Header Ads

Breaking News
recent

MICE. Usaha yang Menjanjikan, Tidak Percaya ? Awali dengan 8 Tips Ini


Pelaku industri pariwisata nampaknya belum berani membuka usaha yang merupakan indukan dari MICE. Padahal pariwisata adalah hal yang tidak bisa terlepas dari suatu MICE. Saat ini hampir semua perusahaan akan melakukan salah satu kegiatan dari MICE ini sendiri. Mengingat usaha ini merupakan usaha yang dapat dibangun dengan mudah dan menjanjikan maka apa salahnya mencoba keuntungan Anda dibidang ini.

Pelaku wisata sendiri bahkan ada yang tidak mengetahui apakah MICE itu. MICE adalah kepanjangan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition. Yang berarti suatu event yang bergerak dibidang event pertemuan atau rapat, insentif, konfensional, pameran. Namun saat ini exhibition pada MICE ini digantikan menjadi event karena bukan hanya pameran saja yang bisa dilakukan sebagai lahan pekerjaan MICE namun event-event lainnya pun bisa misalkan upacara pernikahan atau lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini mulailah 8 cara ini!


Lakukan kontrak kerja dengan banyak perusahaan

Ketika Anda sedang membuat atau merintis suatu usaha MICE ini tidak usah pusing dimana akan membangun usaha ini. Yang harus diperlukan adalah apa yang Anda tawarkan kepada klien. Mengingat MICE ini sejenis Event Organizer yang bergerak di bidang wisata sambil meeting, acara-acara, pameran dan masih banyak lagi. Maka Anda sebagai pelaku bisnis ini ajaklah orang-orang yang akan menjadi pembantu dalam menyiapkan suatu acara.


Lakukan sistem tender dalam pencarian orang yang mau menanamkan usahanya Anda

Ketika usaha ini akan dibangun, buatlah sistem tender supaya Anda bisa mengetahui dan mendapatkan siapa saja yang pantas untuk Anda gunakan jasanya. Mereka yang bisa memberikan keuntungan terbesar dengan hasil yang maksimal adalah mereka yang pantas untuk dipertimbangkan.


Ajak kerja sama institusi penting

Agar Anda tidak merugi karena saat ini sedang ramai dengan adanya kunjungan kerja dan kegiatan kerja yang keluar dari daerah asalnya, maka Anda bisa menjadikan itu sebagai suatu ladang untuk usaha. Usaha yang harus dilakukan adalah bidik institusi atau perusahaan yang senang melakukan perjalanan bisnis. Masukkan company profile dengan segala penawaran yang sekiranya mereka bisa dapatkan ketika menggunakan jasa Anda.


Buat paket-paket

Untuk penawaran yang lebih menarik kepada calon klien, maka sebaiknya suguhkan mereka dengan paket-paket yang sudah lengkap dengan semua kebutuhan selama menginap disana. Apabila mereka tidak menghendaki paket, maka Anda bisa menggunakan tarif normal dengan pelayanan sesuai dengan keinginan mereka.


Lakukan komunikasi

Jika tidak ingin kehilangan seorang klien, maka Anda tidak boleh meninggalkan mereka begitu saja ketika event yang mereka gelar selesai, Anda harus terus berkomunikasi dengan baik supaya tidak kehilangan atau kelewatan event yang akan mereka gelar.


Berilah promo khusus

Agar semakin menarik, Anda harus memberikan promo khusus kepada klien baru atau klien lama. Semakin sering Anda membuat promo semakin banyak klien yang datang kepada Anda.


Ikatlah link-link orang penting

Jika ingin membuat suatu usaha maka harus mempunyai komunikasi dengan orang-orang penting yang mampu memberikan Anda klien, maka berikan mereka komisi khusus jika member klien ketika mengikat orang-orang penting semakin banyak yang datang pada Anda karena terbukti eksisnya usaha Anda.


Fokus dan tanggung jawab

Saat menekuni suatu pekerjaan yang merupakan pilihan diri sendiri sebaiknya Anda tekuni dengan fokus dan Anda bertanggung  jawab dengan penuh agar tidak membuat klien Anda kecewa.

Demikian artikel tentang tips-tips usaha MICE yang menjanjikan untuk Anda. Semoga artiel ini memberikan manfaat bagi para pembaca khususnya bagi pecinta bisnis. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.