Header Ads

Breaking News
recent

46 Fakta Menarik Tentang Amazon.com

Siapa yang tidak mengenal Amazon.com situs toko on line yang beroperasi secara Internasional. Karyawan yang dimilikinya pun sudah puluhan ribu orang. Simak 46 fakta menarik mengenai Amazon.com
 

 1.   Makna logo Amazon yaitu dikenal dengan  “the smile and arrow”  yang artinya kami dengan senang hati mangantarkan barang dimanapun dan kapanpun.

2.  Tanda anak panah yang tersenyum itu melengkung dari huruf A hingga Z yang artinya Amazon.com menyediakan barang yang dicari dari A hingga Z.

3.     Ada sebuah buku yang laku pertama kali di Amazon.com dan sampai saat ini buku itu masih bisa dibeli yaitu Fluid Concepts and Creative Analogies: Computers Models Of the Fundamental Mechanisms Of Thought karya Douglas Hoftstatder.

4.  Pendapatan Amazon.com pada tahun 2010 mencapai $34,2 milliar. 5 kali lipat pendapatan dari Walmart+ Target.com+ Buy.com.

5.    Jika Amazon.com diibaratkan sebuah negara maka luasnya mencapai 2 kali lipat negara Kanada.

6.  Setiap gudang di Amazon.com dilengkapi dengan GPS. Hal ini dilakukan untuk mengawasi para karyawannya dalam bekerja. Jika karyawan ketahuan terlalu lama ngobrol maka akan mendapat teguran bahkan memperoleh final. 

7.  Peraturan disana sangat ketat setiap langkah pekerjaan diberi waktu selama 33 detik. Untuk makan siang 10 menit. Untuk ke toilet pun juga diberi waktu. Jika terlalu lama akan mendapat sanksi pecat.

8. Amazon.com pernah menjual CD-ROM dengan harga Rp 31.945. 780.000. Brian T klug pernah mencoba untuk membelinya, kemudian dia memposting transaksi tesebut ke media sosial. Namun, pihak Amazon.com membatalkan transaksi tersebut.

9. Pada 31 Januari 2013 server Amazon.com pernah mengalami down selama 49 menit akibat membludaknya pengunjung. Mengalami kerugian Rp 62,7 milyar.

10. Amazon.com memiliki 80 gudang barang yang tersebar dibebrapa negara dengan luas 100.000 meter.

11. Setiap harinya para karyawan berjalan sekitar 17 mil hingga 27 mil untuk mengitari barang pesanan pelanggan.

12. Awalnya hanya menjual buku secara online namun sekarang merambah menjual CD, pakaian, hingga web hosting CDN.

13. Pendiri Amazon.com Inc adalah Jeff Bezos tanggal 1994 dan mulai beroperasi secara online juni 1995.

14. Awal pertama di buat digarasi Jeff Bezos di Seattle.


 15. Mengapa memilih Seattle sebagai usahanya, karena pada tahun itu lebih mudah mencari staff IT di  daerah tersebut.

16.  Nick Hanaver adalah investor pertama Jeff Bezos dengan dana $ 40.000.

17. Tom Alburg kemudian menginvestasikan uangnya sebesar $ 100.000 sehingga wajah web Amazon.com lebih menarik dari yang sebelumnya.

18. Amazon.com adalah perusahaan publik yang pertama membuka saham dengan harga $ 18 kemudian melesat cepat dalam waktu sehari menjadi $ 24.

19. Awal namanya adalah Cadabra. Inc namun orang-orang sering mendengarnya Cadaver yang artinya mayat atau bangkai. Akhirnya diganti Amazon.com yang diambil dari nama sungai Amazon yang merupakan sungai terbesar di dunia.

20. Inilah nama produk Amazon.com yaitu Amazon BookSurge, Amazon EBS (Elastis Blokir Store), Amazon EC2 (Elastis Cara Cloud), Amazon Elastis Map Reduce, Amazon Fresh, Amazon Kindle, Amazon Amazon's Kindle 2, Amazon Kindle DX, Amazon S3 (Simple Storage Service ), Amazon Unbox, Amazon Video and Demand, Amazon Web Service, Mechanical Truk, Tablet Kindle Fire.

