Header Ads

Breaking News
recent

35 Fakta Menarik Tentang Facebook

Facebook! Hampir setiap orang yang terbiasa menggunakan internet tentu memiliki akun Facebook. Kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi tanpa memandang jarak ataupun waktu, menjadikan banyak orang memanfaatkan media sosial berbasis teknologi ini. Tak sedikit orang yang ragu untuk memaksimalkan fungsi dari fitur – fitur yang ditawarkan oleh media sosial dengan nuansa warna biru – putih ini.

Melalui Facebook, anda bisa berbagi pemikiran, multimedia hingga berkomunikasi dengan rekan anda melalui teks, gambar bahkan video. Tentu kemudahan ini disambut baik oleh sebagian besar orang. Gegap gempita menggunakan Facebook sebagai salah satu media komunikasi, membuat Facebook tetap bertengger di posisi media sosial terfavorit meskipun banyak media sosial – media sosial lain yang terus bermunculan.

Nah, dibalik penggunaan Facebook yang sering anda lakukan, kali ini bisnishack.com akan sedikit memaparkan mengenai sejumlah fakta menarik tentang Facebook. Bagi sebagian dari anda , mungkin belum mengetahuinya. Yuk, kita bahas bersama – sama!



1. Facebook adalah situs dengan pengguna traffic terbesar nomor dua di dunia, setelah situs Google yang mengisi pada posisi pertama.

2. Facebook diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004, dioperasikan oleh Facebook, Inc.

3. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg yang merupakan alumni dari Universitas Harvard, bersama empat rekannya Eduardo Saverin, Andrew Mc Collum, DustiN Moskovitz dan Chris Hughes.

4. Awalnya, situs web Facebook hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Harvard saja. Karena dirasa efektif, situs Facebook ini pun diperluas ke universitas lain seperti Boston, Ivy League dan Universitas Stanford. Lama kelamaan, situs Facebook mulai memperluas jaringannya hingga menjangkau ke seluruh dunia.

5. Nama jejaring sosial ‘Facebook’ berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat. Tujuan dibagikannya buku tersebut antara lain untuk membantu mahasiswa saling mengenal satu sama lain.

6. Pada tahun 2007, saham Facebook resmi dibeli oleh Microsoft sebesar 1,6%. Pembelian saham ini menjadikan Microsoft memiliki hak untuk mengiklankan jasanya secara internasional di Facebook.

7. Menurut Secondmarket.Inc pada tahun 2010, Facebook adalah perusahaan web terbesar ketiga di Amerika Serikat, setelah Google dan Amazon.

8. Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, yang merupakan aplikasi yang dijual dengan terhubung pada Facebook. App Center tersedia untuk iPhone dan Android.

9. Pada bulan April 2013, Facebook membeli aplikasi Instagram senilai US$1 miliar.

10. Saking membuat kecanduan bagi siapapun yang menggunakannya, Facebook pun dianggap kontroversi di beberapa negara seperti Vietnam, Iran, Pakistan, Uzbekistan, dan Bangladesh. Salah satu anggapan negatif mengenai penggunaan Facebook antara lain Facebook dirasa mendiskriminasikan agama. 

11. Beberapa kantor di dunia, termasuk di Indonesia, melarang penggunaan Facebook pada jam kantor karena dianggap membuat karyawan pecah konsentrasi untuk bekerja dan membuang – buang waktu.

12. Terdapat lebih dari 900 juta interaksi yang terjadi di dalam Facebook, baik dalam pages, groups, events, dan lain – lain.

13. Dalam waktu 20 menit, Facebook menerima hasil upload foto dari para penggunanya sebanyak 1 juta lebih foto. Banyak sekali!

14. Dalam waktu 20 menit pula, jutaan link dibagikan di Facebook oleh penggunanya dari seluruh dunia.

15. Hampir dua juta permintaan pertemanan dikirim dan diterima oleh seluruh pengguna Facebook di seluruh dunia setiap dua puluh menitnya.

