Header Ads

Breaking News
recent

43 Fakta Menarik Tentang Fashion

Anda wanita dan senang akan fashion? Anda pria yang cukup peduli dengan penampilan? Dua pertanyaan di atas memang berkaitan dengan dunia fashion. Fashion sendiri memiliki sifat yang unik yakni penting-tidak penting. Penting karena berkaitan dengan penampilan dan menunjukkan jiwa seseorang. Tidak penting karena hanya berkaitan dengan penampilan. Sangat ambigu memang, tergantung dari sisi mana Anda menilainya. Terlepas dari itu, berikut ini 43 fakta menarik tentang fashion yang harus diketahui.



1. Sama seperti makanan, fashion adalah harga mati dan terus berkembang.

2. Seorang artis atau seseorang bisa membawa trend fashion.

3. Adanya kancing pada lengan baju adalah ide dari Napoleon Bonaparte untuk meminta penjahit memasangnya agar para tentara tidak mengelap hidung yang meler dan keringat pada lengan baju. Sehingga lengan baju tidak kotor dan mudah dicuci.

4. Rok adalah pakaian dengan model tertua dalam sejarah fashion.

5. Dahulu perhiasan populer dikenakan oleh kaum pria untuk menunjukkan tingkat sosialnya. Namun sekarang perhiasan umumnya dipakai oleh perempuan.

6. Busana dengan item antik muncul pada tahun 1920 hingga 1960, setelah tahun itu. trend item disebut retro dan vintage.

7. Sekarang untuk mengenalkan fashionnya, para desainer menggunakan jasa model untuk menunjukkan mahakaryanya namun dulu mereka menggunakan boneka sebagai modelnya.

8. Meski begitu untuk memamerkan pakaian di tokonya, dari dulu mereka tetap menggunakan boneka manekin.

9. Tidak hanya memunculkan fashion pakaian, perhiasan, sepatu, tas dan aksesoris, namun fashion telah menciptakan fashion stylish.

10. Fashion stylish adalah pemandu dalam memberikan konsep fashion untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai nuansa baju yang dimaksudkan oleh desainer.

11. Warna hitam dan putih adalah warna netral yang bisa dipadupadankan oleh warna apapun.

12. Dahulu trend hamil sangat populer di kalangan perempuan, dulu banyak perempuan yang menyimpan bantal atau gulungan dalam baju mereka agar terlihat modis.

13. Tahukah kamu lukisan Mona Lisa? Dalam lukisan tersebut membuktikan bahwa tren mencukur alis sudah ada sejak zaman Renaissance.

14. Dulu pria berjenggot akan dikenakan pajak, karena Eropa menginginkan warganya untuk berpenampilan Eropa dengan wajah bersih dari jenggot. Namun sekarang pria dengan jenggot akan dianggap lebih maskulin.


15. Celana berpotongan baggy akan membuat tubuhmu terlihat lebih besar bagi mereka yang bertubuh gendut atau besar.

16. Celana dengan potongan yang pas akan membuatmu lebih ramping.

17. Celana harem ala Putri Jasmine adalah celana yang paling dibenci pria ketika melihat wanita mengenakannya karena terlihat gendut.

18. Banyak wanita berpikir rok panjang akan membuatnya tampak pendek, itu adalah mitos. Rok panjang akan membuat kakimu terlihat ramping dan panjang jika dipadukan dengan blus yang sesuai.

19. Jelana dengan bahan denim dipadukan dengan kemeja bahan denim tetap fashionable dan enak untuk dilihat.

20. Motif  garis-garis horisontal dengan jarak yang sesuai membuat tubuhmu terlihat ramping.

21. Pada awalnya celana jeans diciptakan untuk para pekerja bangunan dan penggali atau pekerjaan keras lainnya yang menggunakan otot agar mereka memiliki celana yang awet dan tidak mudah sobek. Namun celana jeans telah menjadi fashion pada semua kalangan.

22. Lady Gaga adalah trendsetter pakaian-pakaian yang unik lain dari yang lain.

23. Sebelum 1850 banyak orang yang tidak peduli dengan fashion. Mereka lebih suka menjahit baju sendiri yang sesuai dengan kenyamanan mereka.

