Header Ads

Breaking News
recent

8 Kelebihan Usaha Jasa Cuci Mobil Otomatis


Usaha jasa mobil memang sudah tidak terdengar asing lagi. Usaha ini sudah ada sejak lama, mulai dari yang paling kuno yaitu menggunakan selang serta air, sampai yang modern, yaitu cuci salju maupun cuci otomatis. Di Indonesia, jarang ditemui usaha jasa cuci mobil otomatis. Mayoritas jasa cuci mobil menawarkan jasa cuci secara manual, yaitu menggunakan tenaga manusia. Melihat fakta ini, peluang cuci mobil otomatis masih terbuka lebar bagi para calon pebisnis baru.

Kesibukan masyarakat, khususnya di kota besar, membuat segala sesuatu yang kilat menjadi lebih laku daripada yang membutuhkan sebuah proses. Begitu halnya dengan mencuci kendaraan. Banyak orang yang membutuhkan kendaraannya dicuci dengan cepat sehingga tidak perlu lama menunggu. Oleh karena itu, jasa cuci mobil otomatis dapat menjadi solusi usaha yang akan diminati banyak orang daripada cuci mobil manual.


Cepat selesai

Cuci mobil manual membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan pegawai tidak bisa mencuci langsung seluruh bagian mobil karena tangan mereka hanya ada dua. Meskipun yang mencuci banyak orang sekaligus, tetap saja mereka harus membersihkan dari per bagian. Jika mereka cepat-cepat dalam mencuci, pencuciannya pun menjadi tidak bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pasti prosesnya memakan waktu yang lumayan lama.

Sedangkan cuci mobil otomatis menggunakan mesin yang bisa langsung membersihkan dari segala arah. Ketika mobil masuk di dalam ruang pencuci, mesin akan mengeluarkan air serta sabun dari segala arah secara terus menerus. Dibandingkan dengan cuci mobil manual, tentu akan lebih cepat pengerjaan cuci mobil otomatis. Maka, pengerjaan cuci mobil pun akan cepat selesai.


Mampu menerima banyak pelanggan

Kecepatan yang dihasilkan oleh mesin cuci mobil otomatis membuat usaha cuci Anda mampu menerima banyak pelanggan. Kalau dihitung, jika mesin cuci mobil hanya memerlukan waktu 5 menit dalam mencuci sebuah mobil, dan Anda membuka usaha cuci selama 9 jam perhari, maka lebih dari 100 pelanggan bisa dilayani setiap harinya. Itu dengan catatan jika pelanggan datang terus menerus dan tanpa jeda. Jika ongkos satu mobil sebesar Rp. 20.000 rupiah, anda bisa mengantongi 2 juta rupiah per harinya. Jumlah yang lebih dari cukup untuk omset sebuah usaha kecil bukan?


Tidak bisa lelah & mengeluh 

Berbeda dengan cuci mobil manual yang menggunakan tenaga manusia dalam pengoperasiannya, mesin dari cuci mobil otomatis tidak akan pernah bisa lelah. Berapapun jumlah mobil yang harus mereka bersihkan dalam waktu 24 jam, mesin sanggup menyelesaikan segalanya. Mesin memakai tenaga berupa listrik, sehingga akan berjalan terus selama mesin tersebut masih menyala. Beda dengan manusia, mereka memakai kekuatan tubuh yang terbatas tiap harinya.

Tidak hanya itu saja, mesin tidak akan pernah mengeluh dalam melakukan pekerjaannya. Mesin tidak bisa berbicara dan tidak memiliki rasa lelah. Beda dengan pegawai yang memiliki mulut untuk berbicara, pasti akan mengeluh serta tidak jarang untuk meminta kenaikan gaji pada atasannya. Jadi, usaha cuci mobil otomatis tentu lebih mudah diatur daripada usaha cuci mobil manual.


