Kriteria yang Wajib Dimiliki oleh Pekerja Refleksi
Pekerja di bidang jasa dan produk memiliki kriteria yang berbeda. Bidang jasa memerlukan lebih banyak interaksi dengan pelanggan dibandingkan produk. Interaksi terlihat seperti hal sepele dan sangat mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Oleh karenanya, para pengusaha harus memilih pekerja dengan baik.
Kebutuhan pekerja di bidang jasa meningkat seiring dengan meningkatnya usaha di bidang jasa. Banyak perusahaan yang menawarkan jasa di bidang kesehatan seperti pijat refleksi. Pijat refleksi ini bertujuan agar pelanggan bisa melepas penat mereka setelah beraktivitas. Banyak yang memiliki usaha pijat refleksi, namun belum paham apa hal utama yang diperlukan dari usaha pijat refleksi.
Pijat refleksi adalah salah satu bidang jasa dimana pelayanan adalah hal yang terutama. Para pegawai akan berhadapan bahkan bersama dengan pelanggan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karenanya, pegawai refleksi wajib memiliki kriteria-kriteria tertentu untuk memuaskan pelanggan. Berikut adalah beberapa hal yang wajib dimiliki oleh para pekerja refleksi.
Ramah
Setiap pelanggan suka jika disambut dengan senyuman. Ketika pelanggan memasuki tempat refleksi Anda, jangan lupa untuk tersenyum. Setelahnya, ucapkan selamat pagi, siang, atau sore dan tanya apa kebutuhan mereka. Pada saat pijat, tanyalah apakah mereka sudah cukup nyaman dengan pijatan Anda. Setelah pelanggan selesai pijat, jangan lupa ucapkan terima kasih sambil tersenyum. Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan senang.
Perlu diingat, jangan terlalu banyak berbicara dengan pelanggan selama refleksi, terkecuali jika pelanggan yang mengajak Anda mengobrol. Pada umumnya, tujuan utama pelanggan memilih pijat refleksi adalah untuk bersantai dan melepas penat. Pelanggan tentu membutuhkan waktu untuk diam dan menikmati pijatan. Jika terlalu banyak mengajak pelanggan mengobrol ketika pijat berlangsung, pelanggan akan merasa tertanggu.
Pintar promosi
Coba perhatikan tingkah laku dari pelanggan. Jika mereka tampak terlalu lelah, tawarkan paket pijat lengkap supaya badan mereka lebih bugar. Tanyakan apa keluhan yang dimiliki oleh pelanggan. Lalu, tawarkan paket pijat yang Anda miliki dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat menawarkan paket-paket tambahan untuk melengkapi kenyamanan pelanggan.
Meskipun Anda pintar promosi, tetapi jangan sampai melebihi batas. Jika pelanggan sudah tidak mengatakan tidak perlu, maka jangan paksa mereka. Tawarkan paket yang ada sewajarnya saja. Paksaan akan membuat mereka tidak senang dan membuat mereka berpikir dua kali untuk kembali ke tempat refleksi Anda.
Sabar
Terkadang, ada pelanggan yang memiliki hobi untuk bertanya. Jawablah selalu dengan nada yang tenang. Meskipun pertanyaan tersebut adalah hal yang sama dan berulang-ulang, selalu jawab dengan sabar. Jelaskan paket-paket yang Anda miliki dengan jelas dan terinci. Beritahu paket-paket apa yang terfavorit serta promo yang sedang berlaku.
Suatu saat, Anda juga akan menjumpai pelanggan yang marah. Tetaplah tenang dan jawab semua amarah pelanggan tersebut dengan baik. Minta maaf jika memang diperlukan dan jangan terbawa emosi. Hal ini bisa berakibat fatal bagi usaha refleksi. Jika seseorang bisa marah seheboh itu di tempat refleksi Anda, bayangkan apa yang bisa mereka lakukan diluar. Jadi, tetaplah sabar dan berpikir dingin dalam menyelesaikan segala masalah.