24. Dulu Louis Vuitton mengepak koper dengan unik agar mereka tetap tampil anggun ketika berada di dalam bandara.

25. Tahun 1920 dikenal dengan fashion Melindrosa yaitu mengenakan pakaian glamour dan berdandan berlebihan. 

26. Fashion Calca Camprida muncul pada tahun 1930 dengan pakaian yang lebih kasual, bahan tebal dan tertutup menjadi pilihan. Ini akibat Amerika mengalami krisis ekonomi sehingga kehidupan glamour pada saat itu mulai tenggelam.

27. Tahun 1940 dikenal dengan fashion war and working class saat terjadinya Perang Dunia II. Banyak pabrik tekstil dan wol digunakan untuk membuat senjata. Sehingga terciptalah bahan nylon dengan nuansa warna hitam dan navy serta masih dipengaruhi trend Calca Camprida.

28. Trend penutup kepala wanita juga muncul tahun 1940. Yang membuktikan banyak wanita bekerja menjadi buruh bangunan. Selain  itu mereka banyak mengenakan pakaian pria, tepatnya pakaian pria berbahan wanita.

29. Tahun 1950 New Look, pakaian telihat lebih segar namun tidak glamour. Pada tahun ini fashion remaja juga dikenalkan dan bersaing dengan fashion dewasa.

30. Akhir 1950 Pin Up, gaya Pin Up ini lebih banyak dipengaruhi oleh Elvis Presley dan Marilyn Monroe. Gaya urban dan pop ini memiliki bahan yang ringan dan semi terbuka.

31. Futurismo muncul tahun 1960, mode ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi mulai berkembang pesat. Ini adalah era modernisasi, busana banyak identik dengan garis dan bintik.

32. Camiseta dalam bahasa spanyol artinya kaos juga muncul pada tahun 1960, dengan fashion remaja yang banyak menggunakan celana jeans dan kaos oblong.

33. Hippe pada tahun 1960, muncul akibat Perang Vietnam tak kunjung usai dengan gerakan pemerintah yang disebut Hippe. Pakaian mereka mendapat pengaruh dari Bohemian Style tahun 1950-an dengan pakaian yang longgar menunjukkan mereka lebih dekat dengan alam.

34. Era pakaian dan musik disko muncul pada tahun 1970-an dengan celana komprang dan rambut ditarik ke atas dalah ciri khasnya.

35. Selain disko, punk juga populer pada tahun yang sama dengan warna pakaian identik dengan hitam, ornamen metal tajam, rambut dan make up yang mencolok. Menggambarkan menentang politik kotor, kebebasan dan lugas.

36. Tahun 2000 wajah fashion semakin bertambah dengan munculnya gaya new milenia, emo, indie dan hipster. Hingga sekarang trend ini masih membaur dan banyak orang yang memilih fashionnya sendiri.

37. Pada abad 19 banyak rok wanita dibuat mengembang, tahukah kamu untuk membuatnya mengembang menggunakan Crinoline  yang terbuat dari benang, bulu kuda bahkan baja.

38. Pada abad yang sama untuk mendapatkan tubuh dengan perut yang ramping serta pinggul dan pantat yang besar para wanita rela mengenakan korset yang sangat menyiksa tubuh mereka.

39. Jeniffer Aniston adalah trendsenter potongan rambut layer atau shaggy ini banyak ditiru oleh para wanita. Potongan rambut ini juga masih tetap eksis.


40. Pakaian dengan warna hitam, tidak semuanya kulit cocok itu semua tergantung jenis kulit, justru warna cerah akan membuat kulit Anda terlihat lebih segar.

41. Kaki yang terlalu kurus tidak cocok menenakan rok pendek dan celana ketat karena akan terlihat aneh.

42. Untuk pria umumnya mengenakan tiga warna dalam pakainnya karena akan terlihar serasi dan enak dilihat. Jika melebihi itu terlihat terlalu meriah.

43. Ternyata gaya rambut klimis ditarik di belakang sudah ada sejak abad 15 oleh bangsa Thailand.
Diberdayakan oleh Blogger.