Header Ads

Breaking News
recent

Jangan Belanja Saat Diskon Besar Jika Belum Membaca 6 Tips di Bawah Ini!

Apa yang ditunggu-tunggu oleh penggemar belanja? Barang obral? Cuci gudang? Pastinya yang paling dinanti oleh orang-orang yang gemar berbelanja adalah diskon. Diskon yang bisa disebut sebagai potongan harga jika membeli suatu barang menjadi salah satu cara untuk menarik minat konsumen. Apalagi diskon yang ditawarkan sampai 70 atau 80%. Tentunya antusiasme pembeli akan menjadi meningkat. Padahal jika Anda tahu sebenarnya, diskon hanyalah salah satu strategi pemasaran untuk meraih keuntungan. Tidak semuanya itu benar bahwa harga memang murah. Apakah ada pedagang yang ingin rugi? Tentunya tidak ada. Sebelum membuat potongan harga, biasanya harga produk sudah dinaikkan terlebih dahulu, baru dibuat potongannya. Ini salah satu strategi juga untuk menghindari kerugian.

Jika Anda sebagai salah satu penggemar belanja tentunya harus bisa menimbang-nimbang apa yang hendak dan harus dilakukan saat berbelanja. Diskon memang sangat menarik, akan tetapi jangan terlalu terpengaruh dengan hal itu. Barang diskon belum tentu memiliki kualitas yang baik. Bisa saja itu hanyalah barang yang tidak lolos atau tidak layak edar dari pabrik. Kemudian ada pedagang yang sengaja membelinya untuk dijual kembali dengan harga yang sama dengan barang kualitas A.

Diskon biasanya diberikan saat sebuah toko sedang mempromosikan suatu barang. Dengan kata-kata "silahkan kunjungi toko kami, kami berikan diskon 75% untuk semua varian karena sedang promo!" atau embel-embel cuci gudang, ini membuat banyak konsumen tertarik. Berhati-hatilah jika Anda tidak ingin keuangan terkuras. Mungkin memang menarik, tapi apakah Anda berpikir tentang kebutuhan hari esok? Jangan hamburkan uang Anda sekarang, karena masih banyak sekali kebutuhan yang menanti.

Untuk itu, bisnishack.com memberikan beberapa solusi untuk Anda yang masih bingung dan senang sekali membelanjakan uang saat ada diskon.  Enam tips di bawah ini akan berguna bagi Anda yang suka berbelanja ketika ada diskon besar-besaran. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak di bawah ini.



1. Beli sesuai kebutuhan

Ketika diskon datang dan menawarkan beragam barang, mungkin Anda akan tertarik untuk memilikinya sehingga itu menjadikan dorongan kuat untuk membelinya. Kemudian Anda akan terbuai dengan diskon, waktu terbuang dengan memilih-milih barang, dan akhirnya uang terkuras tanpa terasa. Lalu, apakah barang yang sudah dibeli tersebut benar-benar Anda butuhkan? Itulah pertanyaan mendasar.

Sarannya adalah berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan sendiri atau keluarga, meski saat itu sedang terjadi diskon besar-besaran. Hemat uang Anda, dengan pikiran akan masih ada lagi kebutuhan yang datang untuk 10 menit ke depan. Dengan begitu, Anda sudah menjalankan satu langkah tepat untuk menjaga kondisi keuangan tetap aman. Selamat mengaplikasikannya.


2. Teliti dahulu sebelum membeli

Ketelitian akan menimbulkan kepuasan. Memilih barang belanjaan untuk dikonsumsi atau digunakan dalam keseharian memang membutuhkan sebuah ketelitian yang baik. Jika tidak ingin kecewa setelah mengeluarkan uang, lebih baik lihat dengan seksama dan menyeluruh. Pahami dan teliti bagaiman kulaitasnya. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa ketika sudah menetapkan pilihan yang kemudian membelinya untuk dibawa pulang.

Sikap teliti ini sudah diajarkan sejak kita masih kanak-kanak. Untuk itu, tidak sulit mengaplikasikannya dalam kehidupan yang nyata. Bahkan, jika Anda memiliki putra atau putri pastinya juga mengajarkan ketelitian dalam bertindak. Maka dari itu, mulailah dari sekarang juga untuk selalu teliti dalam berbelanja.


3. Jangan terpancing dengan iming-iming angka 50+20

Salah satu trik diskon yang paling menarik adalah dengan memberikan bonus. Seperti beli satu dapat dua, atau beli satu liter kemasan ekstra setengah liter. Ini tentunya akan semakin menambah minat dari para pembeli, mengingat masyarakat kita saat ini terkenal sangat konsumtif. Para pedagang dan produsen memanfaatkan hal ini dengan baik, yang kemudian membuat strategi pemasaran yang sangat ciamik. 

Perbaikilah pola pikir Anda dan jangan mudah terpancing dengan bonus. Karena barang yang dijual dan disertai bonus, belum tentu Anda butuhkan. Berhematlah, diskon tidak selamanya membuat diri Anda mudah dan murah dalam berbelanja.


4. Selalu buat rencana belanja sebelum melakukan

Rencana selalu dibutuhkan dalam hal apapun. Terlebih lagi belanja, kegiatan yang mengeluarkan uang dan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh kepuasan. Maka buatlah rencana belanja dari rumah. Mungkin Anda bisa mengecek dahulu apa saja yang dibutuhkan dan harus dibeli. Ketika sudah memiliki perencanaan maka tidak perlu waktu lama dalam memilih dan membeli. Rencana yang matang akan menghasilkan sesuatu yang membuat Anda puas. 


5. Belanja secara tunai, jangan gunakan kartu kredit

Ketika memutuskan untuk memiliki kartu kredit dan menggunakannya untuk berbelanja. Mungkin jika tidak ada sesuatu untuk mengontrolnya Anda bisa kesulitan diakhir nanti. Anda harus membayar tagihannya dan pertanyaannya apakah Anda mampu?

Maka dari itu, siapkanlah uang tunai dalam dompet Anda ketika ingin berbelanja. Karena itu juga sebagai pembatas dan pengontrol belanja Anda. Ketika uang tunai hampir habis atau menipis, tentunya pikiran Anda akan segera mengatakan "oh..iya, uang saya tidak cukup, sepertinya sudah saja belanjanya". Dengan begitu, akan tercipta kontrol keuangan yang baik.


6. Diskon masih bisa di temukan di waktu yang akan datang

Diskon bisa terjadi kapan saja dan tidak hanya sekali. Tanamkan hal itu dalam pikiran Anda. Dengan begitu Anda akan merasa biasa saja ketika diskon sedang terjadi. Anda akan mengatakan, "Besok masih ada diskon lagi, atau Bulan depan juga pasti ada diskon". Ini akan mengbuah pola pikir Anda, dan menjadikan diri lebih terkontrol. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk keuangan Anda, karena akan tetap terjaga dan memiliki prinsip untuk mengerem rasa ketertarikan dalam berbelanja.
Diberdayakan oleh Blogger.