Header Ads

Breaking News
recent

Peralatan yang Perlu Disiapkan untuk Jasa Cuci Helm


Peralatan yang mendukung tentu dibutuhkan dalam setiap bisnis. Entah peralatan tersebut membutuhkan listrik, berukuran besar, berupa mesin, sampai peralatan kecil seperti gunting atau lem. Semua itu tergantung dari bisnis apa yang digeluti serta seberapa besar bisnis tersebut. Tidak jarang sebuah bisnis menjadi gagal karena peralatan yang mereka sediakan kualitasnya tidak bagus. Bahkan ada beberapa bisnis yang tidak tahu tentang peralatan apa yang diperlukan dalam bisnisnya.

Usaha cuci helm juga memerlukan banyak peralatan yang perlu disiapkan. Meskipun kedengarannya sederhana serta melihat bentuk helm yang hanya bundar dan biasa saja itu, namun tidak sesederhana seperti yang dilihat. Banyak hal-hal kecil yang perlu dibeli agar hasil cuci menjadi maksimal. Jika berminat untuk membuka usaha cuci helm, mari siapkan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk sebuah usaha cuci helm.


Mesin cuci helm

Pencucian lebih baik dilakukan dengan menggunakan mesin pencuci helm. Jika dicuci manual, tentu susah untuk mendapatkan hasil yang bersih. Selain itu, harga mesin cuci terjangkau. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah mesin cuci helm untuk memulai usaha ini. Jika tidak memiliki mesin tersebut, lupakanlah impian Anda memiliki usaha cuci helm, karena pasti tidak akan berjalan. Sediakan minimal satu mesin pencuci di tempat usaha Anda.

Mesin cuci helm ini cukup mudah didapatkan. Anda bisa pergi ke toko elektronik atau ke toko otomotif untuk memesan mesin ini. Harganya pun bervariasi, tinggal mencocokkan dengan isi dompet atau modal saja. Pilihlah yang bagus serta berkualitas daripada harga yang murah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari bisnis Anda.


Sumber listrik

Ini adalah hal kedua yang tidak boleh terlupakan hampir dalam setiap bisnis apapun. Sumber listrik sangat penting untuk mengoperasikan mesin cuci helm. Jika tidak ada listrik, tentu mesin tidak akan berjalan dengan sendirinya. Selain itu, listrik juga diperlukan sebagai sumber penerangan. Bayangkan saja jika waktu sudah malam lalu tidak ada listrik. Bagaimana cara pelanggan melihat usaha Anda jika usaha tersebut gelap dan tidak bercahaya?

Persiapkan sumber listrik dengan baik. Perhitungkan juga berapa sebenarnya listrik yang dibutuhkan agar tidak bolos. Perhatikan letak sambungan listrik agar mudah diraih serta tersedia di setiap tempat yang membutuhkan listrik. Jagalah tempat kabel agar tidak mudah terkena air atau apapun yang bisa membuat listrik konslet. Tentu akan berbahaya jika timbul kebakaran karena arus listrik yang pendek.


Deterjen cuci

Sama seperti halnya mesin cuci pakaian, tentu mesin cuci helm juga memerlukan deterjen untuk mencuci helm yang ada. Tidak mungkin mencuci dengan menggunakan air saja, karena pasti tidak bisa bersih. Malahan, kotoran akan semakin melekat pada dinding helm. Jadi, siapkanlah deterjen cuci helm di samping mesin agar mudah diraih.

Untuk membeli serta mencari deterjen cuci pun tidak susah. Anda bisa dengan mudah membelinya di supermarket. Soal harga, juga tidak perlu khawatir. Deterjen cuci mempunyai harga yang cukup terjangkau. Lagipula, dalam satu kali mencuci helm, tidak mungkin Anda memakai satu bungkus besar deterjen, mungkin hanya perlu satu sampai tiga sendok saja.


