Header Ads

Breaking News
recent

7 Tips Memulai Usaha Desainer Sepatu


Untuk menjadi orang yang mampu dan handal dalam bidang desain pakaian, pada dasarnya Anda bisa belajar dari awal dengan menjadi desainer sepatu. Seperti yang kita ketahui bahwa sepatu merupakan salah satu atribut penting dalam fashion yang menjadi sorotan dan tujuan utama wanita menghabiskan uang setelah tas.

Sepatu sudah beralih fungsi, bukan hanya sebagai alas kaki, namun merambah pada penentuan kelas dan strata sosial masyarakat. Jika Anda ingin menggeluti usaha yang tidak terlalu banyak memakan waktu, Anda bisa mencoba menjadi desainer sepatu yang handal, sehingga diakui dan mendapat tempat di semua kalangan. Ingin tahu tipsnya. Yuk kita intip.


Pilihan area desain

Sebelum mulai mendesain sebuah sepatu, langkah pertama adalah harus memilih terlebih dahulu jenis sepatu mana yang ingin Anda geluti. Ada beragam pilihan, di antaranya jenis sepatu anak-anak, sepatu wanita, dan sepatu lelaki dewasa. Pilihan itulah yang nantinya akan menjadi fokus dalam proses pengerjaan nantinya. Misalkan saja Anda memilih untuk menggeluti dunia sepatu wanita, tentu saja harus menggali berbagai informasi yang sekiranya dapat membantu anda menemukan inspirasi dalam mendesain model-model baru sepatu wanita.

Anda bisa mendapatkan inspirasi baru dengan banyak cara, di antaranya adalah dengan melihat berbagai acara yang mengundang berbagai selebritis dan orang terkenal di red karpet. Hal ini memang sederhana, namun hanya dengan melihat berbagai aksesoris dan atribut yang dikenakan oleh para sosialita ini akan menambah perbendaharaan kreasi Anda ke depannya.

Misalnya Jennifer Lopez yang menghadiri penganugrahan musik internstional di New York, ia mengenakan sepatu high heels jenis stiletto dengan bahan kulit ular, tentu saja akan menjadi perbincangan hangat selama beberapa hari. Bisa dimaklumi karena  dari ujung kepala hingga kaki akan menjadi sorotan para media. Nah, hal semacam inilah yang bisa Anda pertimbangkan menjadi bahan untuk karya Anda nantinya.


Keterampilan dasar

Anda harus mulai mencari tahu dan belajar mengenai keterampilan dasar sebagai seorang desainer sepatu seperti penggambaran, penjahitan, hingga mengenai tekstil dan bahan. Jika ingin memulai semua dari nol, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari semua kebutuhan dan keterampilan dasar dalam membuat sepatu. Memang tidak mudah mempelajari semua hal dari nol, namun jika Anda memiliki tekad yang kuat untuk berkembang, maka itu bukan menjadi masalah yang berarti.

Anda bisa memulai dengan mencoba menggambar sepatu yang biasa dikenakan sehari-hari atau flat shoes. Jika sudah memiliki bentuk, Anda bisa memulai memberi motif yang  diinginkan. Untuk permulaan jangan terlalu berlebihan dalam menuangkan ide. Cukup sederhana, elegan dan simpel, asalkan sudah merepresentasikan ide. Setelah selesai dengan desain awal yang diinginkan, Anda bisa coba membuat perancangan untuk menjahit dan menghiasinya.


Cari sekolah

Sebenarnya, tanpa harus sekolah, asalkan bisa menggambar, menjahit dan menghiasnya sudah tentu bisa digolongkan sebagai desainer sepatu. Namun, dengan menjadi desainer sepatu saja belum cukup untuk menaklukkan persaingan dunia sepatu yang semakin pesat seiring semakin banyaknya para desainer yang bermunculan. Anda bisa mencoba untuk masuk ke sekolah seni yang menyediakan program desain dalam pakaian maupun sepatu.

