kamu selalu ingat kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan dalam sehari. Caranya cukup mudah, kamu bisa memanfaatkan hand phone untuk untuk melakukan hal itu. Setiap hand phone menyediakan aplikasi pengingat seperti alarm atau memo yang akan berbunyi jika sudah di atur sebelumnya. Beri nama setiap alarm atau memo dengan nama kegiatan yang akan kamu lakukan dalam satu hari.

Hal ini menghindari agar tidak ada satu jadwalpun yang terlewatkan untuk di kerjakan.

Jika kamu mengalami sakit tertentu, dan mengharuskan minum obat secara rutin, tidak ada salahya untuk menggunakan alarm pengingat ini untuk mengingatkan kamu meminum obat.


Membersihkan salah satu laci di kantor kamu

Luangkan waktu selama 7 menit untuk membersihkan laci di kantor kamu. Hal ini akan mempermudah kamu untuk meletakkan sesuatu yang penting ke dalam laci. Membersihkan laci dari benda-benda yang tidak penting mungkin adalah hal yang sepele, namun pada saat waktunya tiba, kamu di hadapkan pada satu waktu dimana kamu harus menyimpan barang yang penting dalam laci tersebut, tentu kamu akan kebingungan karena lacinya penuh.

Saat seperti itu pasti kamu akan membuang waktumu dengan membersihkan laci terlebih dahulu. Namun jika pada waktu luang kamu sudah membersihkan laci terlebih dahulu, tentu saat waktunya kamu harus menyimpan benda yang lebih penting kamu tidak akan kesulitan dan waktumu tetap produktif untuk sesuatu yang lain.


Memastikan pertemuan dengan panggilan

Pastikaan saat kamu berjanji menemui seseorang atau hendak di temui seseorang, ada konfirmasi kepastian pertemuan tersebut. Meluangkan waktu kurang dari tuju menit untuk melakukan panggilan dengan seorang yang akan kita temui atau yang akan menemui kita toh tidaklah sulit. 

Hal ini menghindari pembatalan sepihak dari seorang tersebut. Karena tentu tidak semua rencana berjalan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan, dalam artian saat kamu hendak menemui seseorang atau ada seseorang yang akan menemuimu, di mungkinkan terjadi sesuatu sehingga mengharuskan pertemuan di tunda.

Ketika sudah ada konfirmasi bisa atau tidaknya, kamu akan lebih pasti menentukan langkah berikutnya. Jika salah satu pihak ada yang membatalkan kamu bisa melakukan hal lain, dan tidak perlu menunggu berjam-jam di tempat yang telah ditentukan


Baca buku 

Bacalah buku mengenai cara meningkatan produktivitas. Buku-buku seperti itu sudah banyak di jual di pasaran. Namun semua tergantung niat dan keinginan kamu untuk menjalani atau tidak. Akan percuma bila kamu membeli buku namun tidak ada aktifitas yang nyata untuk menjalani saran-saran yang di berikan buku tersebut.

Setiap hal yang tertulis di buku dari seorang yang ahli pasti telah ada riset sebelumnya, jadi kamu tidak perlu meragukan jika buku tersebut memang benar-benar telah di tulis oleh seorang yang telah ahli.


Luangkan waktu untuk rapat evaluasi

Salah satu cara meningkatkan produktivitas adalah mengevaluasi kesalahan yang telah di buat. Jika kamu adalah seorang bos yang membawahi suatu tim di perusahaanmu, luangkan waktu untuk rapat dengan karyawan. Rapat dengan karyawan sangat penting jika setelah melakukan proyek besar. Hal ini mungkin akan lebih dari tujuh menit, namun tidak ada salahanya, karena mengevaluasi sebuah pekerjaan adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan sebuah produktivitas dalam sebuah pekerjaan.

Diharapkan setelah adanya evaluasi semua karyawan akan bekerja dengan baik tanpa mengulangi kesalahan yang pernah di lakukan di proyek sebelumnya.