Spray pengharum

Proses pencucian helm sudah selesai dan sudah dikeringkan. Berikutnya, helm akan dirakit kembali sesuai dengan bentuk aslinya. Setelah itu, untuk memberi rasa harum, semprotkan spray pengharum pada helm. Tidak usah terlalu dekat dalam memberi pengharum agar tidak meninggalkan flek. Sebenarnya peralatan ini opsional, namun akan lebih baik jika disediakan agar pelanggan merasa helmnya betul-betul bersih dan harum setelah dicuci.

Untuk membeli spray pengharum juga sangat mudah. Anda bisa membelinya di supermarket atau bahkan minimarket. Banyak merek yang bisa dipilih. Pilihlah pengharum yang memiliki rasa segar seperti buah-buahan agar baunya tidak membuat mual. Harga pun bervariasi dari merek serta ukuran pengharum. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan serta pengharum seperti apa yang dicari.


Sikat halus

Terkadang, ada bagian-bagian tertentu yang tidak terjangkau oleh mesin dan masih meninggalkan sedikit kotoran. Fungsi dari sikat halus adalah untuk membersihkan kotoran tersebut. Sikat ini dapat dicari di supermarket. Atau jika Anda mau lebih irit, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi murah untuk dipakai. Namun, untuk membersihkan kaca helm, lebih baik gunakanlah sikat besar yang halus.


Lap 

Setelah semua proses selesai, Anda tentu akan mengelap helm tersebut untuk menandakan bahwa semuanya telah bersih sekaligus memeriksa terakhir keadaan helm tersebut. Jadi lap juga diperlukan sebagai proses akhir dalam cuci helm. Belilah lap yang berkualitas bagus agar permukaannya lembut dan tidak kasar. Lap bisa ditemukan di minimarket maupun supermarket.

Jika Anda mempunyai modal berlebih, belilah lap kanebo yang terkenal kualitasnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lap yang digunakan. Cucilah lap tersebut setidaknya sehari sekali untuk menjaga kebersihan. Jika lap yang digunakan kotor, tentu proses pencucian helm semuanya sia-sia karena kembali terkena kotoran dari lap. Pelanggan yang melihat juga akan merasa jijik jika lap yang digunakan kotor.


Spons busa

Jika benar-benar tidak memiliki modal namun ingin membuka usaha cuci helm, maka Anda harus mencuci helm tersebut secara manual. Mencuci helm secara manual prosesnya kurang lebih sama dengan menggunakan mesin cuci. Perbedaannya hanya terletak di mesin cucinya saja. Untuk pencucian helm manual, hal yang diperlukan adalah spons busa. Spons busa ini tentu untuk menyikat bagian dalam helm serta untuk memberikan sabun yang akan dipakai dalam pencucian.


Polis silikon

Ini adalah sentuhan terakhir dari proses cuci helm. Tujuannya adalah agar helm terlihat lebih mengkilat daripada sebelumnya. Alat ini juga merupakan alat tambahan saja, namun lebih baik jika digunakan agar helm pelanggan terlihat seperti baru. Polis silikon mudah didapatkan di toko otomotif serta harganya terjangkau juga. Penggunannya pun hanya sedikit-sedikit saja untuk setiap helm.


Lainnya (tempat pembuangan, dan lain-lain)

Selain delapan hal utama diatas, terdapat pendukung lain yang perlu disiapkan untuk usaha cuci helm. Contohnya saja tempat pembuangan. Setelah mencuci helm, pasti terdapat air-air yang tersisa serta limbah sabun. Tentu anda tidak bisa membiarkannya menumpuk begitu saja atau membuang limbah sembarangan. Oleh karena itu siapkanlah pipa atau alat pembuangan yang layak di tempat cuci Anda.

Meski kelihatannya banyak sekali hal yang perlu disiapkan dalam membuka sebuah usaha cuci helm, namun kenyataannya seluruh peralatan tersebut merupakan hal yang umum serta dapat didapatkan dimana-mana. Untuk beberapa alat, bahkan bisa membeli beberapa agar tidak perlu bolak-balik dalam membeli alat tersebut. Jadi, tidak ada kata ribet ataupun susah dalam menyiapkan peralatan cuci helm. Carilah peralatan tersebut sekarang juga agar usaha cuci helm cepat dimulai.
Diberdayakan oleh Blogger.