Header Ads

Breaking News
recent

39 Fakta Menarik tentang Indofood

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk atau yang lebih dikenal sebagai Indofood merupakan perusahaan besar di Indonesia yang berkecimpung dalam industri makanan dan minuman. Keberhasilan perusahaan ini tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kita sendiri—dengan mudah—dapat menemukan produk-produknya di supermarket, minimarket, bahkan pasar tradisional sekalipun. Fakta-fakta apa saja, ya, kira-kira yang ada dibalik keberhasilan perusahaan yang satu ini?

Image Credit

1. Dengan nama awal PT Panganjaya Intikusuma, perusahaan Indofood didirikan oleh Sudono Salim di Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1990.

2. Nama PT Panganjaya Intikusuma diganti menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk pada tanggal 5 Februari 1994.

3. Pada tahun 1994, tercatat IPO sebanyak 763 juta saham dengan harga nominal seribu Rupiah per saham di Bursa Efek Indonesia.

4. Tidak hanya di Indonesia, Indofood telah berkespansi—mengekspor bahan makanannya—hingga ke Australia, Asia, dan Eropa.

5. Dengan kegiatan operasional yang mencakuo seluruh tahapan proses produksi makanan—mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran—Indofood telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan total food solutions dalam beberapa dekade ini.

6. Sekitar satu tahun setelah berganti nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan ini mengakuisisi pabrik penggilingan gandum Bogasari.

7. Pada tahun 1997, Indofood mengakuisisi sebanyak 80% saham perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, agribisnis, dan distribusi.

8. Indofood juga mengakuisisi 60% saham perusahaan kemasan karton.

9. Bersama dengan Nestlé, PT Indosentra Pelangi—yang merupakan produsen bumbu, sambal, dan kecap bermerek Indofood—membentuk perusahaan patungan bernama PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia pada tahun 2005.

10. Di tahun 2005, Indofood juga mengakuisisi perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.

11. Indofood mencatatkan saham Grup Agribisnis di Bursa Efek Singapura dan menempatkan saham baru pada tahun 2007 dan mengakuisisi 64,4% kepemilikan saham Lonsum.

12. Indofood juga mengakuisisi 55% saham perusahaan perkapalan Pacsari Pte. Ltd, pada tahun 2006 dan mengakuisisi 100% saham Drayton Pte. Ltd, yang memiliki secara efektif 68,57% saham di PT Indolakto, sebuah perusahaan dairy terkemuka, pada tahun 2008.

13. Pada tahun 2009, Indofood memulai proses restrukturisasi internal Grup CBP melalui pembentukan PT Indofood CBP Sukses Makmur dan pemekaran kegiatan usaha mie instan dan bumbu yang diikuti dengan penggabungan usaha seluruh anak perusahaan di Grup Produk Konsumen Bermerek (CBP) yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Perseroan.

14. Pada tahun 2010, Indofood pun menyelesaikan resstrukturisasi internal Grup CBP-nya melalui pengalihan kepemilikan saham anak perusahaan di Grup CBP.

15. Bersama dengan PT Gizindo Primanusantara, PT Indosentra Pelangi, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi, PT Indofood CBP Sukses Makmur digabung sepenuhnya—dengan status perusahaan terbuka (Tbk)—menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Image Credit

16. Pendiri dari Indofood, Sudono Salim, meninggal dunia di Singapura pada tanggal 10 Juni 2012 pada umurnya yang ke-95.

17. Tahun 2013 kemarin, Indofood menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages, perusahaan yang memproduksi minuman ringan bermerek Pepsi, 7 Up, dan lain-lain.

18. Indofood mulai masuk ke bisnis minuman pada tahun 2014 dengan nama Indofood Asahi dan mulai mengimpor Ichi Ocha dan Caféla Latte dari Malaysia.

19. Indofood juga mengakuisisi merek air mineral Club dari PT Tirta Bahagia pada tahun 2014.

20. Indomie, Pop Mie, Sarimi, Jet-Z, Freiss, Orchid Butter, Promina, SUN, Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru, La Fonte, Bimoli, Simas Palmia, Pepsi, 7 Up, Fruitamin, Tropicana Twister, dan Club merupakan beberapa contoh produk dari Indofood.

21. Pada bulan Januari tahun 2013, Indofood mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk membeli 50% prosesor tebu Brazil Cia. Mineira de Acurar e Alcool Participacoes (CMAA) seharga 72 juta Dollar saat pengajuan di Bursa Efek Indonesia.

22. Indofood merupakan salah satu produsen mie instan terbesar di dunia.

23. Karena produk-produknya yang terkenal akan kualitas dan citarasanya yang tinggi, Indofood secara konsisten berada di peringkat teratas dalam industri mi instan Indonesia.

24. Beberapa merek Indofood yang paling terkenal, yaitu Indomie, Supermi, Sarimi, dan Pop Mie.

25. Bogasari merupakan kegiatan usaha utama yang memproduksi tepung terigu dan pasta serta didukung oleh unit usaha perkapalan dan kemasan.

26. Sebagai perusahaan dengan jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, Indofood mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan entitas anaknya, serta berbagai produk pihak ketiga.

27. Dengan visi menjadi perusahaan total food solutions, Indofood memiliki beberapa misi, yaitu memberikan solusi atas kebutuhan pangan secara berkelanjutan; senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan, proses produksi, dan teknologi kami; memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan; dan meningkatkan stakeholders’ values secara berkesinambungan.

28. Indofood menjunjung tinggi integritaas dan menghargai seluruh pemangku kepentingan dan secara bersama-sama membangun kesatuan untuk mencapai keunggulan dan inovasi yang berkelanjutan.

29. Pada tahun 2013, Indofood menjadi satu dari “25 Listed Companies in Sustainable Responsible Investment, Kehati Index” dari Kehati Foundation.

30. Indofood juga mendapatkan gelar Perusahaan Negeri Terbaik di Indonesia 2013 dilihat dari Metode WAI (Wealth Added Index) dari SWA Magazine pada tahun 2013.

31. Finance Asia memberikan peringkat ke-9 untuk Indofood sebagai “Best Corrporate Governance” dalam Asia’s Best Companies Award 2013.

32. Menurut Majalah Warta Ekonomi, Indofood juga termasuk salah satu dari 25 perusahaan paling dikagumi.

33. Produk Indofood, Indomie, mendapatkan “Youth Brand Award 2013” dalam kategori mi instan dari Majalah Hai. Chitato juga mendapatkan penghargaan yang sama dari Majalah Hai dalam kategori keripik.

34. Pada tahun 2013 juga, Indomie mendapatkan “Halal Top Brand 2013” dalam Halal Award dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

35. Fruitamin mendapatkan “Retailer Satisfaction Award 2013” dari Majalah SWA.

36. Kini, Presiden Direktur dari Indofood adalah Anthoni Salim.

37. Perkembangan bisnis Indofood kini telah meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas.

38. Dengan jumlah sumber daya manusia mencapai 70 ribu karyawan, Indofood terus mengelola dan mengembangkan SDM-nya tersebut demi meningkatkan kompetensi serta tingkat produktivitas agar dapat memberikan nilai tambah secara maksimal kepada seluruh stakeholder.

39. Perusahaan ini tepatnya terletak di Sudirman Plaza, Indofood Tower, Lantai 27 di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.
Diberdayakan oleh Blogger.