16. Setiap detik, muncul sekitar 1,8 juta status terbaru dalam server Facebook. 

17. 1,5 juta undangan event dan grup terposting di Facebook setiap detiknya.

18. Berdasarkan riset, 48% orang Amerika melaporkan bahwa ia mendapatkan dan mendengar suatu berita atau peristiwa pertama kali melalui Facebook. Ya, nampaknya Facebook tak hanya berhasil menjadi media komunikasi internet, tetapi juga menjadi media penyedia informasi.

19. Facebook memiliki 70 bahasa terjemahan yang tersedia di situs. 

20. Berdasarkan riset, rata – rata pengguna Facebook menciptakan 90 konten setiap bulannya yang di- share di laman Facebooknya masing – masing.

21. Facebook adalah jaringan kerja pertama dan jaringan pendidikan yang asli, seperti Apple dan Microsoft.

22. Faktanya, orang – orang yang membuka Facebook melalui smartphone atau ponselnya lebih aktif dibandingkan dengaan mereka yang menggunakan Facebook melalui laptop atau web.

23. Ribuan situs telah terintegrasi dengan Facebook. Jumlahnya mencapai 2,5 juta situs.

24. Sejak Facebook meluncurkan sosial plug – in pada April 2010, sekitar 10 ribu website baru terintegrasi di Facebook setiap hari.

25. Maraknya penggunaan Facebook membuat penyedia jasa operator selular bekerja untuk mempromosikan Facebook mobile.

26. Texas Hold’em Poker adalah aplikasi games yang paling populer di Facebook. Lebih dari 41 juta akun mengikuti halaman ini.

27. Hingga kini, lebih dari 16 juta halaman Facebook dibuat dan aktif.

28. Facebook berperan penting pada proses politik di Amerika Serikat. Facebook menyediakan layanan umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Republik dan Partai Demokrat di Amerika Serikat.

29. Untuk mendukung proses politik di belahan Amerika Serikat sana, Facebook menyediakan aplikasi ‘US Politics’ yang bisa diinstal oleh seluruh pengguna Facebook. Aplikasi ini berguna untuk mengukur respon pengguna terhadap komentar tertentu yang diucapkan oleh kandidat debat.

30. Berkat keterlibatannya dalam ranah politik, Facebook menemukan sebuah fenomena baru, dimana Facebook dapat dijadikan sebagai media bagi para remaja untuk menyuarakan pendapatnya dalam bidang politik.

31. Pengguna aktif Facebook yang tertua adalah Ivy Bean, berumur 108 tahun. Lelaki renta ini berasal dari Bradford, Inggris. Ia telah membuat akun Facebook sejak berusia 102 tahun. Berkat keaktifanya di Facebook, Ivy Bean menjadi inspirasi bagi kawan – kawan sebayanya di panti jompo.  Pada Juli 2010, Ivy Bean meninggal dunia.

32. Keberhasilan Facebook ‘menyihir’ dunia sosial yang nyata menjadi virtual, diparodikan dalam sebuah sinetron komedi yang tayang di Inggris, yang berjudul The IT Crowd. Di Amerika Serikat sendiri, sinetron komedi yang mengangkat Facebook sebagai parodi utamanya berjudul South Park.

33. Berkat kesukesannya, Facebook menghasilkan pundi – pundi rupiah bagi Mark Zuckerberg. Mark Zuckerberg pun menjadi milyarder yang berpengaruh di dunia.

34. Kesuksesan Facebook juga dilirik oleh sineas Amerika dan dijadikan cerita dalam sebuah film berjudul ‘The Social Network’. Film ini dirilis pada tanggal  1 Oktober 2010. 

35. Di Indonesia, pengguna Facebook telah mencapai jumlah 69 juta orang. Wow! 
Diberdayakan oleh Blogger.