Header Ads

Breaking News
recent

Daftar 7 Ide Bisnis Menarik

Berbisnis memang seru. Selain untuk menambah pendapatan, terjun dalam dunia bisnis juga dapat memberikan kita pengalaman menarik. Bahkan ada juga orang yang berbisnis sekedar untuk tantangan. Tapi kadangkala mereka yang ingin berbisnis bingung hendak menentukan apa ide bisnis yang ingin dijalaninya.
Padahal banyak daftar ide bisnis yang menarik, mudah dijalani dan profitable yang bisa dijalani seseorang untuk menambah pendapatannya. 

Apalagi di zaman modern seperti ini dimana jaringan internet menjadi andalan untuk memasarkan produk, toko-toko berbentuk fisik tidak lagi menjadi barang primer dalam menawarkan produk. Contoh daftar ide bisnis menarik adalah bisnis di bidang percetakan, fashion, otomotif, kuliner, waralaba, online, dan gadget. Berikut kami rangkum keterangannya:


1. Percetakan

Bisnis percetakan bukanlah bisnis yang merugikan. Meskipun sudah menjamur baik di lingkungan pedesaan maupun di lingkungan perkotaan, tapi bisnis percetakan seakan tak pernah mati. Permintaan masyarakat untuk bisnis percetakan semakin besar karena masyarakat semakin bergerak dan dinamis sehingga membutuhkan produk-produk percetakan untuk acara-acara mereka.

Di setiap acara pasti ditemukan spanduk, banner dan backdrop sebagai keterangan acara atau sekedar sebagai hiasan latar. Dari acara rumahan, acara besar, aqiqahan, tasyakuran sampai demonstrasi semuanya membutuhkan spanduk untuk menginformasikan keterangan acara. Dalam masyarakat yang serba dinamis baik di lingkungan pedesaan maupun di lingkungan perkotaan bisnis percetakan sangat dibutuhkan apalagi saat ini di kota-kota besar memesan produk percetakan harus terlebih dahulu mengantri.


2. Fashion


Industri fashion di tanah air tidak pernah ada matinya. Fashion bukanlah industri yang sulit untuk dijalani. Justru karena kemudahan dan kepraktisannya, bisnis fashion malah sangat menggiurkan bagi siapapun untuk menambah pendapatan. Semua orang baik dari dosen, karyawan, mahasiswa dan lain sebagainya punya potensi dan kesempatan untuk membuka bisnis fashion karena modalnya pun tidak terlalu besar.

Selain modal yang tidak terlalu besar, bisnis fashion yang sederhana bahkan tidak memerlukan tempat fisik seperti kios atau showroom. Bisnis fashion yang sederhana kadang hanya membutuhkan ruang di jejaring online untuk bertransaksi beserta katalog produk.

Selain tidak terlalu membutuhkan ruang fisik, bisnis fashion yang sederhana kadang juga tidak memerlukan stok barang. Mereka biasanya membuka dan mengumpulkan order terlebih dahulu kemudian baru memesan barangnya.

Bisnis fashion juga memiliki varian produk yang sangat banyak seperti sepatu, tas, aksesoris, kaos dan lain-lain sehingga para pelaku bisnis fashion tak perlu terlalu banyak khawatir soal variasi produk. Apalagi sudah terdapat banyak sekali penjual produk fashion yang menawarkan produk dengan harga khusus reseller. Bahkan beberapa penjual sudah memiliki mekanisme retur bagi barang-barang yang tidak sesuai keinginan reseller.

Soal harga jual, produk-produk fashion bisa di¬-markup sesuai keinginan reseller. Contohnya reseller bisa memasukkan ongkos pengiriman produk fashion dengan cara me-markup  harga produknya sehingga kemanapun reseller mengirim produk maka harganya akan tetap sama. Dengan strategi ini, reseller bisa mengambil keuntungan lebih dari penjualan produk fashion apalagi dalam pasar fashion terdapat konsumen loyal yang tidak peduli seberapa besar ongkos pengiriman hanya karena suka dengan produk tersebut.


