Header Ads

Breaking News
recent

10 Tips Untuk Menjadi Orang Kaya, Sehat, dan Bahagia

Menjadi orang kaya, sehat, dan bahagia adalah impian setiap orang. Untuk mencapai hal itu, manusia perlu berproses dengan bekerja, berinteraksi dengan sesama, dan bersyukur. Selain itu banyak di antara kita yang memulainya dengan mencari berbagai tips untuk dijadikan patokan untuk mencapai hal tersebut. Di dalam artikel ini, akan disampaikan beberapa tips menarik yang dapat Anda simak, dan tidak ada salahnya untuk dicoba. 



a) Fokus pada tujuan hidup yang positif

Fokus pada tujuan hidup yang positif diawali dengan berpikir secara positif. Berpikir positi memiliki peran penting dalam pembentukan setiap individu. Kekuatan berbpikir positif merupakan unsur yang terpenting dalam menciptakan kehidupan Anda. Dengan berpikiran positif, Anda akan terbantu dalam mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Sebuah pandangan yang positif dapat membantu Anda untuk megatasi situasi stres dan dapat mengubah hidup Anda jauh lebih baik


b) Lebih memahami diri Anda

Ketidaksempurnaan pastilah dimiliki setiap orang.  Namun jika diolah kembali, setiap kekurangan dan kelemahan yang kita miliki dapat bermanfaat bagi kita.  Maka dari itu mengetahui kekurangan dalam diri kita sangatlah penting bahkan merupakan suatu keharusan agar kita terjebak dan terjerumus dalam menilai kemampuan diri sehingga dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Pemahaman terhadap kekurangan diri yang ditindaklanjuti dengan sikap yang baik ternyata mampu mengantarkan kita pada gerbang kesuksesan dan menghindarkan dari jurang kegagalan.


c) Berkumpul dengan orang-orang yang bahagia dengan hidup mereka

Terkadang kita merasa iri dengan orang-orang yang dapat hidup bahagia walaupun orang-orang tersebut memiliki kekayaan yang tidak seberapa dibanding kita. Selain itu Anda pasti juga bertanya-tanya bagaiman caranya untuk menikmati hidup yang mereka jalani. Maka dari itu cobalah saling berbagi pengalaman, baik itu dengan sharing, ataupun berdialog dengan orang-orang semacam itu. Temukan makna yang dapat Anda dapatkan dari kisah mereka, dan cobalah praktikkan pada kehidupan pribadi.


d) Aktif

Aktif berarti giat atau bekerja atau berusaha. Dengan menjadi aktif, hidup yang Anda jalani akan lebih berarti. Anda akan mengerti rasanya bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kemudian mempertahankan apa yang telah kita miliki. Aktif juga dapat diartikan dalam sesuatu hal yang lebih kompleks. Misalnya aktif pada kegiatan lingkungan masyarakat, aktif pada kegiatan organisasi, dan berbagai macam kegiatan lainnya yang dapat membuat kita mersa diterima dan dihargai tenaganya. Merasa dihargai dapat membuat hidup kita menjadi lebih berwarna, karena perasaan senang ketika kita dapat membantu orang lain.


e) Percaya pada diri Anda sendiri

Dalam dunia yang penuh persaingan ini, rasa percaya diri dapat menjadi modal utama untuk mencapai sebuah kesuksean. Menurt W. H Miskell (1939), percaya diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, serta dapat memanfaatkannya secara tepat. Ketika percaya pada kemampuan kita yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, kita akan menjadi berani mempergunakan dan menunjukkannya di tempat kerja. Orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik dari pada orang yang tidak. Orang yang tidak percaya diri cenderung berpikiran negatif tentang kemampuannya, sehingga membuatnya tidak bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada. Jadi orang yang percaya diri terlihat lebih unggul daripada orang yang tidak percaya diri, walaupun sebenarnya belum tentu kemampuan yang dimilikinya lebih baik.


