Header Ads

Breaking News
recent

Buka Butik di Rumah? Kenapa Tidak!

Jika Anda ingin membuka butik sebagai ladang bisnis, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Wajar asaja karena memang memulai usaha dari nol membutuhkan banyak modal. Pemenuhan kebutuhan pokok untuk membuka sebuah usaha menjadi modal dan memudahkan kita ke depannya. Hal-hal tersebut sudah harus Anda pertimbangkan sebelum benar-benar membuka butik, di antaranya:



Tetapkan jenis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan dan menetapkan butik jenis apa dan bagaimana yang Anda inginkan. Ada beberapa jenis butik yang bisa menjadi pilihan, ada butik yang menjual khusus barang-barang mewah dan bermerek terkenal, ada butik yang menjual hasil karya para desainer yang sudah memiliki nama, atau bisa juga Anda membuka butik yang menjual pakaian khusus seperti pakaian anak-anak, pakaian untuk hewan peliharaan dan sebagainya.

Hal termudah yang bisa dilakukan adalah membuka butik yang menjual pakaian hasil karya sendiri. Karya sendiri disini bukan berarti Anda mengerjakan prosesnya dari awal hingga menjahit dan menghiasnya. Anda cukup berperan sebagai pencipta model pakaian itu, namun proses penjahitan hingga pengemasan serahkan pada orang lain. Ini akan sedikit memudahkan untuk fokus pada hal lain yang lebih penting.


Lihat persaingan

Langkah selanjutnya, Anda harus mencari tahu bagaimana keadaan bisnis butik di sekitar lingkungan Anda. Identifikasi bagaimana mereka menjual produk yang sejenis dengan yang ingin dijual. Lihat bagaimana mereka menawarkan dan cermati pula range harga yang ditawarkan. Hal tersebut akan membantu Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan butik yang akan dibuka.

Walaupun bisa jadi Anda sedikit menjadi mata-mata dan “mengintai” lawan Anda, hal tersbut tidak dilarang dalam dunia bisnis. Pertimbangkan hal apa saja yang bisa dilakukan dan butuhkan agar bisa mengimbangi atau bahkan mengungguli pesaing Anda.


Cari peluang

Anda harus mencari apakah ada peluang untuk digunakan dalam membuka butik di lingkungan rumah Anda dahulu, adakah pangsa pasar yang potensial yang nantinya akan membeli produk yang anda jual. Jika ada maka bisa melanjutkan usaha butik Anda, namun jika tidak, harus mencari lokasi lain yang sekiranya bisa dijadikan tempat yang potensial untuk mencari uang. Pada dasarnya peluang bisa ditemukan dimana saja, namun akan lebih mudah jika bisa memulai sebuah usaha dari rumah sendiri.


Tulis rencana bisnis

Berbisnis memerlukan rencana agar semua bisa berjalan dengan lancar dan tertata. Tuliskan rencana awal modal Anda, peralatan, supplier, partner, pajak, dan surat ijin usaha. Anda perlu juga menganggarkan dana yang bisa dipakai untuk memulai bisnis tersebut sehingga nantinya tidak menghabiskan dana yang dimiliki. Dana cadangan perlu disiapkan pula jika suatu saat ada kebutuhan butik yang harus terpenuhi.

Rencana bisnis bisa dibuat dalam jangka pendek, pertengahan, ataupun jangka panjang. Rencana bisnis yang matang akan lebih memudahkan untuk menentukan target, range harga, keuntungan bahkan memperkirakan kerugian yang bisa saja terjadi. Rencana baik selau mempertimbangkan hal positif dan negatif secara bersamaan sehingga akan diketahui bagaimana seharusnya bisnis Anda dijalankan.


Ajukan pinjaman

Anda sudah merencanakan bisnis dengan matang, sistematis dan menyiapkan semuanya, namun setelah dihitung dengan seksama, modal yang dimiliki belum cukup untuk memenuhinya, maka Anda bisa mengajukan pinjaman pada bank yang berbunga rendah atau bisa Anda coba untuk menarik investasi dari perorangan yang bisa diajak bekerja sama dalam bisnis butik.