3. Otomotif

Bisnis otomotif bukanlah bisnis yang kaku dan tidak dinamis. Justru semakin bertumbuhnya penggunaan produk-produk otomotif dan berkembangnya variasi produk otomotif, maka peran bisnis otomotif menjadi signifikan keberadaannya. Contoh bisnis otomotif adalah seperti bengkel, toko spare part dan showroom.

Perawatan atas produk-produk otomotif mutlak dibutuhkan di tengah tingginya mobilitas masyarakat modern. Maka bisnis otomotif adalah bisnis yang akan selalu dibutuhkan keberadaannya di tengah masyarakat untuk menjaga performa dan kinerja kendaraan mereka. Dengan demikian mobilitas masyarakat tidak akan melulu terganggu oleh urusan-urusan kendaraan yang rewel atau bandel. Bahkan saat ini sudah ada perusahaan hilir otomotif yang menawarkan franchise.


4. Kuliner


Bisnis kuliner adalah bisnis yang paling menjanjikan. Di sepanjang jalan, sudut kota, hingga di desa terpencil prospek bisnis kuliner masih sangat menguntungkan. Bisnis kuliner seperti tak pernah mati apalagi dalam lingkungan budaya masyarakat Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner luar biasa. Itu pula sebabnya para pelaku bisnis kuliner tak pernah kehabisan ide untuk menentukan tipe atau jenis kuliner yang hendak dijual dan diproduksi.


5. Waralaba

Bisnis waralaba menawarkan keuntungan bisnis yang aman karena pengelolaan bisnis waralaba sudah sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah di uji coba sebelumnya dan siap untuk di implementasikan pada lokasi yang baru.

Selain itu, bisnis waralaba umumnya memiliki reputasi yang sudah terbangun di mata masyarakat sehingga tak perlu khawatir memikirkan stabilitas permintaan pasar. Dari situ juga biaya pemasaran produk menjadi lebih efisien karena jaringan pemasarannya sudah agak mapan. Di sisi lain, investor bisnis waralaba biasanya akan diberi pelatihan berupa pelatihan manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain sebagainya.


6. Online

Apabila sudah memiliki sebuah komputer dan handphone yang menggunakan nomer dengan Jasa Satelindo maka anda sudah bisa membuka bisnis online tanpa modal yang terlalu signifikan. Anda hanya tinggal membayar biaya akses internet menggunakan fasilitas GPRS atau Bluetooth yang ada di HP dan biayanya sangat murah dibandingkan waktu akses yang tak terbatas. 

Apalagi saat ini memasuki era gadget, banyak hal yang bisa dilakukan melalui smartphone. Bahkan untuk smartphone keluaran terbaru dilengkapi fitur-fitur yang mendukung pemiliknya untuk berbisnis. Yang lebih canggih lagi, bahkan ada beberapa perusahaan smartphone yang mendesain smartphone khusus untuk bisnis.

Kalau tidak punya komputer atau smartphone pun anda masih bisa memulai bisnis online melalui warnet. Meski ada beberapa keterbatasan namun tetap bisa dilakukan bila memang visioner dan punya impian yang cukup besar. Banyak kisah sukses dimana pelakunya memulai bisnis online hanya dari warnet, hingga kemudian sebagian dari keuntungannya untuk dibelikan komputer bahkan laptop.

Uniknya, bisnis ini bisa dijalankan darimana saja dan kapan saja. Apalagi bisnis ini tak membutuhkan ruang fisik untuk pengadaan toko dan lain sebagainya. Cukup dengna membuat ruang online yang berfungsi sebagai toko online yang menampilkan etalasi berisi katalog produk. Yang lebih unik lagi adalah bahwa dalam bisnis ini pun anda tak perlu memiliki stok barang.


7. Gadget


Seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat modern, maka dunia memasuki era gadget. Karena fungsi layanan yang diberikan perusahaan-perusahaan handphone tak cukup membendung permintaan yang semakin berkembang tadi, maka produk-produk gadget membobardir pasaran secara fantastis dan memenuhi kebutuhan orang banyak.
Diberdayakan oleh Blogger.