Header Ads

Breaking News
recent

7 Bisnis Kecil yang Memiliki Prospek Menguntungkan

Anda ingin berbisnis namun bingung ingin melakuakan bisnis apa? Ingin menjalankan bisinis yang tidak terlalu ribet namun menghasilkan uang yang lumayan? Kami memiliki beberapa bisnis yang kecil namun menguntungkan. Dan mungkin saja masih banyak orang yang belum meliriknya. Berikut ini 7 bisnis kecil yang akan dikupas.

1. Tambal ban

Image Credit

Pasti Anda pernah merasakan keadaan dimana ban motor bocor atau kempes, kemudian dengan terpaksa harus menuntun motor hingga menemukan jasa tambal ban. Apalagi jika sepanjang jalan sulit untuk menjumpainya, tentunya sangat melahkan dan merepotkan. Tambal ban sangat dibutuhkan oleh para pengendara motor bila ban mereka mengalami kebocoran. Hal ini sangat meresahkan pengendara karena perjalanannnya harus terhambat.

Anda bisa membuka tambal ban pada daerah yang sering dilewati kendaraan. Jangan lupa untuk menyedikan ban baru baik itu ban dalam maupun ban luar. Sediakan juga bensin, cemilan dan minuman agar bisa mengusir kebosanan mereka ketika menunggu. Selain itu juga bisa menjadi tambahan penghasilan. Karena tidak setiap pelanggan yang datang bisa dipastikan alangkah baiknya menempelkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Ketika tidak ada di tempat, pelanggan bisa menghubungi. Kedatangan Anda sangat diharapkan mereka agar bisa melanjutkan perjalananya.


2. Jasa pembuangan sampah

Sebagian orang memandang pekerjaan ini dengan sebelah mata karena bergelut dengan sampah yang kotor. Namun ada rejeki yang melimpah dari sampah karena setiap rumah pasti akan membuang sampah tiap harinya. Sangat menguntungkan bukan? Anda bisa mengambil sampah setiap hari. Hanya mengelilingi rumah-rumah kemudian mengambil sampahnya. Ada yang perlu diperhatikan dalam jasa pembuangan sampah ini. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tebal dan tertutup, lengkapi juga dengan sepatu boot yang tebal serta sarung tangan. Hal ini untuk menghindari penyakit yang ada pada sampah.

Modalnya tidak begitu banyak namun bisa menghasilkan uang banyak. Tidak perlu malu dengan pekerjaan ini. Namun perhatikan pembuangan limbahnya pastikan tidak mencemari lingkungan. Selain itu sampah yang telah terkumpul bisa Anda pilah dan bisa dijual kembali seperti sampah plastik, botol bekas dan kaleng bekas. Karena sampah tersebut bisa didaur ulang untuk dimanfaatkan lagi. Sampah-sampah organik juga bisa diolah menjadi pupuk organik. Benar-benar menguntungkan, awalnya yang berbentuk sampah yang kotor bisa dirubah menjadi bahan baku lainnya dan pastinya akan menghasilkan uang.


3. Bisnis reparasi panggilan

Image Credit

Reparasi panggilan ini sangat diperlukan ketika mobil atau kendaran yang mereka pakai tiba-tiba rusak di tengah perjalanan. Mereka tinggal memanggil Anda dan mobilnya pun pulih kembali. Atau mereka yang tidak punya waktu untuk datang langsung ke bengkel bisa memanfaatkan bisnis ini. Bisnis reparasi panggilan ini tidak hanya bengkel saja namun ada yang lainnya seperti reparasi sepatu, tas, barang elektronik, ledeng, pompa air dan lainnya. Untuk memperluas jaringan, Anda bisa memberikan kartu nama, menempelkan brosur pada dinding atau tiang dan lainnya. Cara ini efektif, mungkin pada awalnya mereka akan mengabaikan begitu saja brosur yang tertempel namun setelah membutuhkannya mereka akan teringat bahwa pernah melihat brosur Anda dan segera menghubunginya.

Manfaatkan media sosial sebagai tempat beriklan dengan gratis. Jika ada media yang lebih mudah dan ringan kenapa tidak? Keuntungan bisnis dengan sistem menjemput bola ini lebih efektif. Tentukan juga tarif sebelumnya, jika tempat yang harus ditempuh lumayan jauh Anda bisa menaikkan harga jasa. Hitung-hitung untuk mengganti uang bensin.