Tidak perlu banyak sumber daya manusia

Anda tidak perlu susah-susah mencari tenaga kerja lagi. Tidak dipungkiri masih diperlukan tenaga manusia dalam mengoperasikan mesin tersebut, tetapi tentu tidak sebanyak jumlah pegawai dalam sebuah usaha cuci mobil manual. Anda juga tidak akan terlalu pusing terhadap pegawai yang izin sakit tidak masuk karena mesin masih bisa dijalankan oleh Anda sendiri. Pegawai juga akan berkontribusi penuh karena jumlahnya sedikit, jadi tidak ada satupun yang menganggur dalam pekerjaannya.


Mesin tahan lama 

Jika memang berniat membuka usaha cuci mobil otomatis, lebih baik membeli sebuah mesin nomor satu di bidangnya. Hal ini perlu agar mesin tersebut tahan lama. Tidak hanya itu saja, mesin dengan harga lebih mahal tentu kualitasnya akan lebih bagus. Proses pencucian serta pembersihan mobil pun akan lebih cepat serta bersih. Umur mesin tersebut juga akan panjang, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk membeli mesin lagi dalam waktu kurang lebih 10 sampai 15 tahun mendatang.

Namun, meskipun mesin tersebut berumur panjang, tetapi tetap awasi performa mesin tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan mesin sebelum menutup toko. Selain itu, panggil seorang teknisi mesin untuk mengontrol kondisinya setiap dua bulan sekali. Hal ini dilakukan agar umur mesin bertambah panjang serta awet. Biaya perawatan tentu terhitung lebih murah daripada mesin cepat rusak dan Anda harus membeli yang baru.


Mudah mengawasi

Dengan menggunakan mesin, tentu akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pengawasan bisnis. Mesin hanya diam saja ditempat dan tidak bergerak. Berbeda halnya dengan para pegawai anda yang bisa bergerak kemana-mana tanpa disadari. Badan Anda hanya satu, tidak mungkin dibagi-bagi untuk mengawasi gerak-gerik setiap orang. Dengan menggunakan mesin, jumlah pegawai berkurang, otomatis Anda dapat lebih gampang dalam melakukan pengawasan.

Selain itu, menggunakan mesin juga mencegah kebocoran dalam sistem operasional Anda. Mesin mengeluarkan tenaga yang sama serta biaya yang sudah tetap tiap kali mencuci mobil. Beda halnya dengan pegawai yang memakai air langsung dari selang serta mengambil sabun dengan cara kira-kira. Terkadang air serta sabun yang dipakai untuk mencuci mobil satu dengan lainnya berbeda, tergantung besar kecilnya mobil tersebut. Jadi, Anda juga lebih mudah dalam menghitung pemasukan serta pengeluaran karena lebih terkontrol.


Pelanggan tidak bosan

Mesin cuci mobil otomatis akan membersihkan mobil dengan waktu yang sangat kilat. Sehingga, pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama seperti halnya cuci mobil manual. Jika waktu menunggu tidak lama, pelanggan tidak akan mudah bosan. Mereka juga tidak perlu meninggalkan mobilnya karena dapat ditunggu dengan waktu singkat. Waktu mereka tidak akan terbuang sia-sia hanya karena mobil mereka kotor dan perlu dicuci.


Keuntungan lebih banyak 

Pegawai berkurang, mesin cuci mobil juga memiliki waktu penggunaan yang cukup lama. Dengan fakta-fakta ini, otomatis biaya operasional Anda menjadi berkurang. Di lain sisi, pendapatan akan menjadi semakin banyak karena pelanggan yang bisa Anda terima meningkat jumlahnya karena waktu pencucian jauh lebih cepat. Sehingga, keuntungan pun menjadi lebih banyak.

Itulah 8 keuntungan dari usaha cuci mobil otomatis. Meskipun usaha cuci mobil otomatis memang banyak keuntungannya, namun juga ada sedikit kekurangan dari sisi kebersihan. Mesin cuci mobil tidak dapat menjangkau bagian-bagian yang tersembunyi atau terselip di badan mobil. Untuk mensiasatinya, bersihkan bagian-bagian kecil tersebut setelah mobil keluar dari mesin cuci otomatis. Jika masih tidak memiliki cukup modal untuk membeli mesin cuci mobil otomatis, mulailah dengan membuka usaha cuci mobil manual terlebih dahulu.
Diberdayakan oleh Blogger.