Dalam evaluasi juga penting di bahas mengenai hambatan setiap divisi saat menangani sebuah proyek, hambatan tersebut perlu di pecahkan dengan tuntas, agar jika terjadi hal seperti itu karyawan dapat mengatasi dengan mudah.


Catat bahan untuk rapat

Mencatat apa yang akan di sampaikan sebelum rapat adalah salah satu cara meningkatkan produktivitas. Seorang yang datang rapat dengan tanpa materi yang akan di sampaikan cenderung akan membuang-buang waktu untuk mengomentari suatu hal yang seharusnya tidak perlu di komentari. 

Seorang yang seperti itu tidak akan memberikan sumbangsih apapun kecuali komentarnya. Baginya komentar adalah materinya dalam rapat. Berbeda dengan seorang yang membawa materi saat rapat, misalnya mengenai hambatan yang di alami atau menemukan kesalahan prosedur yang memang semua anggota rapat layak untuk mengetahui dan di bahas untuk mendapatkan solusi penuntasan masalah. 


Streching

Lakukan Streching sebelum melakukan penerbangan. Hal ini akan membuat kamu rileks saat melakukan penerbangan. Sempatkanlah walau hanya tujuh menit, maka kamu akan mendapatkan penerbangan yang nyaman. Apalagi jika kamu melakukan penerbangan yang memakan waktu cukup lama. Jika kamu tidak sempat melakukan Streching saat keberangkatan, kamu bisa melakukannya saat transit ke bandara selanjutnya. 

Kenyamanan perjalanan jauh dapat meningkatkan produktivitasmu, karena setelah turun dari penerbangan, kamu akan lebih fresh dan kelelahanpun akan terminimalisir, pekerjaan selanjutnya juga akan tertangani dengan baik.


Minum air lalu tertawa

Terbukti bahwa seorang yang bahagia dalam hidupnya adalah seorang yang produktiv juga. Keceriaan akan membawa seseorang dalam pengaruh positif, sehingga dapat menciptakan sesuatu yang berarti dalam hidupnya.

Untuk itu jika saat ini kamu sedang stres, berhentilah melakukan pekerjaan, lalu minumlah segelas air kemudian awali kebahagiaanmu dengan sebuah senyum. Otak akan mensugesti pikiran dan perasaan kamu untuk lebih bahagia ketika kamu tersenyum atau tertawa. 

Lakukan terapi ini saat kamu sedang stres di tengah pekerjaanmu. Hal ini ampuh untuk meningkatkan produktivitas.


Malam hari sebelum berangkat kerja....


Letakkan kunci di tempat yang sama

Seringkali hal yang tak terduga terjadi di pagi hari. Saat alarm mu mungkin tidak berfungsi, dan kamu bangun terlambat, otomatis perjalanan menuju tempat kerjapun akan terhambat. 

Saat dalam keadaan kalut, mungkin kamu tidak akan berpikir jernih, sesuatu yang sepele terlihat besar, dan terkadang kamu juga lupa barang yang setiap hari harus kamu bawa. Yaa...apalagi jika bukan kunci, kamu pasti mencari kunci setiap hari, entah itu kunci motor, mobil, gerbang rumah, atau kunci ruangan kantor. 

Sadarkah jika kamu dalam keadaan kalut berapa waktu produktiv kamu yang terbuang untuk mencari kunci-kunci tersebut?

So letakan kunci-kunci tersebut di tempat yang sama. Tempat yang mudah kamu ingat dan tidak tersembunyi, sehingga saat kamu melewati nya terlihat dengan jelas meski dalam keadaan kalut.

Meletakkan kunci di tempat yang sama secara disiplin akan memudahkan kamu untuk membangun ingatan yang tajam. Memang jika dipikirkan pekerjaan seperti itu sangat sepele, namun besar manfaatnya di saat-saat yang tak terduga.


