Header Ads

Breaking News
recent

7 Cara Menjadikan Hari Anda Sangat Produktif

Ketika kita sudah bekerja waktu yang kita miliki akan terasa sangat singkat. Banyak waktu yang kebuang dengan sia –sia. Jika Anda lebih cermat lagi waktu yang dimiliki bisa menjadi efesien dan produktif. Seseorang bisa menjadi produktif diwaktu santai mereka. Meski jadwal kegiatan Anda begitu padat mulai sekarang atur jadwal Anda hilangkan berapa yang bisa dikerjakan secara bersama. Dalam waktu yang sama Anda menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus.  ingin menjadikan hari Anda sangat produktif berikut tujuh tips –tipsnya:


1. Delegasikan Pekerjaan-Pekerjaan Tidak Penting

Untuk membantu pekerjaan dan rutinitas Anda delegasikan pekerjaan pada orang lain. Agar waktu yang Anda punya berjalan secara efektif.  Tidak semua pekerjaan bisa diselesaikan dalam satu hari lebih baik bagi tugas Anda dengan orang lain. Anda cukup mengerjakan pekerjaan yang penting dan pekerjaan yang hanya Anda yang bisa mengerjakannya saja. Percayakan pekerjaan yang mudah pada orang lain. Beri mereka arahan dan pengertian dahulu agar saat mereka mengerjakannya tidak mengalami kesulitan sehingga tidak banyak bertanya dan  mengganggu jam kerja Anda. Dengan begitu pekerjaan Anda tepat pada waktunya. Beban pekerjaan berkurang dan Anda tidak pusing lagi dengan pekerjaan berikutnya. Waktu yang Anda punya benar –benar sangat produktif.


2. Eliminasi Satu Keinginan Anda

Apakah hari ini banyak hal yang ingin Anda lakukan?  Apakah jadwal Anda begitu padat? Agar waktu yang Anda miliki produktif hilangkan satu permintaan Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan Anda tentang apa dahulu yang harus dilaksanakan. Laksanakan keinginan yang mudah terlebih dahulu agar mudah dicapai.

Jika banyak sekali keinginan yang ingiin di capai apakah Anda yakin bisa mencapainya dengan tepat waktu dan benar dalam hari –hari Anda yang singkat ini. Jadikan waktu Anda begitu berharga. Keinginan dan kepuasan seseorang  memang tiada habisnya. Lebih baik menjalankan satu pekerjaan  setelah selesai kerjakan satu lagi dan satu lagi dengan begitu pekerjaan Anda cepat selesai. Jangan membebani pikiran Anda dengan ribuan keinginan. Sedikit akan terasa lebih ringan dan berikan sedikit keinginan lagi.


3. Eliminasi Satu Alasan untuk Tidak Produktif

Jangan bermalas –malasan. Berbagai alasan untuk tidak produktif hilangkan satu saja. Jikapun Anda ingin bersantai jadikan waktu santai Anda tetap produktif. Biasa mereka ingin bersantai sejenak tetapi setelah menikmati kesantainya mereka lupa akan tugas yang akan dikerjakan. Dan berfikir kerjaan itu bisa dilakukan nanti –nanti saja. Atau karena sesuatu seperti kendala lingkungan membuat Anda tidak produktif. Memang orang yang terlalu bekerja tidak baik. tapi Anda harus pintar –pintar menyeimbangkan waktu antara produktif dan hiburan. Dari semua kegiatan yang igin dilakukan  pilah –pilahlah mana yang harus produktif. Jika ada Anda bisa mengerjakan dua pekerjaan dalam waktu yang sama.


4. Eliminasi Satu Pengeluaran Rutin Anda

Pastinya ada dari beberapa kegiatan yang Anda lakaukan dengan mengelurakan uang seperti nongkrong di cafe dengan teman –teman. Itu juga mengeluarkan uang. Anda bisa nongkrong dilain waktu bersama mereka. Lebih baik hentikan kegiatan itu. Uang tersebut bisa Anda kumpulkan untuk tabungan Anda. sedangkan waktu yang kosong bisa Anda gunakan untuk hal lain yang produktif.

