Header Ads

Breaking News
recent

41 Fakta Menarik Tentang Rolex

Tidak ada yang mampu menandingi kehebatan Rolex. Meskipun memiliki desain yang kuno, nyatanya Rolex masih menjadi buruan para penggila jam tangan. Bahkan mendiang Michael Jackson gemar memakai Rolex. Hanya kaum jetset yang dapat membeli jam tangan Buatan Rolex. Kami menghadirkan 41 fakta mengenai Rolex yang mewah.


1. Rolex adalah perusahaan jam tangan mewah yang biasa menggunakan emas, perak, berlian dan kristal sebagai bahan baku pembuatannya.


2. Rolex adalah perusahaan asal Genewa, Swiss didirikan oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis.


3. Dalam pembuatannya Rolex masih menggunakan tangan untuk memasang elemen satu per satu, teknologi hanya digunakan untuk penyortiran sekrup saja.


4. Untuk mencegah adanya kebocoran udara Rolex diletakan disensitive air pressure chamber.


5. Rolex ditempatkan dalam uji coba penyelaman di dalam tangki air bertekanan tinggi yang mencapai 300 meter


6. Untuk uji kedalaman laut Rolex di uji dengan tekanan mencampai 12.000 meter.


7. Jika medical grade optical sensor menemukan adanya kondensasi maka Rolex akan dibongkar kembali dan dipasang ulang.


8. Dalam pembuatannya Rolex membuat emas dan platinum sendiri untuk menjaga kualitas.


9. Rolex memilih stainless steel yang bagus dan memiliki resistensi yang tinggi dengan nilai 904L.


10. Hans Wilsdorf Foundation didirikan tahun 1944 setelah istri Wilsdorf meninggal. Dan seluruh saham Wilsdorf dialihkan ke yayasan amal tersebut.


11. Jarum jam Rolex dibuat secara mekanik yang membuatnya bergerak secara anggun. Hal ini tidak memungkinkan Rolex dapat dipalsu secara sempurna, karena jarum jam tangan KW dibuat secara elektronik sehingga pergerakannya akan berdetik setiap detiknya.

12. Tentara angkatan laut AS pernah menyelam dikedalaman 35.798 meter tahun 1960, mereka terkejut karena Rolex masih berdetak normal.


13. Tahukah Anda bahwa Rolex dibuat pertama kali di London bukan di Swiss. Dua saudara ini awalany membuat jam tangan yang dijualnya ke Jewellers. 


14. Tidak ada yang tahu apa makna dari nama Rolex sendiri. Wilsdorf hanya mengatakan ingin memberi nama yang indah, mudah dihafal dan diucapkan dalam berbagai bahasa.


15. British Himalaya Expedition yang dipimpin oleh Sir Edmun Hillary juga terkejut ketika mencapai puncak himalaya dan semua timnya menggunakan Rolex Oyser Perpetuals tak ada satu pun jam tangan yang rusak.


16. Sejak 2002 Rolex menaruh logo mahakota di bawah pukul 6 dan hanya dapat dilihat dengan kaca pembesar khusus perhiasan. Hal ini untuk membedakan yang asli dan yang palsu.


17. Jam tangan Rolex dapat dijual kembali, tentunya barang ini bisa menjadi investasi tersendiri.


18. Model terbaru Rolex diciptakan pada tahun 1956, jadi bisa dipastikan bahwa Rolex adalah jam tangan dengan model kuno yang mewah dan elegan.


19. Tahun 1945 Rolex memperkenalkan The Datejust, pada desaiannya terdapat penunjuk tanggal pada pukul 3. Desain ini telah menjadi desaian terbaik di seluruh dunia dan menajadi ciri khas Rolex.


20. Hans Wilsdorf meninggal pada tanggal 6 juli 1960.


21. Hans Wilsdorf merupakan keturunan asli jerman.


22. Rolex terkenal karena kualitasnya yang mendunia dan banyak para pesaingnya yang meniru gaya Rolex.


23. Hanya orang kelas atas yang dapat membeli jam mewah nan mahal ini.


24. Harga Rolex bisa mencapai Rp 70.000.000 hingga Rp. 100.000.000.


25. Rolex GMT Master adalah hasil dari kolaborasi antara Rolex dengan PAN Am (PAN American International Airways).


26. Rolex GMT Master awalnya dugunkan oleh para pilot sebagai penunjuk arah jam. Yang menjadi ciri khas adalah penambahan jarum ke 4 yang berwarna merah yang bertujuan menunjukan waktu di tempat asal atau waktu di tempat semula.


27. Tahun 2013 Rolex menjadi sponsor F1 dan secara resmi Rolex menjadi pencatat waktu dalam ajang balapan ini.


28. Rolex pernah memberikan jam tangan Rolex Oyster kepada perenang wanita Mercedes Gleitze yang dipakainya ketika melakukan cross channel challenge. Dia berenang melalui English Channel selama 10 jam dan Rolex Oyster masih tetap menyala.


29. Setelah trik pemasaran itu dilakukan, Rolex semakin terkenal dan mengalami penjualan yang menaik.


30. Wildsorf pernah melakukan penawaran dengan Nazi yaitu menukar tahanan inggris yang ditahan oleh Nazi dengan Rolex.  Wildsorf melakukan ini karena mendengar bahwa Nazi mengambil jam Rolex dari tentara Royal Air Force Inggris. 


31. Tahun 1943 Wildsorf sangat terkesan dengan Corporal Clive Nutting yang menginginkan Rolex dengan kualitas tinggi dari pada atasannya yang memilih jam tangan dengan kualitas rendah. Wildsorf pun menulis surat padanya untuk berterima kasih dan meminta maaf karena pesanannya memakan waktu yang lama. 


32. Corporal Clive Nutting, merupakan tentara yang berpangkat perwira.


33. Tahun 2008, menurut media eropa Rolex telah ditipu oleh Bernie Madof karena telah merugikan yayasan sebesar $900.000. Bernie Madof juga dijatuhi hukuman karena menipu lebih dari $ 30 miliar.


34. Rolex mampu bertahan dari puncak tertinggi di dunia dan laut terdalam di dunia.


35. Rolex telah membantu polisi untuk mengunggkap kasus pembunuhan Ronald Joseph  Platt yang di bunuh oleh Johnson. Hanya Rolex barang satu-satunya untuk mengidentifikasi jasad Platt. Setelah polisi meminta catatan pelayanan kepada pihak Rolex dan akhirnya Johnson dapat ditangkap.


36. Tahun 2014 Rolex menginovasi Rolex Celline, kali ini Celline hadir dalah 3 rangkaian yaitu Celline Time, Celline Date dan Celline Dual Time.


37. Di tahun yang sama Rolex telah mengivasi Rolex The Oyster Perpetual dengan 3 rangkaian yaitu  GMT Master II, Sea Dweller  4000 dan Sky Dweller.


38. Setelah 5 tahun bereksperimen, rolex dapat menciptakan blue Parachrom Hairspring yang membuat Rolex tahan terhadap 10 kali guncangan.


39. Tahun 2002 mendirikan The Rolex Mentor dan Protege Arts Initiative yang merupakan yayasan untuk mendukung orang-orang untuk mengasah bakatnya melalui program unik yang telah direncanakannya.


40. Melalui yayasan ini telah tercipta 80 seniman kreatif dari berbagai negara, budaya dan latar belakang.


41. Rolex Awad For Enterprise diciptakan untuk memberikan penghargaan terhadap orang-orang yang telah berjasa menjaga warisan alam dan berpartisipasi untuk kemanusiaan.
Diberdayakan oleh Blogger.