21. Amazon.com juga membuka program affiiate yaitu kita akan menjadi distributor, jadi jika terjadi penjualan pada kita makan Amazon.com akan memberi komisi. Hanya perlu modal banyak bahkan dengan web gratisan, kita bisa menjadi kaya.

22. Kekayaan Bezos pada 2013 mencapai USD 32,3 Miliar.

23. Benzos adalah pendiri Amazon.com Inc sekaligus CEO.

24. Amazon.com Menggunakan sistem Chaotic Storage, dimana setiap ruang yang kosong akan diisi langsung dengan barang.  

25. Setiap rak memiliki barcode, hal ini dilakukan untuk mempermudah karyawan dalam mencari barang.

26. Setiap harinya jumlah pengunjung Amazon.com mencapai 19.5 Milion.


27. Tahun 2012 lalu Amazon.com berhasil menjual 300 lebih item per detik

28. Karyawan yang mengumpulakan pesanan disebut “Pick Amabassador” oleh Amazon.com

29. Setiap 2 tahun Semua karyawan Amazon.com menghabiskan 2 hari bekerja di meja Custumer Service

30. Awalnya amazon web service diciptakan untuk melacak dan menyimpan pesanan yang keluar. Namun, sekarang telah berkembang menjadi layanan untuk jasa web untuk banyak perusahaan internet dan instansi pemerintahan. Seperti Netflix, Reddit, Spotify, Central Intelegent Agency.

31.  Mereka telah memiliki beberapa perusahaan seperti Zappos!.com dan IMDb.

32. Bezos telah menghabiskan $42 juta untuk membuat jam yang dapat beroporasi selama 10.000 tahun.

33. Amazon.com adalah pejualan on line terbesar di dunia.

34. Amazon’s S3 dapat menyimpan 82 buku untuk setiap orang yang ada di bumi.

35. Amazon.com pernah menjual kaos bertuliskan “ Keep Calm and Rape A lot” dan menghapus slogan “ I love Heinrich Himmler” di tahun 2013.

36. Benzos mendapat gaji sebesar $ 81,840 pada tahun 1998. Ini merupakan gaji CEO dengan perusahaan besar yang terendah. Bahkan pegawai keamanan di Amazon digaji $ 1,68 m.

37. Yahudi Amerika pernah menuntun Amazon karena telah menjual buku Denying The Holocoust.

38. Juga menadapat kritik karena telah menjual jigsaw puzzle dengan gambar Nazi Death Camp Dachau

39. Untuk mengiklankan kartu Cristmas, Uk Amazon menggunakan C-Word. Dan mendapat larangan dari Advertising Standarts Agency, Amazon dinyatakan tidak sopan meskipun hal ini hanya untuk kesenangan semata.

40. Amazon.com menguasai pasar 10% on line shop di Amrika Utara.

41.  Amazon.com berhasil membeli Zappos.com dengan nilai saham $ 1,2 miliar.

42. Tahukah kamu berikut adalah nama perusahaan yang telah dimilki Amazon yaitu woot!, alexa, IMDb, lovefilm.com, kiva systems, pets.com, lexcycle, askville, quidsi, SmallParts, Soap.com, the Book Depository, Teach Street, Toucho, A9, Cdnow, Fabric.com, shelfari, Amiest  dan lainnya.

43. Di hari-hari awal Amazon berdiri bel akan berbunyi jika terjadi pemesanan.

44. Karyawan baru diharapakn kerja selama 60 jam per minggu.

45. Bekerja di Amazon sangat berat dan melelahkan, banyak karyawannya yang mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain.


46. Ketika hari-hari awal Amazon dibangun ada seorang programer yang melakukan kesalahan besar yaitu dia telah dikelabuhi oleh pengguna untuk mengirimkan uang.

Itulah yang menarik dari Amazon.com, sebuah perusahaan yang berawal dari garasi kini telah besar, bahkan bila diukur mencapai 2 kali luas Kanada.
Diberdayakan oleh Blogger.