Header Ads

Breaking News
recent

Lakukan 8 Cara Promosi Berikut Agar Anda Sukses!

Bingung mencari ide promosi? Ide memang tidak serta-merta dan tidak begitu saja bisa langsung didapat. Butuh proses yang tidak dapat dimengerti untuk memunculkan suatu ide. Apalai ide mengenai promosi produk. Delapan hal di bawah ini semoga bisa menjadi penyulut ide-ide lainnya untuk mendongkrak omset perusahaan. Apa sajakah delapan ide tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini.


1. Terbitkan buletin sendiri

Menerbitkan buletin? Apa pentingnya? Bagaimana caranya? Siapa yang menulis? Siapa yang membaca? Tenang dulu, tenang, jangan langsung terburu-buru begitu. Pertimbangannya, daripada membuang ongkos untuk beriklan di media masaa, lebih baik membuat buletin sendiri. Dengan  buletin tersebut, Anda bisa bebas berkspresi. Tidak terbatas pada tempat dan masa berlaku. 

Dalam satu buletin, semua halaman bisa Anda isi dengan produk dari perusahaan. Bebas, tanpa dibatasi ruangan atau kolom atau jumlah karakter. Begitu pula apakah terkait gambarnya berwarna atau tidak. Untuk mencetak gambar yang berwarna, Anda tidak dikenai biaya yang lebih mahal. Bebas, tanpa batas.

Pentingnya membuat buletin sendiri adalah Anda mempunyai media promosi sendiri. Tidak bergantung pada media lain. Dalam buletin tersebut, maksud dan tujuan perusahaan bisa lebih tergambarkan. Zaman modern ini sudah banyak sekali bisnis yang menerbitkan buletin sendiri. Bahkan hingga ada yang menerbitkan koran sendiri, radio, hingga televisi.

Salah satu bisnis yang sukses melakukan promosi dengan buletin adalah Oriflame. Oriflame merupakan bisnis yang bergerak di bidang kosmetik. Kosmetik asal Swedia ini memiliki sisi yang menarik di bidang pemasaran. Di Indonesia, pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan katalog. Dari katalog tersebut, semua produk oriflame dipasarkan. Terbitnya secara berkala yaitu setiap bulan. Bagi yang menggemari kosmetik merek ini, akan susah mencarinya di toko-toko karena pembeliannya dengan cara memesan terlebih dahulu. 


2. Buat kampanye sosial yang berkaitan dengan produk


Jangan melulu fokus mengurus soal profit, laba, dan keuntungan. Tidak akan ada habisnya jika membahas tiga hal tersebut. Sesekali membahas mengenai kegiatan sosial. Apalagi dewasa ini, banyak sekali isu-isu sosial yang bisa diangkat dan dijadikan sebagai tema yang menarik. Tampaknya promosi dengan kampanye sosial akan mengeluarkan biaya yang besar. Namun hal ini memberikan manfaat yang tidak terlihat.

Beberapa manfaat promosi dengan kampanye sosial yaitu pertama, menguatkan citra perusahaan. Sudah sewajarnya citra perusahaan Anda akan dianggap sebagai perusahaan yang baik karena melakukan hal positif. Masyarakat akan mengingat setidaknya sedikit lebih lama tentang perusahaan. Kedua, terbentuknya suatu komunitas. Dari kampanye tersebut, Anda bisa membentuk komunitas. Tidak ada yang lebih menggembirakan selain komunitas di dunia maya bisa terwujud menjadi komunitas di dunia nyata. Ada manfaat tambahan dari komunitas tersebut yaitu pemasaran produk via mulut ke mulut. Manfaat  yang ketiga yaitu menaikkan jumlah pengunjung di website.

Bingung menentukan tema yang sesuai? Pilih saja yang paling berhubungan dengan produk Anda. Anda bisa melakukan kampanye antikekerasan, memperingati hari AIDS sedunia, atau sekedar mengadakan acara ketika hari anak tiba. 


