Header Ads

Breaking News
recent

12 Tips Sukses Bisnis dari Mark Cuban

Siapa pun yang baru saja memulai sebuah bisnis tentu sudah memiliki pedoman dan aturan sendiri. Tetapi Mark Cuban mencoba untuk menambahkan memo aturan untuk memulai bisnis. Aturan-aturan dari beliau  berikut ini tidak hanya bagi mereka yang sedang mendirikan bisnis, tetapi juga untuk orang-orang yang akan bekerja di dalamnya. 




1. Jangan memulai perusahaan kecuali obsesi dan sesuatu yang Anda cintai


Usahakan tidak memulai bisnis tanpa adanya obsesi. Obsesilah yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan segala hal demi terwujudnya impian mereka. Tanpa obsesi maka seseorang tidak akan terdorong untuk segera melakukan tindakan untuk mewujudkan apa yang Ia inginkan. 

Selain itu, mulailah sebuah bisnis dengan sesuatu yang memang Anda cintai, sehingga saat menjalankan bisnis tersebut tidak akan setengah-setengah dan akan menghasilkan bisnis yang berhasil. Karena jika Anda sudah mencintai suatu hal, tentu pasti sudah mengetahui dan paham betul tentang seluk beluk hal tersebut. Misalnya, Anda sangat mencintai memasak. Maka bukalah bisnis di bidang kuliner baik restoran, catering, atau pun bakery. 


2. Jika Anda memiliki strategi, Itu bukan obsesi

Jika seseorang sudah terobsesi dengan suatu hal, maka Ia akan melakukan segala macam cara untuk mewujudkan obsesinya. Begitu pun saat seseorang terobsesi untuk membangun sebuah bisnis, maka yang Ia pikirkan hanyalah strategi untuk dapat memajukan bisnis tersebut, bukannya malah strategi untuk keluar.


3. Pekerjakan orang yang senang bekerja di tempat Anda

Salah satu faktor majunya sebuah perusahaan adalah kualitas orang-orang yang ada di dalamnya. Untuk permulaan, Anda bisa mempekerjakan orang yang akan senang bila bekerja di sana. Saat seseorang sudah menyenangi pekerjaannya, maka pekerjaannya pun pasti akan total dan tidak setengah-setengah. Untuk sebuah restoran, Anda tentu harus mempekerjakan orang yang memang sudah menyenangi kuliner. Jangan pekerjakan orang yang menyukai menjahit. Karena dengan begitu Anda tidak akan mendapatkan sebuah bisnis yang berkualitas.


4. Penjualan menyembuhkan semua

Mengetahui dengan benar bagaimana perusahaan Anda akan membuat uang dan bagaimana perusahaan tersebut benar-benar akan membuat penjualan. Saat sebuah bisnis mengalami peningkatan dalam hal penjualan, tentu hal itu dapat menyembuhkan segala kekhawatiran Anda. Dan akan menjadi obat untuk kelelahan dan kerja keras selama membangun bisnis tersebut.


5. Tahu kompetensi inti dari diri Anda

Anda harus mengukur sendiri kompetensi atau kemampuan yang dimiliki. Setelah mengetahui kompetensi inti yang dimiliki, selanjutnya Anda harus fokus untuk membuat kompetensi yang mungkin sederhana menjadi sesuatu yang besar dan istimewa. Di luar kompetensi yang Anda miliki, pekerjakanlah orang-orang terbaik dari bidangnya. 

Jika sebuah bisnis di dalamnya terdapat orang-orang terbaik, maka ini akan berimbas pada keberhasilan bisnis itu sendiri. Usahakan mencari orang-orang yang memang mau bekerja keras dan bekerja sama untuk membangun sebuah perusahaan dari nol. Ciptakan rasa saling memiliki dari mereka. Jika mereka pun merasa memiliki bisnis tersebut, tentu mereka pun akan bekerja keras untuk memajukan bisnisnya. Bangun bersama, sukses bersama.


6. Pergunakan waktu semaksimal mungkin

Ada 24 jam dalam sehari. Jika seseorang sangat menyukai pekerjaan mereka, maka mereka pasti akan menemukan cara untuk dapat mempergunakan sebanyak dan semaksimal yang mereka bisa. Menurut Mark Cuban, makan siang adalah kesempatan untuk keluar dari kantor dan berbicara. Ia menyediakan mesin expresso di kantornya dan juga menyediakan minuman soda. Agar orang-orang di dalam kantornya merasa nyaman dan dapat mempergunakan waktunya semaksimal mungkin, tanpa harus keluar kantor. Sehingga waktu yang terbuang sia-sia dapat lebih dimanfaatkan untuk hal yang berguna. 