Hal tersebut akan membantu Anda sedikit lepas dari masalah awal membuka usaha. Anda bisa mengajak dari orang terdekat dahulu seperti teman, saudara, keluarga, bahkan pasangan. Yakinkan bahwa bisnis akan sukses dan optimis bahwa jika mereka bergabung akan sama-sama saling menguntungkan.


Hias butik

Setelah semua hal penting pokok terpenuhi, dan lokasi tersedia yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menghias dan memoles butik agar terlihat semakin menarik. Butik Anda akan menarik perhatian pelanggan dengan warna ceria yang elegan. Anda bisa meminta saran pada desainer interior untuk membantu menghias dan menyulap butik aAda menjadi tempat nyaman dan tampak meyakinkan.

Hiasan yang diletakkan pada butik selalu berhubungan dengan tren, aksesoris, dan pelengkap penampilan seperti sepatu dan tas. Selalu gabungkan hal-hal tersebut untuk semakin memantapkan tampilan manequin di butik Anda.


Cari supplier

Anda harus segera memutuskan dengan siapa Anda akan menjalin kerja sama. Hal itu penting untuk semakin memantapkan proses penjualan di butik Anda. Supplier produk harus terpercaya dan memiliki reputasi yang bagus sehingga tidak ada keraguan dalam kerja sama yang dibangun.

Walaupun mungkin Anda menjual produk kreasi sendiri, produk lain sebagai pendukung dan pendongkrak akan membantu memberi banyak keuntungan dalam penjualan. Bina hubungan yang baik dengan semua kolega Anda untuk mempertahankan bisnis. Hal tersebut akan sangat berguna di masa depan, jika mungkin terjadi sesuatu di luar perkiraan pada butik Anda.



Rekrut pegawai

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu merekrut calon pegawai untuk bekerja di butik. Pada dasarnya semua orang bisa dijadikan anak buah atau karyawan, namun akan lebih baik jika Anda menerima karyawan yang memiliki kesabaran dan motivasi yang tinggi. Pegawai dengan karakter seperti itu akan lebih luwes dalam melayani pelanggan. Anda bisa mencari pegawai yang cakap dengan mengadakan proses recruitment yang sah dan terbuka. Sehingga nantinya benar-benar orang terpilih yang diterima bekerja di tempat Anda.


Pemasaran

Anda bisa memasarkan butik melalui banyak media, bisa melalui online, majalah, koran, atau pamflet. Pemasaran seperti ini akan lebih mempercepat pertumbuhan bisnis karena semua orang tentu saja selalu berhubungan dengan berbagai media. Pemasaran yang baik tidak selalu harus mengunggulkan produk.

Adakalanya Anda harus mencoba rendah hati dengan mengakui beberapa efek dan kekurangan produk tersebut. Hal ini akan membuat pelanggan lebih percaya, karena tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang sempurna. Pemasaran tempat usaha baru Anda akan lebih menarik jika diberi tambahan desain grafis yang sesuai dengan konsep bisnis dan usaha yang ditawarkan.


Pantau perkembangan butik

Setelah resmi membuka butik, akan lebih banyak hal yang harus dilakukan untuk menjamin bahwa usaha Anda dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Butik Anda harus berkembang dan mendatangkan keuntungan, maka dari itu hal yang harus selalu diingat adalah metode pemasaran. Jangan biarkan stagnasi membatasi promo butik Anda, pastikan untuk selalu mengembangkan produk dan inovasi melalui berbagai media yang mungkin.

Butik yang baik tergambar dari kualitas produk yang dijual dan pelayanan para pegawainya. Jika Anda menginginkan butik Anda berjalan lancar dan selalu berkembang, fokuskan untuk meningkatkan kualitas pada 2 hal tersebut.
Diberdayakan oleh Blogger.