Header Ads

Breaking News
recent

6 Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Media Promosi Bisnis

Instagram, sebuah aplikasi sosial media ini kini banyak yang memanfaatkannya sebagai media beriklan gratis. Aplikasi ini bisa diakses dengan iOS dan Android. Penggunaannya juga mudah, Anda bisa membuka online shop dengan memaksimalkan aplikasi Instagram. Meski layanan Instagram hanya berupa foto dan video, faktanya penggunanya sangat banyak.


Berikut enam cara memaksilkan Instagram untuk media promosi bisnis Anda :

1. Pasang logo sesuai dengan bisnis Anda

Pasang logo sebagai foto profil akun Anda. Beri keterangan tentang bisnis, alamat dan nomor telephone pada bagian profil. Buatlah desain logo yang simple, menarik dan mudah dimengerti masarakat. Sesuikan desain logo denga bisnis Anda. Logo bisa menunjukan identitas perusahaan Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda cantumkan saat membuat logo, seperti bentuk dan warna sesuai dengan visi misi dan mempunyai keterkaitan arti dan makna yang sesuai bisnis, enak dilihat. Setidaknya, setiap bentuk logo memiliki filosofi tersendiri bagi Anda.

Logo yang simple adalah logo yang mudah diingat masarakat. Buatlah logo dimana ketika seseorang melihat logo tersebut, mereka langsung teringat bahwa logo ini adalah milik perusahaan Anda. Mintalah bantuan jasa pembuat logo atau desainer logo yang lebih mengerti. Ceritakan gambaran yang Anda inginkan kepada pembuat logo tersebut. Jadikan Instagram Anda sebagai media periklanan yang gratis.


2. Jangan terlalu sering menampilkan foto produk

Tampilkan foto produk Anda maksimal 3 kali dalam sehari. Itu saja sudah cukup untuk membuat orang penasaran melihat produk Anda dan follower bisa bertambah. Sesekali buat video tentang produk agar followers tidak merasa bosan dengan iklan Anda.  Jangan terlalu sering mengupdate foto produk Anda. Karena hal ini hanya akan menimbulkan orang bosan melihat instagram Anda. Jika sudah demikian, pada akhirnya produk Anda tidak ada yang melirik.

Lebih baik jika sekali menampilkan foto, disitu terdapat beberapa produk yang ditampilkan. Beri nama dari setiap produk Anda. Jangan menampilkan foto yang sama beberapa kali. Untuk meningkatkan followers, bisa dengan cara saling mengiklankan online shop Anda pada orang lain. Trik ini bisa meningkatkan omset Anda.


3. Berikan tanggapan atas komentar dari follower

Ketika follower mengomentari produk yang ditampilakan, sebisa mungkin untuk mengomentarinya. Hal ini untuk menjalin hubungan dengan klient. Meski itu hanya komentar basa basi dari client tetap, tanggapi dengan baik. Gunakan bahasa sehari –hari saja, tidak perlu bahasa formal dalam mengomentari. Buat gaya bahasa Anda ramah dan santun untuk dibaca. Mungkin client hanya sekedar bertanya tentang harga produk. Tetap tanggapi dengan baik karena seorang followers bisa menjadi pelanaggan Anda.

Ciri –ciri client yang tertarik dengan produk dia akan terus bertanya dengan serius, dia akan terus memberi tanggapan ketika Anda terus mengomentarinya hingga dirasa client cukup sepakat untuk membelinya. Meski Anda lama untuk memberi komentar client juga tidak lelah menanti komentar Anda. Beri kutipan kata –kata mutiara atau kata –kata inspirativ pada setiap postingan Anda. Dengan hal tersebut para followers akan lebih suka membacanya. Jangan lupa untuk memberikan kutipan jika kalimat inspirativ tersebut diambil dari orang lain terutama motivator atau tokoh terkenal.