Tidak semua sekolah langsung mengizinkan calon muridnya untuk masuk ke sekolah yang menyediakan jurusan desain. Hanya orang-orang yang memiliki jiwa seni dengan kemampuan menggambar dengan baik yang bisa diterima di sekolah seperti ini. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu memilih jurusan yang sesuai dengan bidang yang Anda tekuni, misalnya desainer sepatu. Kemudian cari sekolah yang sesuai dengan harapan dan impian Anda.

Pastikan bahwa Anda sudah mengambil kursus atau pelatihan seperti cara menggambar dasar dan sejenisnya. Karena di beberapa sekolah seni yang melibatkan gambar sebagai elemen utama, mereka juga mewajibkan untuk menyertakan sketsa desain yang menunjukkan kapasitas seni individunya.


Cari pekerjaan magang

Ketika sudah diterima sebagai salah satu siswa di sekolah yang diinginkan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari pekerjaan sampingan atau magang. Tentunya magang yang dipilih haruslah sesuai dengan bidang yang sedang ditekuni. Dalam wilayah sekolah atau kampus biasanya akan menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan atau mitra kerja yang nantinya akan memberi peluang untuk para siswanya.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengajukan lamaran sebagai karyawan magang yang akan membantu segala macam proses produksi pembuatan sepatu. Biasanya dalam proses produksi sepatu, ada beberapa bagian yang akan membutuhkan banyak bantuan karyawan magang, di antaranya yaitu bagian pengukuran, bagian pengembangan dan pencari tren yang sedang hangat di masyarakat. Tidak masalah Anda akan ditempatkan di bagian apa, yang terpenting adalah pengalaman yang nantinya akan membuat Anda lebih bisa memahami prosedural pembuatan sepatu.


Jadi asisten

Setelah diterima dan bekerja sebagai karyawan magang di perusahaan tersebut, Anda harus tunjukkan bahwa Anda pantas dan layak untuk bisa menjadi bagain dari mereka. Selalu perhatikan setiap detail yang mereka ajarkan, karena itu akan menjadi bekal saat sudah terjun dengan usaha sendiri.

Jika Anda memperlihatkan sikap dan etos kerja yang baik, tentu pihak perusahaan tidak akan tinggal diam dengan prestasi dan attitude yang Anda tunjukkan. Mereka tidak akan segan merekrut Anda sebagai asisten untuk menghandel pekerjaan.


Kembangkan diri

Setelah selesai menempuh pendidikan dan sudah menjadi bagian dari sebuah perusahaan tertentu, Anda memiliki 2 pilihan hebat yang bisa dikembangkan. Yang pertama adalah tetap stay di perusahaan yang sudah memberi banyak pengalaman dan mengasah keahlian. Yang kedua yaitu pergi untuk membuka sendiri usaha desianer sepatu yang selama ini Anda inginkan. Keduanya memiliki nilai positif dan negatif masing-masing.

Namun, jika memilih opsi pertama, tentu saja sudah tidak perlu susah payah untuk merintis usaha tersebut dari awal karena semua sudah tersedia, dan pastinya akan mendapatkan bayaran yang sepadan karena dedikasi Anda selama ini.

Namun, jika memilih opsi kedua, bukan tidak mungkin bisa lebih sukses dari pimpinan perusahaan Anda sekarang, walaupun mungkin diperlukan kerja keras dan kegigihan untuk meraihnya. Apapun pilihan Anda semua akan bisa mengakoodasi bakat Anda sebagai desainer.


Perluas koneksi

Koneksi mutlak diperlukan untuk beragam profesi. Jika a ingin merintis usaha, maka perlu adanya koneksi, baik dari mantan rekan kerja, partner sekolah ataupun pesaing sekalipun. Maka dari itu, binalah dan jaga hubungan baik antar sesama manusia siapapun itu, karena kita tidak pernah tahu dengan siapa nantinya bantuan didapatkan.

Menjadi desainer sepatu menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda yang memang menyukai dan berbakat di dalamnya. Asah terus anugerah yang Anda miliki agar senantiasa bermanfaat untuk orang banyak.
Diberdayakan oleh Blogger.