Header Ads

Breaking News
recent

4 Hal Yang Anda Butuhkan Untuk Menjadi Event Organizer


Penyelenggara Acara atau Event Organizer (EO) merupakan suatu pekerjaan yang sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang tidak ingin repot. Seseorang yang ingin merencanakan suatu hajatan ataupun pesta biasanya hanya tinggal menyerahkan segala sesuatunya kepada Event Organizer. Lalu bagaimana seharusnya mengawali untuk membangun bisnis Event Organizer yang baik? Hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini.


Event Organizer bertanggungjawab dalam seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi. Adapun yang perlu digarisbawahi disini ialah, kemampuan seseorang untuk menggerakkan dan mengatur seseorang. Maka jika Anda ingin menjadi Event Organizer sangat dibutuhkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang baik. Hal-hal di bawah ini merupakan tips-tips bagi Anda untuk memahami sampai sejauh mana pengertian tersebut. Simaklah sebagai berbagai ulasan berikut:


Dapatkan pengalaman dalam kegiatan apapun

Dengan mempunyai pengalaman berorganisasi, Anda memiliki pengalaman lebih dalam hal kerja sama. Baik itu dalam mengatur waktu, membagi tugas, ataupun kepemimpinan. Dengan mendapatkan pengalaman dalam berbagai kegiatan, hal ini akan melatih kemampuan verbal dan lisan. Dengan pengalaman yang didapatkan, memberikan kemampuan yang baik bagi Anda untuk membangun bisnis Event Organizer ini. Sehingga Anda sudah banyak pengalaman saat bertemu dengan klien.


Belajar menjadi pemimpin

Dengan menjadi pemimpin, Anda akan belajar banyak dalam berorganisasi. Seperti manajemen waktu yang berguna bagi Anda untuk mengatur setiap strategi dalam usaha. Anda juga akan belajar tentang pengorganisasian antar sesama. Negoisasi bersama klien, budget manajemen, kreativitas, pemasaran, relasi publik dan lain sebagainya.


Buat portofolio

Dengan memperlihatkan portofolio Anda, klien akan percaya dengan apa yang sudah dilakukan. Apalagi jika klien yang Anda tangani adalah perusahaan-perusahaan yang besar. Hal ini akan membuat reputasi serta nama besar bagi Event Organizer Anda.


Selain itu, dengan adanya portofolio, sangat membantu klien dalam memilih konsep acara apa yang akan mereka inginkan. Maka sedari dini buatlah portofolio yang menarik, untuk mengenalkan bisnis Anda kepada klien dengan cara yang kreatif.


Ide kreatif

Untuk membentuk suatu bisnis yang mengandalkan jasa, apalagi yang masuk ke dalam ranah industri kreatif. Sangat diperlukan ide-ide segar dan inovatif yang harus Anda rombak setiap harinya. Dengan mengedepankan proses kreatif, bisnis Event Organizer tersebut akan mampu menarik perhatian klien untuk memilih bisnis Anda.

Dengan melakukan brainstorming atau scamper, Anda akan mendapatkan ide-ide baru yang belum pernah ada dalam bisnis Event Organizer yang lain. Secara jelas ide kreatif akan menjadi ujung tombak dalam bisnis Anda, jangan sampai hanya menjadi pengekor dalam bisnis ini, tapi sebisa mungkin jadilah trendsetter atau agen perubahan yang bermutu dalam dunia Event Organizer.

Dalam perencanaan pasti dibutuhkan strategi yang jitu. Dalam hal ini Event Organizer sangat dibutuhkan untuk merencanakan segala sesuatu dengan matang. Setiap anggota tim dibutuhkan kerja sama yang kompak. Saling mengisi dan bekerja sama satu sama lain. Dengan memahami secara utuh Event Organizer, Anda dapat menjadikan bisnis ini sesuatu yang potensial. Selamat mencoba.
Diberdayakan oleh Blogger.