Baju

Jika kamu kamu memiliki baju kerja lebih dari satu, dan warnanya sangat beragam, cobalah untuk memilah milah baju tersebut. Kamu bisa memilahnya berdasarkan warna, panjang atau pendek lengan dan pastika itu adalah khusus baju untuk bekerja.

Kamu akan menghemat waktu memilih-milih warna baju kerja yang akan kamu gunakan keesokan harinya. Ketika semua baju tertata rapi berdasarkan kriteria yang kamu tentukan sendiri, itu akan mengefisienkan waktu yang kamu miliki, sehingga waktu yang biasanya terlalu lama di gunakan untuk memadu madankan baju dan memilih-milihnya, akan terpakai untuk kegiatan produktiv lainnya.

Penyusunan baju biasanya bisa berdasarkan warna gelap ke terang atau sebaliknya, begitupun bisa digunakan pada warna-warna celana kerja yang kamu punya.

Setelah menyusunnya, sehari sebelum kamu bekerja, atau pada malam harinya segeralah mempersiapkan pakaian yang akan kamu pakai untuk esok hari. Pastikan keadaanya rapih atau tidak kusut. Semprot dengan parfum lalu gantung menggunakan hanger atau penggantung pakaian. 

Masukkan kembali kedalam lemari dengan posisi menggantung. keesokan harinya kamu akan mendapati pakaian yang rapi dan siap pakai untuk bekerja. Kamu tidak perlu repot-repot menyetrika di pagi hari, karena itu sangat mengurangi waktu produktivmu. Jika semua sudah rapi, akan lebih santai bukan ? 


Pagi hari sebelum bekerja...


Air 

Setelah bergegas bangun saat mendengar alarm di pagi hari seperti tips sebelumnya, segeralah mengambil air minum. Perlu kamu tahu setiap manusia butuh untuk minum 8 sampai 10 gelas sehari. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang perlu kamu tahu saat kamu meminum air mineral cukup setiap harinya :

a. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
b. Memperlancar sistem pencernaan
c. Memelihara fungsi ginjal
d. Terapi Berbagai Penyakit
e. Mengurangi Resiko Kanker
f. Meredakan Kelelahan
g. Obat Alami Untuk Sakit Kepala
h. Mengurangi Rasa Kram dan Terkilir
i. Perawatan Kecantikan Kulit
j. Menurunkan Berat Badan
k. Produktivitas yang Lebih Baik di Tempat Kerja
l. Membuat Suasana Hati Baik


Olahraga

Lakukan olahraga minimal 7 menit sehari di pagi hari. Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke gym untuk melakukan olahraga, kamu bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki atau joging. Jika kamu tinggal di sebuah kompleks perumahan tentu kamu sangat diuntungkan dengan jalanan yang lenggang saat pagi hari untuk dapat melakukan jogging atau jalan cepat setiap harinya. 

Melakukan olah raga sebelum berangkat kerja di pagi hari selama minimal 7 menit adalah hal yang ringan yang akan membawa manfaat besar dalam kehudupanmu. Sungguh itu adalah aktifitas yang sangat membantumu meningkatkan produktivitas. 

Olahraga pagi selama 7 menit jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, dan dapat menyegarkan badan. Jika kamu melakukan ini, tubuhmu akan menjadi buga dan lebih sehat, kamu dapat bekerja lebih lama,otomatis produktivitasmu akan meningkat.


Cek list

Jangan lupa sebelum berangkat kerja cek kembali apa yang perlu kamu bawa untuk keperluan di hari itu. Karena setelah kamu meninggalkan rumah, kamu benar-benar harus fokus terhadap pekerjaan yang sudah menantimu. Jika kamu tidak melakukan mengecekan sebelum berangkat kerja, dan ada sesuatu yang penting dan tertinggal di rumah, kamu akan kehilangan waktu banyak untuk kembali kerumah dan mengambil sesuatu yang penting tersebut.

Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi asal kamu menyisihkan waktu sebentar saja untung mengecek barang-barang penting yang harus kamu bawa di hari itu.

Pas waktu di kantor....

Tiba tepat waktu

Ketika kamu datang tepat waktu di kantor, kamu akan lebih dulu memulai pekerjaan dibanding dengan karyawan lain yang terlambat. Secara logika ketika kamu mengawali sebuah pekerjaan lebih cepat tentu kamu akan selesai tepat waktu, dan lebih cepat mengerjakan pekerjaan berikutnya.


Datang tepat waktu ke kantor jug akan memberikan sebuah citra displin terhadap diri kamu sendiri. Tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan sesuatu yang menguntungkan jika kamu memiliki citra yang baik di hadapan si bos.

Image Credit
Meninggalkan kantor 7 menit lebih awal

Dengan meninggalkan kantor 7 menit lebih awal bisa jadi kamu akan terhindar dari kemacetan yang panjang. Karena pada umumnya antara 1 kantor dengan kantor yang lain memiliki jam jam kerja yang sama, tentu jadwal pulannya juga sama. 

Jika dalam satu kota terdapat 8 perusahaan dengan jam jadwal kerja yang sama pasti saat pulang akan mengalami macet yang cukup membuat kamu pusing di jalanan. Jangan ragu untuk pulang lebih awal, semakin cepat kamu pulang, semakin cepat kamu untuk beristirahat.


Saat libur kerja....

Bersih-Bersih

Saat kamu dalam satu minggu sibuk bekerja tentu kamu lebih fokus mengurus pekerjaan di bandi rumah kamu. Nah saat libur kerja luangkanlah waktu untuk membersihkan rumah atau kendaraan kamu. Kamu pasti akan kaget berapa banyak sampah yang menumpuk tanpa kamu sadari. 

Bersih-bersih adalah hal produktive, kamu akan mendapatkan kenyamanan saat lingkungan kamu menjadi bersih. Tentu mood mengerjakan sesuatu akan meningkat saat itu.


Relax 

Saat libur bekerja sempatkan waktu untuk relax, mungkin waktu yang tepat adalah saat selesai membersihkan rumah. Well...hitung-hitung kamu menikmati kenyamanan setelah rumah menjadi bersih. Ciptakan perasaan relax dengan mendengarkan musik yang bernuansa lembut, atau mungkin kamu dapat bermeditasi di halaman belakang rumah.

Jika kamu adalah seorang pekerja keras tentu kamu akan sangat jarang mendapatkan suasana atau perasaan relax. Nah.. waktu libur adalah waktu yang tepat untuk menciptakan perasaan itu.


Bersenang-senang

Jika kamu memiliki waktu libur yang cukup lama, tidak ada salahnya untuk pergi bersenang-senang. Kamu akan merasakan kegembiraan bekerja setelah kamu bisa menikmati hasil kerja kamu dengan bersenang senang. Ajaklah kawan lama atau rekan satu kantor untuk pergi bersenang senang. Kamu dapat memilih tempat baru untuk dapat dikunjungi, atau pergi berkaraoke untuk membuang penat bekerja.

Hawa dingin seperti pegunungan nampaknya akan cocok untuk bersenang-senang, sepulang dari sana pasti pikiran akan jadi lebih fresh dan kamu akan siap untuk bekerja saat hari masuk telah tiba.


Tidur

Hiburan paling menyenangkan untuk sebagian orang yang memang sangat gila kerja adalah tidur. Tidur adalah sarana mengistirahatkan badan yang telah lelah bekerja seharian.

Waktu tidur bagi mereka yang bekerja siang-malam adalah saat yang dinanti kedatangannya. Biasanya kualitas tidur seorang yang seperti itu lebih bagus. Karena saat lelah dan kita memilih untuk tidur, maka saat itu kita benar-benar merasa nyaman dan relax.
Diberdayakan oleh Blogger.