Header Ads

Breaking News
recent

Tips untuk Tetap Produktif Saat mengalami Hari yang Buruk

Don’t let a  bad day make you have a bad life. Hari yang buruk boleh saja terjadi, hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun bukan berarti hari yang buruk pada suatu hari dalam hidup anda, dapat menjadikan keburukan yang berkepanjangan bagi hidup anda. Ada kalanya anda perlu melakukan suatu strategi untuk membuat hari buruk anda menjadi hari yang tetap menyenangkan dan produktif sepeti biasanya.

Menemukan suatu hal yang kurang menyenangkan dalam hari anda tentu menjadi penyebab dasar mengapa anda menilai hari itu adalah hari yang buruk bagi hidup anda. Untuk menjalani hari – hari yang anda nilai cukup buruk bagi hidup anda, tentu anda harus memutar otak agar tidak terlarut dalam kesedihan dan keterpurukan atas hari buruk anda. Untuk itu, bisnishack.com akan memaparkan sedikit tips agar anda tetap dapat produktif saat mengalami hari yang buruk. Penasaran? Mari kita simak bersama – sama.



1. Tenangkan diri anda
   
Untuk mengatasi kegundahan pada diri anda, diri anda sendiri yang tahu jawabannya. Anda yang paling mengenal diri anda sendiri, bagaimana membuat diri anda menjadi kembali tenang dan tidak banyak memikirkan masalah – masalah yang menerpa anda. Tenangkan diri anda sesegera mungkin. Menarik nafas dalam – dalam dan menyendiri di suatu tempat yang anda anggap menenangkan, menjadi beberapa contoh sederhana bagi seseorang untuk menenangkan dirinya masing – masing. Jika ketenangan sudah di dapat, anda pun akan dapat mengatur pikiran anda kembali menjadi positif dan pekerjaan – pekerjaan anda yang lain dapat terselesaikan dengan baik.


2. Lakukan hobi anda
   
Mengalami hari yang buruk tentu menghilangkan semangat dan gairah dalam melakukan apapun, termasuk menyelesaikan pekerjaan. Namun anda harus percaya, hobi yang menjadi kesenangan kita, tentu tidak akan bisa kita tinggalkan begitu saja meskipun semangat pada diri kita kian menyurut. Justru, hobi akan membuka kembali pikiran dan semangat kita untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi.
   
Melakukan hobi yang kita senangi, setidaknya dapat memperbaiki mood anda setelah mengalami hari buruk dalam hidup anda. Melakukan hobi dapat anda manfaatkan sebagai pengisi waktu luang, dibandingkan anda harus bermalas – malasan karena meratapi nasib buruk anda pada suatu hari itu. Selain mengisi waktu luang, hobi yang anda lakukan pun akan menjadikan sebuah hasil, dan hasil ini tentu menjadi tanda bahwa anda tetap produktif menjalani hari – hari anda meskipun serangan bad day telah menimpa anda. Lakukan hobi dalam beberapa saat, dan pastikan bahwa semangat serta gairah anda muncul kembali untuk produktif dalam bekerja.


3. Bangun rasa percaya diri
   
Membangun rasa percaya diri dapat dilakukan melalui berbagai cara. Untuk tetap produktif dalam menjalani hari yang anda nilai sebagai hari yang buruk, anda dapat melakukan kegiatan – kegiatan sederhana yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda dapat pergi ke salon ataupun berbelanja untuk kembali meningkatkan gairah anda dalam bekerja.

Produktivitas anda akan dilihat dari bagaimana anda tidak menyia – nyiakan waktu  yang ada dan menggunakanya untuk memperbaiki diri guna meningkatkan rasa percaya diri. Bagi laki – laki, mungkin anda bisa pergi ke gym  ataupun melakukan hal – hal lain yang sekiranya menjadi kesenangan anda, yang apabila anda melakukannya secaran langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.


4. Introspeksi diri   

Entah penyebabnya adalah diri kita sendiri atau bukan, introspeksi tetaplah diperlukan bagi anda ketika mengalami hari yang buruk. Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi kualitas diri anda dalam bekerja ataupun dalam bersikap. Anda perlu mengoreksi segala aspek yang terdapat dalam diri anda, yang sekiranya berpotensi menyebabkan anda mengalami hal – hal yang buruk.

Evaluasi kemampuan anda dalam mengenali diri sendiri, serta susunlah strategi – strategi khusus untuk mengantisipasi hal – hal buruk yang memiliki kemungkinan akan menghampiri hidup anda. Hal ini dilakukan agar anda tidak lagi mengalami hal  yang buruk dan hari yang buruk dalam hidup anda.

5.  Menyemangati diri sendiri, jangan down


Mengalami hari yang buruk tentu akan membuat semangat kerja anda hilang begitu saja. Pada momen inilah, anda perlu menyemangati diri anda sendiri agar anda tidak kebablasan untuk merasa down pada setiap apa yang anda lakukan. Rasanya anda perlu memanfaatkan momen ini dengan mengingat kembali motivasi dan tujuan anda untuk bekerja melakukan kewajiban anda.

Dengan mengingat kembali motivasi anda dalam bekerja atau melakukan kewajiban, anda pun akan semakin terpacu untuk mencapai target – target dari apa yang anda kerjakan secara maksimal. Secara tidak langsung, anda tidak akan ingin menyia – nyiakan waktu dan anda semakin semangat untuk mengusir hal – hal buruk pada hari – hari anda dengan memberikan yang terbaik pada setiap apapun  yang anda lakukan.



6.    Susun visi jangka panjang dari hidup anda
   
Telah memiliki janji saat anda mengalami hari buruk? Janganlah ragu untuk membatalkannya, apabila anda memang benar – benar dalam kondisi pikiran dan hati yang tidak bersinergi. Gunakanlah waktu tersebut untuk refreshing sejenak, ataupun relaksasi, salah satu contohnya adalah tidur. Namun, sebaiknya anda tidak menggunakan waktu tersebut sepenuhnya untuk refreshing dan relaksasi. Gunakan sebagian besar waktu anda untuk menyusun target – target baru, yang berupa visi jangka panjang dari hidup anda.

Susunlah dalam bentuk daftar prioritas, namun dalam jangka waktu yang panjang, satu tahun misalnya. Dengan adanya target – target besar dalam beberapa tahun ke depan, anda akan semakin terpacu untuk meraih target – target tersebut dan tanpa disadari anda pun akan mengabaikan hari – hari buruk anda. Anda akan menyadari bahwa hari buruk pasti saja terjadi kapanpun, permasalahannya hanyalah pada diri anda sendiri, apakah mampu untuk tetap produktif dalam meraih target atau tidak.


7. Berkumpul dengan teman – teman yang sepaham dengan anda   
Apabila anda memang masih memiliki semangat yang dapat anda gunakan untuk bekerja, janganlah ragu untuk membaur dengan tim kerja anda. Dekatilah teman – teman dekat anda, karena sekiranya mereka adalah orang yang sepaham dengan anda. Teman – teman yang mengerti keadaan anda tentu akan berusaha untuk menghibur anda, dan mengajak anda untuk bekerja bersama – sama. Dengan berkumpul bersama teman – teman dekat anda, setidaknya bisa memberikan suntikan semangat pada anda untuk tetap produktif menjalani hari – hari anda, sekalipun hari tersebut adalah hari yang buruk.

Jangan ragu untuk menunda atau membatalkan suatu agenda. Gunakan waktu tersebut untuk berpikir tentang visi jangka panjang Anda
Diberdayakan oleh Blogger.