Header Ads

Breaking News
recent

Sukses Menjelang, Pahala Datang

Seluruh orang di dunia ini pasti ingin kaya. Terlebih di zaman sekarang ini, dimana semua hal memerlukan uang. Pendidikan, kesehatan dan bahkan kecantikan pun membutuhkan uang. Hingga munculnya istilah kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Ini menunjukan betapa orang menganggap uang dan kekayaan sangat penting. Hal ini memicu pemikiran bahwa seolah-olah uang adalah segalanya sehingga setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan uang. Pemikiran manusia tentang semangat mencari uang seharusnya bisa menjadi hal positif karena bisa memacu seseorang untuk selalu berusaha dengan keras.

Namun kenyataannya lebih banyak dampak buruk yang terjadi, seperti semakin tingginya kesenjangan sosial karena tidak adanya kepedulian terhadap nasib sesama dan banyaknya orang yang mengambil hak-hak orang lain demi kepentingan diri sendiri. Sehingga uang mengubah seseorang menjadi kejam. Kejadian seperti ini membuat kita miris jika memikirkan tentang uang. Pemikiran seperti ini sudah seharusnya diubah. Anda bisa saja menjadi orang kaya sekaligus menjadi orang baik. Berikut tips- tips nya:



1. Jangan memandang uang sebagai “segalanya”

Ubah pikiran Anda tentang uang. Jangan memandang uang sebagai sesuatu yang bisa digunakan untuk apapun. Jika sudah menjadikan uang sebagai “raja” maka Anda akan terjerumus untuk selalu terobsesi mencari uang dan bahkan rela melakukan apapun demi uang. Hal ini bisa merubah Anda menjadi orang yang jahat dan mencelakakan orang-orang disekitar.


2. Jangan menjadikan keuntungan sebagai tujuan utama

Seorang pengusaha yang sukses tidak hanya memikirkan bagaimana mendapatkan uang tetapi juga memperhatikan bagaimana memuaskan pelanggan. Jika Anda hanya berpikir mengenai keuntungan, maka usaha Anda tidak akan berjalan lama karena para pelanggan akan pergi. Contohnya ketika menjual suatu barang dengan harga mahal namun kualitas rendah. Ketika sudah banyak yang mengetahui bahwa produk tidak memuaskan, maka tidak akan ada lagi pelanggan yang datang.

Berbeda dengan ketika menjalankan bisnis dengan ‘sehat’. Selain mendapat untung, bisnis berjalan lancar, kepuasan tersendiri juga akan Anda rasakan ketika melihat pelanggan Anda senang atau mungkin hanya sekedar menerima ucapan terima kasih dari pelanggan. Hal-hal baik akan menghampiri ketika berbuat baik kepada orang lain. Seperti istilah ‘satu kebaikan dilakukan, seribu kebaikan akan didapatkan’.


3. Sukseslah bersama-sama

Manusia adalah mahluk sosial dimana tidak bisa hidup sendiri. Setiap orang hidup membutuhkan orang lain. Seorang milyarder pun membutuhkan orang lain, ia membutuhkan karyawan untuk bekerja di perusahaannya, membutuhkan dokter untuk mengobati ketika sakit, dan membutuhkan petani untuk menyediakan nasi baginya. 

Dari sinilah seharusnya kita sadar bahwa kita berkewajiban untuk saling membantu. Seseorang tidak akan menjadi terpuruk ketika membantu orang lain disekitarnya. Hal ini justru berlaku sebaliknya. Keberhasilan seseorang tidak semata-mata hasil kerja dirinya sendiri, tetapi juga merupakan hasil kerja orang lain. 

Jika ingin sukses perhatikanlah orang-orang disekitar Anda. Jika Anda membantu mereka dan mendorong mereka untuk sukses maka kesuksesan akan mengikuti. Bagi para pebisnis, lihatlah para karyawan, pelanggan, dan orang- orang lain dalam perusahaan. Bantulah orang-orang tersebut untuk mencapai target atau keinginan mereka. Kesuksesan mereka juga akan menunjang kesuksesan Anda.


4. Berpikir positif 



Cobalah untuk selalu berpikir positif. Misalnya ketika mendapatkan keuntungan sedikit maka janganlah langsung mencurigai karyawan telah mencuri uang perusahaan atau menyalahkan pegawai karena mereka dianggap kurang bekerja keras. Untuk mengahadapi hal seperti ini sebaiknya lakukan evaluasi terlebih dahulu dan bukan malah menyalahkan orang lain.

Koreksi hal-hal yang sekiranya perlu diperbaiki dan carilah solusi untuk mengatasinya. Jika terdapat sesuatu yang menjanggal mengenai perusahaan, usahakan untuk melakukan musyawarah agar permasalahan tersebut selesai dengan baik dan tidak merugikan orang lain. Oleh karena itu sikap adil dalam memimpin suatu perusahaan juga sangat penting untuk diperhatikan. 


5. Merasa cukup

Memang sudah menjadi sifat dasar manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang didapat . Syukuri setiap keuntungan yang didapat meskipun hanya sedikit. Atur keuangan dengan baik agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Apalagi ketika keuntungan tersebut dapat mencukupi kebutuhan dan bahkan bisa menabung.

Jika Anda selalu merasa kurang maka Anda akan selalu merasa kecewa pada diri sendiri. Orang seperti ini akan sulit untuk merasa bahagia dalam hidupnya. Lihatlah orang-orang yang menjalani hidup lebih susah dari Anda agar selalu merasa cukup dan bersyukur. Jadikan orang-orang yang lebih sukses sebagai motivasi, bukan sebagai bahan pembanding.


6. Kontribusi



Orang yang sukses adalah yang bisa berguna untuk orang lain. Ketika sudah menjadi orang sukses maka selanjutnya buatlah kesuksesan Anda berguna untuk lingkungan sekitar ataupun bangsa dan negara. Akan menjadi sebuah kebanggaan bagi diri sendiri ketika dapat menjadi orang yang berguna untuk orang lain.

Lakukan hal-hal yang dapat membantu orang lain yang membutuhkan, seperti menjadi donatur untuk panti asuhan atau mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM untuk orang-orang cacat, lansia, anak-anak atau para penderita penyakit kronis, seperti yang dilakukan oleh Bill Gates. 

Bill Gates mendirikan sebuah lembaga amal atau LSM yang bernama Bill and Mellinda Gates Foundation. Lembaga ini bergerak untuk membantu memperbaiki system kesehatan dan mengurangi kemiskinan, juga memberikan bantuan bagi mereka yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan.

Atau bisa juga seperti yang dilakukan oleh pabrik rokok Djarum yang memberikan pelatihan untuk mengembangkan kepemimpinan dan menyeleksi para putra-putri Indonesia yang berbakat dalam bidang olahraga khususnya badminton. Mereka mendapatkan pelatihan-pelatihan gratis dan dibimbing untuk menjadi atlit professional yang bisa mengharumkan nama bangsa.


Bagaimana menurut Anda? Menjadi orang sukses namun bisa mendapatkan pahala dan kebahagiaan yang besar bisa saja dilakukan siapa saja asalkan hal-hal seperti diatas dapat terpenuhi. Jangan pernah menyerah dan tergoda untuk melakukan hal- hal terlarang dan berusahalah terus untuk menjadi orang sukses yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Diberdayakan oleh Blogger.