4. Bisnis penitipan dan salon hewan

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan perawatan namun hewan peliharaan juga butuh perawatan. Agar bulu mereka terawat dengan baik, mereka pecinta hewan lebih suka membawa peliharaannya ke salon daripada merawatnya sendiri. Karena keterbatasan alat, bahan dan pengetahuan yang membuat mereka tidak sanggup melakukannya. Setiap jenis hewan membutuhkan perawatan yang berbeda. Selain tubuh hewan terawat dengan baik juga enak dipandang. Untuk saat ini bisnis salon hewan masih sedikit orang yang meliriknya. Bahkan terkadang biaya perawatan hewan lebih mahal dari pada biaya perawatan manusia.

Bisnis penitipan hewan pada biasanya akan membeludak ketika hari raya tiba karena pemilik harus mudik atau mereka yang akan melakukan perjalanan jauh untuk sementara. Jika Anda berkeinginan membuka salon hewan alangkah baiknya untuk menyediakan jasa penitipan hewan. Lengkapi bisnis ini dengan beberapa aksesoris hewan dan makanan. Anda bisa mendapat keuntungan lainnya seperti mengawinkan peliharaan orang lain, menjualkan hewan atau tukar tambah hewan. Dan pastinya akan mendapatkan uang dari jasa tersebut.


5. Bisnis food photography

Fotografi memang banyak jenisnya salah satunya adalah fotografi di bidang makanan. Mereka yang akan menyajikan menu pasti membutuhkan jasa ini agar pembeli dapat melihat gambaran makanan seperti apa. Foto yang bagus akan meanarik minat pembeli. Butuh trik-trik khusus agar makanan yang difoto menggugah selera pembeli. Uang yang dihasilkan sangat lumayan antara 5jt-15 jt per sesinya, sangat menggiurkan. Bisnis kreatif ini masih jarang dilirik. Karena belum banyak orang yang pandai memotret makanan. Bagi kalian yang hobi dengan fotografi alangkah baiknya mengasah keahlian memotret makanan.


6. Toko kelontong

Toko kelontong adalah salah satu bisnis rumahan yang bisa dilakukan. Para pembeli biasanya membeli barang secara eceran. Jangan mengambil keuntungan yang tinggi, alangkah lebih baik mengambil keununtungan sedikit saja. Mengingat kebanyakan para pembelinya berasal dari kalangan menengah ke bawah. Sebisa mungkin lengkapi toko dengan barang yang sering dibutuhkan masyarakat. Sambil menunggu pembeli datang Anda bisa melakukan aktifitas lainnya.

Jika rumah yang ditinggali tidak strategis, Anda bisa mendirikan toko di tempat yang strategis. Barang yang dijual adalah yang terjangkau oleh masyarakat. Untuk menyediakan barang pada toko bisa dilakukan dengan datang langsung kepada distributor dan membeli di supermarket yang menjual dengan harga grosir atau bisa juga toko Anda didatangi langsung oleh distributor sehingga tidak perlu keluar untuk membeli. Jasa ini butuh kesabaran karena mengandalkan dari keuntungan yang sedikit dari setiap barang yang dijual. Namun bila hasil yang sedikit itu dikalikan dengan jumlah barang yang terjual perharinya pastinya keuntungannya sangat lumayan.


7. Beternak cacing tanah

Image Credit

Cacing memang dianggap hewan yang menjijikkan. Namun prospek bisnis ini banyak diburu oleh perusahaan sebagai salah satu bahan pembuatan produk seperti kosmetik, farm dan pabrik ternak. Sampai saat ini bisnis beternak cacing masih sangat sedikit, bahkan beberapa peternak cacing mengalami kewalahan karena pesanan yang membanjir baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tidaklah sulit untuk melaukan bisnis ini. Media yang digunakan adalah tanah dan grajen yang sudah berjamur. Tidak perlu menggunakan lahan yang luas. Untuk lahan 1 x 4 meter diisi dengan 15-20 kg indukan cacing. Pada hari ke 40-50 cacing bisa dipanen. Biasanya cacing yang siap panen akan menepi di pinggir media, sedangkan telur mereka akan berkumpul di tengah media. Untuk makanannya tidak sulit cukup memberikan makanan organik yang dicacah. Hal penting yang harus diperhatikan adalah cacing sangat sensitif dengan sinar matahari dan sangat menyukai daerah yang lembab.
Diberdayakan oleh Blogger.