7. Tidak ada kantor

Ciptakan sebuah kantor yang bersifat terbuka bagi semua karyawan. Bukalah selalu kantor agar semua orang selaras dengan apa yang sedang terjadi dan untuk menjaga energi. Jika ada seorang karyawan menanyakan adanya privasi, tunjukkan padanya cara mengunci kamar mandi. Usahakan jangan mencampurkan urusan pribadi di saat berbisnis. 

Ini adalah cara terbaik menghindari seorang eksekutif melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Menurut Mark, ketakutan terbesarnya ialah jika ada seorang eksekutif yang ia pekerjakan melarikan diri membawa sejumlah hasil penjualan perusahaan. Tentu ini akan dapat mencemari perusahaan Anda. Jalankan perusahaan dengan sistem yang transparan dan tidak tertutup. Sehingga memungkinkan semua karyawan untuk mengetahui segala hal yang terjadi pada perusahaan Anda. 


8. Pergi sejauh perkembangan teknologi

Teknologi semakin hari akan selalu mengalami perkembangan. Untuk itu, Anda harus selalu mengetahui segala perkembangan itu, untuk dapat digunakan di dalam perusahaan yang sedang dijalankan. Anda tahu tentang Apple, gunakanlah, Anda tahu tentang Windows Vista, maka gunakanlah. Dan biarkan beberapa karyawan menggunakan apa yang mereka ketahui. 

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, maka bisnis yang sedang dijalankan tidak akan ketinggalan jaman. Sehingga dapat melewati dari tahun ke tahun berikutnya. Tidak hanya berjaya di tahun ini saja, tetapi tahun depan tersingkir dengan perusahaan yang lebih mengikuti perkembangan teknologi. Tentu Anda tidak ingin, bukan?


9. Menjaga organisasi tetap datar

Jika saat memulai perusahaan Anda memiliki beberapa manajer bagian dan saling memberikan laporan, Anda akan gagal. Setelah perusahaan berjalan, masih dengan sistem tersebut, maka akan menciptakan politik. Tetaplah menjaga organisasi yang datar. Seperti yang tadi sudah dijelaskan untuk menciptakan suasana yang terbuka bagi semua karyawan. Sehingga apa yang terjadi pada perusahaan akan diketahui oleh semua karyawan tidak hanya dari manajer ke manajer.


10. Jangan pernah memberi barang curian


Jangan pernah sekalipun memberi barang-barang hasil curian untuk perusahaan Anda. Karena itu adalah tanda-tanda kegagalan. Sebagai contoh, untuk logo perusahaan. Seperti apapun logo tersebut, jangan pernah mencuri logo milik perusahaan lain. Mark pernah mengalaminya, saat seseorang mengiriminya sebuah logo POLO Shirt. Designlah sendiri logo dari perusahaan Anda. Kesuksesan tidak akan pernah bisa didapat jika di awali dengan kecurangan. 


11. Jangan menyewa perusahan public relation

Sebuah perusahaan PR akan memanggil atau mengirim email kepada orang-orang untuk mempublikasikan perusahaan Anda. Mereka akan membaca semua informasi, datang saat perusahaan mengadakan acara dan sudah melihat situs perusahaan tersebut.

 Saat sedang mencari informasi yang dibutuhkan sesuai dengan bidang perusahaan, Anda akan mendapatkan email dari penerbit yang berisi perkenalan. Setelah menjalin komunikasi dengan orang tersebut, Dia akan menggali informasi tentang perusahaan Anda. Dan setelah itu, mereka akan mempergunakannya untuk perusahaan mereka sendiri. Jadilah cerdas. Jagalah ke-originalan perusahaan Anda.




12. Buat pekerjaan menjadi menyenangkan untuk karyawan Anda

Cara yang terakhir untuk memulai bisnis yang sukses adalah usahakan untuk membuat pekerjaan menjadi menyenangkan untuk semua karyawan Anda. Jauhkan stress dari mereka, berikan reward atau penghargaan bagi prestasi mereka. Karena berhasil atau tidaknya suatu perusahaan sangat bergantung dari orang-orang yang bekerja di dalamnya. Maka buatlah karyawan Anda senyaman mungkin bekerja di perusahaan.
Diberdayakan oleh Blogger.