Tahan banting
Pekerja refleksi perlu mengerahkan seluruh tenaganya setiap waktu. Ada beberapa pelanggan yang suka dipijat dengan keras / kuat. Hal ini tentu akan menyita banyak tenaga, apalagi jika tempat refleksi Anda sangat ramai. Kondisi Anda harus selalu prima dalam memijat pelanggan. Jadi, seorang pekerja refleksi tidak boleh cepat mengeluh.
Paham teknik pijat
Pijat refleksi tentunya berbeda dengan pijat pada umumnya. Anda harus mengerti teknik pijat serta tahu titik-titik tertentu yang dapat menghilangkan rasa capai pelanggan. Biasanya, sebelum mulai bekerja, Anda akan mendapat sebuah pelatihan agar mengerti teknik dasar pijat. Anda harus terus berlatih agar pijatan anda semakin berkualitas dan terasa nyaman.
Biasanya, hal ini akan berpengaruh pada jumlah pelanggan. Semakin pintar memijat, semakin banyak pelanggan yang akan senang dengan Anda. Jika pelanggan sudah menyukai Anda, mereka tidak akan ragu memberikan tips tambahan. Tidak hanya itu saja, tempat refleksi juga tidak akan sepi.
Rajin bekerja
Pelanggan akan menghabiskan waktu paling sedikit setengah jam untuk satu kali treatment. Jika kondisi sedang ramai, maka waktu untuk bersantai pun tidak banyak. Bahkan, Anda tidak akan sempat untuk beristirahat makan. Pelanggan tidak akan mau dibiarkan menunggu terlalu lama. Jadi, seorang pekerja refleksi haruslah orang yang rajin bekerja.
Disaat tertentu, akan ada waktu dimana tempat refleksi sedang sepi. Anda harus berinisiatif mencari pelanggan untuk datang ke tempat refleksi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menghubungi daftar pelanggan. Teleponlah mereka untuk menanyakan kabar dan memberitahu promo-promo terbaru yang Anda miliki. Pelanggan tentu akan merasa senang karena Anda ingat dengan mereka.
Flexible
Terkadang, pelanggan bisa datang disaat jam tempat refleksi akan tutup. Untuk memuaskan pelanggan, Anda tidak boleh menolak mereka. Anda harus flexible soal waktu bekerja. Jika menolak pelanggan, mereka akan malas dan bisa berpindah ke tempat refleksi lainnya. Tenang saja, seharusnya bos memberi bonus tambahan atas kesungguhan dan kerja keras Anda.
Ada juga tempat refleksi yang menerima delivery. Delivery disini bukan pengiriman makanan, ya. Jadi, terkadang ada beberapa tempat refleksi yang bersedia mengirimkan pekerjanya untuk pergi ke rumah pelanggan. Beberapa pelanggan memang lebih suka dipijat dari rumah daripada harus pergi ke tempat refleksi. Nah, untuk hal seperti ini, Anda harus bersedia pergi ke tempat pelanggan meskipun lokasinya jauh dari tempat refleksi Anda. Bensin tentu akan ditanggung bos kok!
Jaga penampilan
Anda akan bertemu banyak orang setiap harinya. Meskipun wajah biasa-biasa saja, ada baiknya untuk menjaga penampilan. Tidak perlu berdandan dengan riasan yang tebal di wajah. Jaga kebersihan serta kerapihan sudah cukup. Pastikan bahwa wajah Anda selalu terlihat segar dan tidak capai di mata pelanggan.
Penampilan sangatlah penting. Coba bayangkan, jika ada seseorang di depan Anda dengan penampilan yang tidak rapi dan akan memijat Anda, apakah Anda mau? Bahkan yang lebih buruk, jika orang tersebut memiliki bau badan yang tidak harum. Jagalah selalu penampilan agar terlihat segar serta harum.
Cara yang paling efektif, anggaplah pelanggan sebagai diri Anda sendiri. Tentunya, akan suka jika seseorang bersikap sopan dan baik pada Anda. Kebahagiaan pelanggan adalah keuntungan bagi Anda. Pelanggan yang senang akan merekomendasikan tempat refleksi kepada orang lain. Mereka juga bisa menjadi seorang pelanggan yang setia.