3. Buat kaos dengan logo perusahaan

Cara ini sudah banyak dilakukan hampir di semua perusahaan. Membuat kaos dengan logo perusahaan merupakan salah satu cara yang efektif. Baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil banyak yang melakukannya. Bahkan hingga pemilu pun pembuatan kaos marak dilakukan. Pembuatan kaos dengan logo perusahaan bisa dikatakan sebagai promosi gratis.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih dari Rp100.000 untuk membuat 1 kaos. Cukup terjangkau bukan? Mengapa promosi gratis? Karena jika si pemilik kaos pergi ke tempat-tempat ramai dengan memakai kaos perusahaan Anda, secara tidak disadari dia sedang mengenalkan konsumen pada produk tersebut. Cukup mudah bukan? 


4. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Ini dia, poin penting yang sering terlupakan. Terkadang sudah beribu cara promosi produk dilakukan tapi hasilnya masih biasa-biasa saja. Cara ini itu dari yang murah sampai mahal, dari yang umum hingga yang tidak wajar tapi semuanya biasa saja. Apa yang salah? Di manakah yang tidak beres? Mari lakukan introspeksi.

Pernahkah Anda mengecewakan konsumen? Pernahkah ada konsumen yang mengajukan komplain tapi tidak ditindaklanjuti? Jangan-jangan pernah. Periksa kembali bagaimana perlakuan perusahaan terhadap konsumen. Amati juga keluan-keluhan yang masuk dari konsumen. Jika ada yang belum dibenahi, segera benahi. 

Satu konsumen bisa membahayakan satu perusahaan. Tampaknya konsumen hanya memiliki kekuatan yang kecil. Namun dia bisa mengadukan keluhan tersebut ke sesama konsumen lainnya via mulut ke mulut. Mengerikan jika rantai beritanya semakin bertambah panjang. Sedangkan untuk konsumen yang sudah loyal, tetap jaga kepercayaan mereka. Berikan juga bonus, diskon, potongan harga, atau kompensasi lainnya. Memiliki konsumen yang loyal merupakan dambaan setiap perusahaan.


5. Sponsori acara amal

Hampir sama dengan kampanye sosial, namun lebih bersifat langsung ke orangnya. Melakukan promosi ini bisa mendapat banyak manfaat sekaligus, seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Dengan mengadakan acara amal, Anda bisa menolong masyarakat. Manfaat lainnya, citra perusahaan Anda akan nai dan akan mendapat pengakuan dari masyarakat.

Menjadi sponsor memang membutuhkan dana sedikit lebih banyak. Namun percayalah, hasilnya akan signifikan. Berbagi kepada sesama juga memberikan ketenangan tersendiri.  Ketika perushaan lain sibuk promosi melalui media sosial, promosi melalui dunia nyata adalah yang terbaik karena bersentuhan dengan obyek masyarakat langsung.


6. Buatlah daftar produk yang lengkap


Konsumen tidak akan membeli produk Anda jika informasi yang diberikan tidak lengkap. Susunlah katalog, brosur, atau buletin dengan desain yang menarik dan mudah dipahami. Berikan keterangan mengenai harga produk, bagaimana cara memperolehnya, kelebihan dibanding produk lain, dan sebagainya. Berikan juga sentuhan warna agar semakin menarik. Ingat, jangan memberikan informasi yang tidak benar kepada konsumen.


7. Sediakan produk khusus untuk dicoba atau digratiskan

Lebih baik jika daftar harga di atas dilengkapi dengan produk khusus yang bisa dicoba. Sebagai konsumen, tentunya mereka hanya ingin memastikan bahwa produk yang digunakan adalah produk yang terbaik. Mereka tidak ingin nantinya produk tersebut akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, usahakan pengadaan sampel bagi setiap produk Anda. Layaknya orang berjualan parfum, konsumen tidak akan membeli jika tidak mencium terlebih dahulu aroma parfum tersebut.


8. Buatlah event yang mendongkrak bisnis Anda

Agar penjualan lebih meningkat, lengkapi dengan pengadaan event untuk mendongkrak bisnis Anda. Event tidak harus dilakukan dengan melibatkan orang banyak sebagai panitia. Event bisa dilakukan secara online semisal mengadakan lomba atau kuis berhadiah. Jika perlu, adakan event tersebut secara berkala, enam bulan sekali atau satu tahun sekali.
Diberdayakan oleh Blogger.