Header Ads

Breaking News
recent

10 Fitur Wajib yang Ditampilkan dalam Online Shop

Saat ini sudah banyak yang menjalankan bisnis online di Indonesia karena dirasa memang gampang dan tidak memakan begitu banyak waktu. Bisnis online itu sendiri sebenarnya adalah kebalikan dari bisnis offline, di mana transaksi yang di dalamnya dilakukan secara langsung. Sedangkan bisnis online transaksi di dalamnya dilaksanakan secara tidak langsung akan tetapi melalui media online yakni internet. 

Bisnis online bisa menggunakan web, facebook, twitter, dan media sosial yang lainnya. Pengertian media online itu sendiri yaitu Kita sebagai pengusaha memperluas pangsa pasar produk kita dengan membuka toko online di web dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya sebagai aplikasi bagi konsumen untuk berinteraksi lebih luas lagi dengan bisnis online. Hal yang menjadi pertanyaan sekarang, fitur seperti apa atau fitur apa sajakah yang seharusnya Anda pasang di bisnis online Anda? Berikut 10 fitur yang wajib ditampilkan dalam online shop: 





1. Search

Fitur search ini membantu konsumen menemukan apa yang mereka butuhkan secara spesifik. Fitur ini sangat bemanfaat bagi konsumen terutama apabila toko anda sudah mempunyai banyak produk yang berbeda-beda seperti baju, sepatu, dan sepatu. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa barang-barang tersebut mempunyai jenis yang banyak. 

Meskipun toko online Anda memiliki sedikit produk, fitur ini tetap akan sangat berguna untuk segera menemukan barang yang konsumen inginkan. Fitur ini sangat diperhitungkan dalam suatu toko online untuk menambah loyalitas dan kredibilitas konsumen. 


2. Login

Pernah mendengaar istilah e-mail marketing? Nah, fitur login ini sebetulnya selain dapat membangun loyalitas konsumen sebagai pelanggan Anda dengan menjadi member pada toko online, tetapi juga bisa digunakan sebagi strategi marketing praktis yakni marketing melalui e-mail pelanggan. 

Database pelanggan yang secara otomatis terekam, lewat menu ini dapat di gunakan untuk mengetahui dan menentukan produk apa yang cenderung disukai atau dicari pelangan tersebut. Sehingga ketika Anda mengirimkan katalog produk ke email pelanggan tersebut, Anda bisa langsung mendesain catalog tersebut sesuai keperluan si pelanggan. Misalnya pelanggan Anda lebih suka membeli produk sepatu dengan brand X, maka desain dan isi catalog sebaiknya disesuaikan dengan produk yang sesuai keinginan pelanggan Anda. 


3. Integrasi media sosial 

Fitur integrasi media sosial merupakn fitur yang wajib Anda tampilkan pada toko online. Fitur ini memudahkan berinteraksi dengan pengunjung atau pelanggan toko online. 




4. Keranjang belanja 
Fitur Keranjang Belanja atau Shopping Cart adalah alat bantu bagi konsumen untuk mengkalkulasikan jumlah harga. Adanya fitur shopping cart ini dapat menjadi penanda bagi pembeli, Jika produk yang akan dibelinya sudah masuk ke keranjang belanjaan, pembeli dengan mudah akan mengetahui total belanjaannya, dan mengetahui berapa biaya yang harus ditransfer. 


5. Produk Terbaru 



Strategi FIFO (First In First Out ) bisa menjadi strategi yang bagus bagi bisnis online Anda. Strategi ini artinya menempatkan barang lama ke deret paling luar sehingga akan cepat dibeli oleh konsumen. Salah satu aplikasi yang bisa mempercepat strategi ini adalah fitur info produk terbaru. 

Tempatkan barang lama Anda pada fitur ini maka pelanggan atau konsumen akan berasumsi bahwa produk tersebut adalah produk baru. Strategi ini juga sudah biasa diterapkan di toko offline. Anda pernah berbelanja di Departmen Store? Untuk berbelanja baju? Anda pasti akan berasumsi bahwa baju yang dipajang bersama boneka model adalah baju keluaran baru, Anda salah.

Banyak toko yang mengkombinasikan baju tersebut dengan atribut lain seperti belt, topi, celana, sepatu padahal baju tersebut adalah baju lama. Hal serupa bisa anda aplikasikan ke fitur Info Baju Terbaru. Selain itu fitur Info Produk Terbaru berguna untuk promosi dan memberitahukan kepada pelanggan jika toko online Anda mempunyai produk baru. Fitur info produk terbaru ini juga berfungsi untuk menandai bahwa toko online milik Anda masih aktif karena perubahan katalog produk pada fitur ini. 


6. Info produk terlaris 

Fitur info produk terlaris ini menandakan bahwa ada produk yang menjadi primadona di toko online Anda. Fitur ini akan meningkatkan brand awareness produk terlaris tersebut dimata konsumen. Tentu konsumen akan semakin penasaran.


7. Widget testimonial

Fitur Widget testimonial dalam toko online merupakan poin yang penting untuk meningkatkan tingkat kepercayaan customer. Kenapa demikian? Dengan meletakan berbagai testimonial para konsumen di widget, maka customer yang baru datang ke toko online Anda dapat langsung percaya bahwa toko online Anda berkualitas dan bukan toko online palsu. 


8. Cara pembayaran



Konsumen di toko online memang harus dimanjakan dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia, sebaiknya Anda berikan beberapa alterantif pembayaran bagi pelangan apakah ingin langsung membayar via shopping cart dengan transfer rekening atau bisa juga menggunakan layanan escrow atau e-wallet seperti paypal dan google E-wallet. 


9. Cek ongkir

Fitur Cek Ongkos kirim merupakan hal yang tidak kalah penting dalam proses transaksi toko online. Dengan fitur cek ongkir dalam website toko online Anda, maka para konsumen akan merasa praktis karena ongkos kirim akan langsung di tambahkan pada proses cek out. Konsumen Anda akan tahu dengan betul berapa harga keseluruhan yang harus dibayarkan. 

10. Product category 

Pengelompokan produk-produk sangat bermanfaat untuk customer, ketika mereka mencari produk-produk yang mereka inginkan. Pengelompokan ini sebaiknya spesifik. Misalnya berdasarkan jenis barang atau pun brand tertentu dari suatu produk.  
Diberdayakan oleh Blogger.