Header Ads

Breaking News
recent

7 Tips Mudah dan Murah Membangun Usaha Tour and Travel


Kegiatan pariwisata saat ini sedang dikembangkan dengan sangat kuat oleh para pemerintah maupun pelaku pariwisata di Indonesia. Banyak sekali penawaran paket wisata berjamuran dimana-mana. Banyak pula yang mendirikan motel-motel atau villa untuk menunjang keselarasan kegiatan pariwisata. Selain itu juga ada yang membangun usaha yang dinamakan ticketing atau para perorangan yang membangun usaha penjualan tiket dimana mereka dapat memberi kemudahan kepada orang lain dalam hal pembelian tiket untuk mereka yang suka bepergian atau mereka yang hanya akan melakukan perjalanan bisnis.


Saat ini bukan itu saja yang dikembangkan, banyak orang yang berlomba-lomba membangun usaha tour and travel. Namun para orang awam hanya mengerti usaha ini adalah hanya berbatas pada usaha dimana kita menjual tiket dan tidak ada layanan lainnya. Namun sebenarnya, usaha tour dan travel ini tidak hanya berbatas pada penjualan tiket saja, namun usaha dengan cakupan yang lebih luas.

Usaha ini memberikan pelayanan dimana mereka dapat membeli tiket pesawat, tiket kereta atau tiket bis. Selain itu, mereka juga dapat membeli voucher hotel sekaligus dimana harga hotel yang ditawarkan lebih murah dari harga yang terpampang di hotel, selain pembelian itu, tour and travel juga melayani layanan bagi mereka yang ingin melakukan wisata ke daerah tertentu dengan jasa layanan mereka. Disini tour and travel bertindak untuk menyiapkan hotel dan semua akomodasi serta layanan yang akan didapatkan oleh konsumen dengan catatan layanan ini sesuai dengan kesepakatan.

Tour and travel ini tidak hanya melayani mereka yang melakukan wisata di daerah letak kantornya, tetapi juga mau dan mampu melayani luar daerah sesuai yang ditawarkan. Harga untuk paket wisata yang biasanya ditujukan untuk mereka yang berjumlah banyak atau dalam kategori grup ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan berwisata sendiri yang tidak ada paket wisata khusus. Dan masih banyak layanan yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin membangun usaha tour and travel, banyak sekali hal-hal yang harusnya diperhatikan, karena usaha ini memudahkan orang lain maka berikan harga terbaik untuk kebutuhan mereka. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah:


Dalami usaha yang ditekuni dan tentukan jenis layanan 

Sebelum Anda menjalani suatu usaha baiknya Anda paham dan mengerti konteks dari usaha yang akan dijalani. Ketika Anda sudah mengetahui dan sangat memahami apa yang dimaksudkan dengan usaha ini, maka usaha tersebut akan berjalan sesuai dengan koridor pelayanan jasa tersebut.


Lakukan survey

Karena kegiatan ini sangat dibelakangi oleh banyak sekali pihak ketiga, maka sebaiknya Anda melakukan survey, vendor software manakah yang memberikan profit besar dengan cara registrasi yang mudah dan murah. Anda harus melakukan survey ke beberapa tour and travel dan gunakan analisis software apakah yang paling banyak dilakukan.


Tentukan letak kantor

Ketika Anda akan membangun usaha yang menjadi pemasukan bagi diri sendiri, sebaiknya tentukan dengan baik letak kantor yang akan Anda bangun. Tentukan pangsa pasar yang Anda bidik, karena jika salah penentuan letak akan sangat mempengaruhi jumlah pendapatan yang masuk ke usaha tersebut.


Tentukan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan

Saat pemilihan lokasi sudah tepat, langkah selanjutnya adalah pemilihan peralatan dan perlengkapan apa saja yang disediakan di kantor tersebut. Setelah Anda mengetahui apa saja isi kantor, tentukan pula apa layanan yang akan Anda berikan, dan bagaimana mereka mendapatkan itu, ketika ingin membuka usaha ini sebaiknya Anda memilih vendor software yang tepat yang nantinya akan dijadikan sebagai pemberi layanan.


Tentukan modal yang diperlukan dan tarik investor

Ingat, usaha apapun akan selalu berjalan jika memiliki uang, maka ketika sudah dipikirkan dengan matang peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, Anda akan mengetahui besaran anggaran awal yang akan dikeluarkan. Ketika Anda tidak dapat mencukupi kebutuhan itu sendiri maka ajaklah orang untuk menginvestasikan uangnya pada usaha tersebut. Semakin banyak investor yang mau menanamkan uangnya pada usaha tersebut, maka semakin besar pula usaha yang akan dibangun.


Lakukan kerja sama dengan banyak pihak

Untuk membangun usaha yang sangat berkaitan dengan banyak orang, sebaiknya lakukan hubungan kerja sama yang baik antara Anda dengan aspek pariwisata lainnya. Misalnya seperti hotel, travel agen, dan vendor software usaha Anda. Dalam pemilihan vendor sebaiknya pilih yang memberikan profit paling besar pada usaha Anda.


Lakukan promosi

Kegiatan usaha tidak akan pernah terlepas dengan kegiatan promosi. Karena promosi akan mempengaruhi kegiatan usaha tersebut. Semakin rajin melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengerti usaha itu dan menggunakan layanan Anda.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuka usaha tour and travel. Semoga denggan beberapa tips tadi dapat membantu para pembaca khususnya para pecinta bisnis yang ingin membuka usahanya atau bagi para pebisnis usaha tour and travel. Selamat mencoba!
Diberdayakan oleh Blogger.