Header Ads

Breaking News
recent

5 Strategi Bisnis Dalam Penjualan Helm

Dengan meningkatnya jumlah volume kendaraaan motor di Indonesia tentu mereka juga memerlukan helm. Apalagi sekarang pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm di jalan raya akan mendapatkan tilang dan sanksi pelanggaran. Tidak lain juga hal ini untuk keamanan dan keselamatan pribadi. Ada beberapa tips dari kami untuk kalian yang sedang merintis bisnis penjualan helm.


1. Koleksi helm yang memiliki desain unik

Desain yang unik banyak disukai oleh pelanggan. Apalagi bila desain tersebut jumlahnya terbatas sehingga tak banyak orang yang memiliki. Helm tak hanya sebagai alat pelindung saat berkendara namun juga bisa menjadi fashion tersendiri bagi beberapa orang. Mintalah kepada distributor Anda untuk terus memberitahu desain terbaru yang dimilikinya. Sehingga toko sangat up to date dan memiliki variasi banyak. Karena selera pelanggan berbeda usahakan koleksi lengkap baik desain dan warnanya.

Zaman sekarang perusahaan helm juga berlomba-lomba mengeluarkan desain terbaik guna menarik pelanggannya. Mulai dari desain yang klasik hingga modern. Koleksi juga helm anak-anak yang memiliki desain lucu dan warna yang ceria. Karena sekarang banyak orangtua yang sadar akan keselamatan anak mereka terutama yang masih usia 10 tahun ke bawah. Pilihan yang banyak semakin menarik pelanggan terus bertambah.


2. Koleksi helm yang sedang menjadi tren

Anda juga harus peka terhadap kondisi sekitar tentang helm apa yang sedang trend. Biasanya perusahaan mengeluarkan beberapa jenis helm yang kemudian menjadi populer dan banyak orang yang mencarinya. Jika sedang trend Anda bisa menambah stok lebih dari biasanya. Masa trend helm untuk di Indonesia biasanya terjadi oleh kalangan anak sekolah terutama anak SMA. Mereka akan berlomba-lomba mencari helm yang trend tersebut. Seperti yang disebutkan tadi helm bisa menjadi fashion. Di musim-musim tertentu, trend helm ini dan itu bisa dimanfaatkan dengan baik. Pelanggan akan terus mencari helm yang diinginkan hingga mendapatkannya.

Setiap tahun perkembangan trend helm selalu berubah dan mudah untuk ditebak. Pergantian trend ini bisa terjadi karena helm yang sudah mereka miliki sudah pasaran dan banyak yang punya. Dengan rasa kebosanan tersebut pelanggan akan mencari helm lagi yang jarang dimiliki oleh orang banyak. Pada intinya banyak sifat pelanggan yang tidak ingin memiliki barang yang sama dengan orang lain.

Toko dengan koleksi helm yang up date banyak dicari pelanggan. Bila pelanggan sangat puas berbelanja di toko Anda nantinya mereka akan kembali lagi. Apalagi jika helm yang dibelinya tersebut banyak diminati orang-orang, otomatis mereka akan bertanya dimana membeli helm tersebut. Secara tidak langsung pelanggan juga turut mempromosikan toko Anda.


3. Lengkapi usaha dengan berbagai aksesoris berkendara

Tidak hanya mendapat keuntungan dari menjual helm saja. Anda bisa menambah barang lain seperti aksesoris seperti kantong pelana yang berfungsi untuk menyimpan barang, masker, sarung tangan, jas hujan, jaket khusus berkendara dan lainnya. Sediakan dengan desain aksesoris yang menarik dan nyaman. Sehingga ketika pelanggan sedang mencari helm kemudian melihat aksesoris menarik dan nyaman yang bisa menjadi pilihannya. Sediakan dengan jumlah yang secukupnya saja. Jangan lupa sediakan onderdil helm seperti kaca helm dan yang lainnya.

Terkadang ada pelanggan yang tidak suka dengan kaca helm yang sudah terpasang sebelumnya. Mereka akan menyakan apakah ada jenis kaca helm yang lainnya.
Dengan menjual aksesoris akan menambah daftar koleksi toko Anda. Sediakan juga aksesoris asli dari perusahaan helm. Karena memiliki pandangan lebih berkualitas di mata pelanggan. Aksesoris juga salah satu fashion barang yang bagus, berkualitas dan desain yang unik yang dicari pelanggan. Sediakan aksesoris dengan variatif harga dari yang termurah hingga yang lumayan. Beri stok yang lebih pada harga yang dapat dijangkau oleh pelanggan.
 

4. Berikan harga yang dapat mendongkrak jumlah penjualan

Harga yang selisih sedikit murah akan menjadi incaran para pelanggan. Pastikan Anda melakukan beberapa survei dengan berpura-pura menjadi pelanggan dan bertanya tentang harga yang dipasang di beberapa toko. Terutama bertanya pada penjual helm yang membuka lapaknya di pinggir jalan. Dengan begitu harga yang dipatok bisa lebih rendah dari yang ada di pasaran. Tentunya Anda tidak akan mengalami kerugian. Pelanggan mana yang tidak suka dengan penawaran ini, dengan harga yang lebih murah bisa mendapatkan barang dengan kualitas dan merek yang sama. Biasanya bila harga yang ditawarkan mahal pelanggan tetap akan mencari dengan harga yang murah. Pintar-pintarlah untuk menarik perhatian pelanggan.


5. Ramahlah terhadap pembeli

Setiap orang senang diperlakukan secara ramah dan santun. Pembeli memang meliliki banyak sifat, kadang ada yang terlalu banyak bertanya kemudian tidak jadi membeli. Apapaun situasinya hadapi dengan ramah. Pembeli adalah raja, dari mereka juga pundi-pundi uang Anda datang. Selalu senyum dengan pembeli yang datang. Layani mereka dengan sangat baik. toko Anda bisa ramai pembeli karena terkenal akan keramahannya. Pembeli yang pernah mendapat perlakuan tidak nyaman seperti para karyawannya yang jutek, tidak ramah, kasar dan ketika ditanyai tidak segera menjawabnya, mereka tidak akan kembali lagi pada toko Anda.

Ajari para karyawan Anda cara menangani pelanggan dengan ramah baik itu pelanggan yang menyenangkan maupun yang menyebalkan. Ucapkan terimakasih setiap transaksi uang selesai dilaksanakan. Peka terhadap gerak-gerik pelanggan, bila pembeli merasa kebingungan terutama orang tua segera datangi dan tanyakan helm seperti apa yang dicarinya. bantu dia hingga selesai mendapatkannya. Jika Anda mendapati karyawan yang kewalahan menghadapi pembeli yang menyebalkan sebaiknya segera turun tangan, dengan begitu pembeli jenis ini dapat menyelesaiakan keinginannya dengan cepat dan karyawan tersebut bisa melayani pembeli yang lain.

Usaha penjualan helm ini memiliki prospek yang cerah ke depannya. Hal ini tentunya sejalan dengan pertumbuhan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mempunyai motor pasti juga harus mempunyai helm. Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia juga semakin meningkat. Itulah tips dari kami semoga bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda. Terus perbarui strategi yang terbaik demi kelancaran bebisnis. Dan juga pandai-pandailah membaca keinginan konsumen.
Diberdayakan oleh Blogger.