Jangan menyia –nyikan waktu dan membuangnya dengan sia –sia. Waktu yang sudah terbuang tidak bisa Anda ulang lagi. Hanya ada satu kesempatan dalam setiap peristiwa. jadi lakukan hal yang lebih berguna dari satu pengeluaran rutin Anda. hal ini juga memberikan waktu yang lebih banyak untuk kegiatan lainnya. Selain itu juga bisa membuat waktu istirahat Anda lebih berkualitas.


5. Eliminasi Satu Komitmen Personal Anda

Komitmen yang mengikat dan memberatkan Anda sebaiknya Anda hilangkan. Komitmen ini bisa saja menghambat Anda untuk produktif. Hilangkan gengsi pada diri sendiri untuk komitmen ini. Komitmen memang satu hal yang harus dijalani. Tapi jika itu dihilangkan dan bisa mengubah bebrapa dari kegiatan Anda menjadi lebi produktif kenapa tidak.

Dengan menghilangkan satu tidak akan menghancurkan Anda. komitmen yang terlalu banyak hanya menjadi beban Anda. jika satu komitmen sudah dipenuhi Anda bisa mengisi komitmen tersebut dengan komitmen yang lain. Tumbangkan satu saja lalu hidupkan yang lain  jika sudah mencapai target hidupkan kembali yang telah Anda tumbangkan. Jangan pernah berkomitmen jika Anda sendiri tidak tahu secara pasti kapan bisa melaksanakannya.
 

6. Pecat Karyawan Anda yang Paling Menyebalkan

Pecat karyawan Anda yang paling menyebalkan. Bisa jadi dida lelet, bawel, pemalas, tidak tepat waktu, tidak mematuhi peraturan dan lainnya. Anda perlu survey pada karyawan Anda tentang sifat –sifatnya. Karena biasanya yang merasakan kesebalan adakah karyawan Anda. mereka tidak berani bicara pada karena takut. Satu karyaawan yang menyebalkan bisa membuat kinerja karyawan lainnya menjadi kurang produktif.

Hal ini juga berdampak pada produktifitas perusahaan Anda. meski terlihat kejam tapi ini harus Anda lakukan demi kenyamanan bersama. Anda bisa berbicara pelan –pelan padanya tentang mengapa dia dipecat. Leih baik Anda mengatakan yang sebenarnya agar dia tahu apa kesalahannya dan sifat apa yang harus dirubahnya. Jangan lupa memberi pesangon padanya. Jika dia sudah dipecat suasana perusahaan akan berbeda menjadi lebih produktif. Dan tidak perlu khawatir lagi mengenai memberikan pekerkerjaan Anda pada orang lain. Cari satu karyawan dengan seleksi yang ketat agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.
 

7. Buat To Do List Sesedikit Mungkin


Buat daftar kegiatan yang harus dilakukan sedikit mungkin. Faktanya ketika Anda melihat To Do List yang banyak dalam daftar Anda akan merasa banyak beban kegiatan yang harus dilakukan, hari ini akan sangat melelahkan dan terkadang membuat semangat Anda menurun. Ketika melihat To Do List sedikit Anda akan merasa senang karena beban kegiatan Anda sedikit, cepat untuk dikerjakan, tidak begitu melelahkan, semangat meningkat dan tidak memakan waktu banyak.

Jadi, mana yang menurut Anda lebih baik. Pekerjaan yang sedikit akan lebih mudah untuk dikerjakan. Jika Anda kerepotan dengan To Do List Anda yang  banyak sebaiknya pilah –pilahlah dan bagi menjadi bebrapa hari. Denga begitu pekerjaan Anda selesai tepat waktu. 
Diberdayakan oleh Blogger.