Header Ads

Breaking News
recent

8 Cara Menyulap Botol Menjadi Usaha Cantik


Siapapun pasti pernah memanfaatkan botol sebagai tempat mereka minum atau apapun yang dapat digunakan, namun ada juga yang hanya menjadikannya sampah yang menurut mereka tidak ada nilai guna. Botol memang barang yang sangat mudah ditemui. Hampir dimanapun kita berada, hampir dimanapun kita berjalan-jalan dan menginjakkan kaki di tempat-tempat perbelanjaan, dimanapun tempatnya pasti kita pernah melihat botol. Bahkan kita minum pun kita akan membeli air minum kemasan dalam wujud botol. Itulah mengapa penggunaan botol begitu banyak dan limbah botol adalah limbah terbanyak yang akan ditemui.


Daripada botol-botol tidak bersalah itu hanya menjadi seonggok sampah, lebih baik digunakan untuk membuat kerajinan. Buatlah hal unik yang bisa bermanfaat dan mempercantik rumah Anda maupun rumah calon pembeli produk Anda. Jika biasanya botol dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan uang atau dalam bahasa jawa disebut celengan, cobalah inovasi lain dalam membuat produk dari botol-botol bekas ini supaya mengurangi limbah-limbah di negara kita.

Jika biasanya tirai terbuat dari kain, maka cobalah membuat inovasi dari botol-botol bekas yang kemudian dibuat menjadi sebuah tirai. Cara membuatnya adalah:


Pengumpulan dan penyortiran

Belilah botol-botol bekas dari rumah ke rumah atau dari tukang loak bila Anda ingin mendapatkan botol-botol yang masih bagus dan layak. Pilihlah yang bagian bawahnya memiliki 5 tatakan kaki sehingga membentuk bunga-bunga yang bagus.


Pemotongan

Potonglah tatakan kaki itu jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, perkirakanlah supaya dapat membentuk bunga yang cantik dan pas panjangnya. Pemotongan ini harus rapi agar tidak terlihat bahwa yang Anda gunakan adalah botol bekas. Pada saat pemotongan ini juga lakukan pelubangan kecil pada 4 sisi tatakan botol kanan dan kiri atas dan bawah, masing-masing satu lubang saja.


Pencucian

Sebaiknya saat pencucian rendamlah dengan pemutih sedikit saja atau dengan garam supaya noda-noda pada tatakan kaki itu dapat terhapuskan dan terlihat mulus lagi.


Pengeringan

Setelah dicuci haruslah di keringkan, dalam pengeringan ini sebaiknya diangin-anginkan saja, jangan di hadapkan pada cahaya matahari mengingat botol ini bersifat plastik.


Pewarnaan

Lakukan pewarnaan dengan permainan warna yang unik serta hiaslah supaya terlihat lebih menarik. Jangan lupa dalam pewarnaan dua sisi harus terlapisi warna semua, jangan hanya satu sisi saja.


Penyusunan

Pada kayu atau besi atau bahan apapun yang menjadi bagian paling atas tirai yang nantinya menggantung, berilah benang senar bening yang kuat, ikatlah dan kemudian perlahan-lahan masukkan satu persatu benang senar tipis itu ke dalam lubang kemudian ikatlah tali mati supaya ia tidak terlepas. Kemudian lanjutkan dengan memasukkan benang pada sisi bawahnya, dan lanjutkan dengan pengikatan kemudian lanjutkan dengan penyusunan sampai dengan selesai.


Pengecekan

Setelah selesai disusun sampai dengan selesai dan dengan panjang yang diinginkan jangan lupa mengecek kekuatan dari tirai yang Anda ciptakan. Maka dari itu untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ceklah satu per satu susunan atau perbaris.


Packaging rapi

Sebelum dipasarkan, Anda harus memberikan packaging yang aman agar tidak membuat barang ini rusak saat akan digunakan oleh pelanggan.

Menarik bukan? Hanya dengan botol bekas bisa disulap menjadi tirai yang unik. Tunggu apa lagi! Ayo berkreasi!
Diberdayakan oleh Blogger.