4. Membuat kontes untuk mendongkrak penjualan

Cara ini ampuh untuk mendongkrak jumlah followers Anda adalah membuat kontes sekali dalam seminggu dengan memberi # (hastag) yang unik. Buat semenarik mungkin tema kontes di Instagaram Anda. Dalam memberikan kontes beri tenggang waktu untuk followers Anda ikut berpatisipasi.  Seleksi pemenang dengan sungguh-sungguh agar para partisipasi tidak merasa bahwa kontes ini untuk mengambil keuntungan semata. Tetap buat keputusan yang  layak dan adil. Ambil satu atau dua pemenang yang berhak mendapatkan hadiah.

Setelah mengumumkan pemenang sebaiknya posting pada Instagram apa saja yang menjadi kriteria pemenang pada kontes tersebut. Dengan begini para kontestan merasa diperlakuakn adil dan mereka akan paham kenapa mereka menang dan kalah.  Sesekali hadiah itu bisa berupa produk Anda, sekalian buat iklan Followes yang jawabannya sesuai dengan Anda dialah pemenangnya. Beri kontes ini secara rutin tiap mingunya. Buat semenarik mungkin sehingga membuat followersnnya membicarakan kontes Anda dengan temannya. Ciptakan ide kreative kontes di Instagram Anda. Dengan kuis inilah Anda bisa tahu apa yang diharapkan client dalam online shop di Instagram. Untuk awalnya mungkin akan mengalami kerugian sedikit tapi lama –kelamaan kerugian tersebut akan terbayarkan.


5. Buat foto yang menarik

Buat foto produk menarik tapi jangan sampai menipu gambar aslinya. Lebih baik menggunakan kamera SLR atau DSLR yang kualitas gambarnya menarik. Anda juga bisa menggunakan model untuk menarik para client. Tidak perlu menyewa model mahal, Anda bisa menggunakan diri sendiri, saudara, keluarga dan teman yang bisa dimintai tolong dengan gratis. Tentunya menghemat biaya bukan.

Bila tidak jago mengambil gambar minta tolonglah pada seseorang terdekat Anda untuk membantunya. Belajarlah memotret  pada teman  sehingga Anda tidak perlu terus –terusan meminta tolong padanya. Jika hasil dari kamera kurang memuaskan Anda bisa memberi editan sedikit pada foto tersebut. Pastikan produk yang ada di Intagram dengan aslinya tidak mengalami banyak perubahan. Jangan lupa untuk memberi kejelasan dari setiap pruduk.

Untuk lebih menarik client jangan hanya foto produk saja yang selalu dipasang tetapi pasang beberapa kegiatan karyawan Anda selama membuat produk atau saat saat perusahaan Anda mengadakan acara seru. Bagikan kabar gembira itu di Istagram. Hal ini untuk menghindari kebosanan para client. Terutamana jika Anda menawarkan produk baru buat vidio mengenai bagaimana proses pengerjaannya. Selipkan beberapa cerita mengapa produk ini dibentuk.


6. Cantumkan informasi singkat produk atau bisnis yang Anda lakukan

Setiap Anda menampilakan foto jangan lupa mencantumkan secara singkat tentang produk agar konsumen mengenali produk yang ditawarkan. Apalagi saat Anda menampilkan foto mengenai kegiatan karyawan Anda beri keterangan apa yang sedang mereka lakukan. Tidak perlu panjang –panjang karena jika terlalu banyak diskrisi client akan malas membacanya. Cantumkan juga biodata mengenai bisnis yang Anda tawarkan cukup 200 karakter saja.

Ceritakan mengenai bisnis yang  Anda kelola, produk apa saja yang ditawarkan dan kapan kontes selalu diadakan. Dengan begini jika ada client yang tertarik mereka tidak akan banyak bertanya mengenai produk yang akan dibelinya. Dan beban Anda untuk memberi tanggapan dari komentar client jadi berkurang.
Diberdayakan oleh Blogger.