f) Hargai diri Anda

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menghargai diri sendiri. Menghargai diri sendiri mungkin terlihat sedikit egois, namun ternyata memang ada saatnya sifat egois menjadi berguna. Jika menyadari, ketika menghargai diri sendiri, Anda juga mencintai diri sendiri dan percaya untuk menjadi terbaik. Tak ada yang dapat mempengaruhi Anda. Penghargaan diri juga dapat membantu membangun kepercayaan diri yang kuat dalam menghadapi situasi yang berat. Apa lagi ketika Anda mencapai kesuksesan yang diidam-idamkan. Pastilah akan banyak orang yang berusaha menjatuhkan. Disini pula menhargai diri akan memunculkan manfaatnya. Ketika menghargai diri sendiri, Anda akan mampu menerima kritik dengan baik. Kesalahan tidak akan banyak mempengaruhi Anda, melainkan menjadi motivasi untuk berusaha agar leih baik lagi.


g) Bertemu dengan orang-orang yang dicintai sesering mungkin

Segala rutinitas yang dikerjakan setiap hari terkadang membuat Anda kehilangan arah dan tujuan. Maka dari itu, Anda membutuh dukungan motivasi dan moril agar dapat menikmati pekerjaan. Bertemu keluarga, istri, atau pacar adalah sesuatu keinginan yang harus Anda dapatkan ketika lama tidak bertemu dengan mereka.  Terutama yang sedang berada di perantauan. Karena keterbatasan jarak, tidak ada salahnya jika Anda menelpon mereka di saat makan malam, untuk sekedar menanyakan kabar mereka. Bisa juga dengan cara yang lebih murah, yaitu menempelkan foto mereka pada dompet atau dinding kamar.


h) Berani berkata "tidak"

Berani berkata “tidak” berarti Anda mempunyai prinsip hidup. Anda dapat menolak sesuatu yang dapat membuat kita dirugikan. Banyak orang-orang yang sukses tiba-tiba menjadi gagal karena tidak bisa menolak ajakan buruk dari seorang kerabat, teman dekat, ataupun keluarga. Sebuah prinsip hidup yang seperti ini adalah dambaan setiap orang. Walaupun demikan, hal yang tidak mudah ketika harus menolak ajakan mereka yang sudah dikenal dengan baik. Terkadang banyak risiko buruk yang akan terjadi jika menolak. Semisal dikucilkan, sampai ancaman pembunuhan. Namun tanpa disadari, suatu saat Anda akan merasakan manfaat atas tindakan tersebut.


i) Belajar bersenang-senang


Tidak selamanya kita harus bekerja secara terus-menerus. Ada saatnya untuk istirahat sejenak dan melupakan segala aktivitas yang selalu memeras tenaga kita. Berusahalah untuk menyenangkan diri sendiri dengan menyediakan waktu luang. Bisa untuk menekuni hobi, berlibur bersama keluarga, atau sekedar mengantarkan anak sekolah. Beragam manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas-aktivitas kecil ini, terutama Anda menjadi menikmati hidup.  Dengan menikmati hidup, segala sesuatu halangan yang ada akan terpecahkan dengan mudah. 


j) Bersyukur atas hal-hal yang Anda miliki dalam hidup

Kesibukan dan tekanan hidup seringkali membuat kita lupa bersyukur, yaitu berterima kasih atas karunia Tuhan YME. Sesungguhnya ada banyak hal berupa kemudahan dan anugerah luar biasa dari sang Maha Pencipta yang kita terima setiap hari. Bila kita banyak bersyukur atas semua anugerah teresebut ini akan memberi berjuta manfaat dan menjadikan hidup ini sangat menyenangkan manfaat syukur akan kembali kepada orang yang bersyukur, dan salah satunya adalah menjadikan hati lebih tenteram. Sebab bersyukur sama dengan mengingat kebaikan-kebaikan yang diberikan oleh Tuhan. 

Orang yang paling bahagia adalah orang yang pandai bersyukur. Orang yang selalu bersyukur adalah orang yang merasa dalam curahan karunia dan kasih sayang-Nya. Karenanya, orang yang selalu bersyukur itu selalu dapat berpikir bahwa segala sesuatu pasti memiliki manfaat positif di kemudian hari. Kalaupun ditimpa cobaan atau memiliki kekurangan, rasa syukur itu akan membantu dirinya kembali memperoleh semangat untuk menghasilkan karya yang isnpiratif, mengalahkan tantangan, sukses, berprestasi, dan mencapai segala impian.
Diberdayakan oleh Blogger.