Header Ads

Breaking News
recent

10 Trik Sukses Sebagai Penulis Bisnis

Saat ini dunia tengah dirundung pesatnya teknologi. Coba cermati hal berikut. Dahulu, untuk mendapatkan 1 juta pendengar, radio memerlukan waktu 50 tahun. Kemudian, muncul televisi yang berhasil mendapatkan 1 juta pemirsa selama 38 tahun beroperasi. Tak lama setelah itu keluar telepon genggam yang dalam kurun waktu lima tahun ampu mendapatkan satu juta pengguna. Dan yang terakhir adalah smartphone, hanya dalam rentang waktu satu tahun, mampu menarik 1 juta pemakai. 


Mungkin smartphone bukanlah produk teknologi yang terakhir, karena manusia semakin pandai dalam penciptaan teknologi. Kemajuan teknologi tersebut tidak dapat dipisahkan dari jaringan yang dikenal dengan nama internet. Diawali pada tahun 1967, internet digunakan untuk sistem pertahanan Amerika. Bagaimana dengan saat ini? Banyak hal yang bisa digunakan melalui internet. Mulai dari berkirim surat elektronik hingga melakukan konferensi bisa dilakukan dengan teknologi ini kapan saja dan dimana saja.

Pesatnya teknologi membuat pemasaran suatu produk ataupun jasa, tidak hanya dilakukan secara konvensional. Bisnis online shop sekarang mulai menjamur. Peranan sosial media yang semakin digandrungi para pelajar hingga pebisnis semakin meningkatkan peluang para penjaja barang dan jasa untuk memasarkan produk atau keahlian mereka. Tak ketinggalan, banyak penulis pun melirik cara ini. Mengapa? Simak beberapa alasan berikut.


1. Komunikasi luas

Apakah Anda ragu memasarkan karya Anda? Atau Anda mengira bahwa pemasaran internet tidak cocok untuk seorang penulis bisnis? Anda salah. Alasan pertama adalah, dapat memperluas komunikasi dengan rekan-rekan di bagian pendistribusian buku. Melalui komunikasi yang terjalin, Anda dapat sharing dengan mereka tentang kiat-kiat apa saja untuk memasarkan karya Anda. 


2. Promosi melalui blog

Alasan kedua adalah, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mempromosikan karya, melalui blog misalnya. Anda dapat membeli blog atau hanya mempunyai blog gratis seperti di blogspot. Namun, mempunyai domain sendiri tentunya lebih bermodal. Kalau tulisan sudah banyak, Anda dapat memasang iklan di sana. Namun, jangan sampai mengganggu pembaca. Bisa-bisa mereka kabur karena terlalu banyak iklan.


3. Dapat banyak pembaca

Alasan ketiga adalah, bisa mendapatkan banyak pembaca baru. Kalau Anda sudah memiliki blog atau tempat pemasaran di internet maka dengan mudahnya pembaca akan bertambah. Karena dengan ide kreatif misalnya menampilkan testimoni dari pembaca sebelumnya melalui media sosial seperti twitter, akan menarik orang untuk penasaran dan akhirnya membaca karya Anda. Coba cara ini, karena sebagian besar penulis sukses melakukannya. 


4. Wadah untuk bagi-bagi ilmu

Alasan keempat adalah, bisa menjadi wadah baru bagi penulis untuk membagikan ilmunya. Saat ini sering sekali para penulis yang sudah menghasilkan beberapa karya untuk membuka pelatihan menulis. Melalui mana promosinya? Tentu saja melalui media sosial yang memiliki banyak peran. Pelatihan penulisan ini bisa dilakukan online ataupun datang ke suatu tempat. Biasanya para penulis memberikan harga sekitar 100-350 ribu per orang untuk dapat mengikutinya. Lumayan kan? Tapi khusus alasan ini, sebaiknya fokus pada membagikan ilmu.


5. Cari pengalaman melalui internet

Alasan kelima adalah, mencari pengalaman via internet. Untuk para penulis pemula atau untuk seseorang yang ingin terjun di dunia kepenulisan, ada baiknya untuk mengasah kemampuan menulis melalui online. Anda bisa mendftarkan diri untuk menjadi kontributor pada sebuah web atau menjadi seorang penulis lepas untuk latihan menulis. Anda akan dikenalkan tentang aturan-aturan menulis yang mayoritas sama, seperti tanpa menjiplak tulisan orang lain dan meneliti tulisan melalui kegiatan koreksi karya tulisannya.  


6. Dapat membuka bisnis online shop

Alasan keenam adalah, Anda dapat membuka online shop! Loh, apa hubungannya? Ada. Online Book Shop. Toko buku online. Hanya dengan sekali klik, pemasaran buku akan dilihat banyak orang. Hal ini sangat berguna terutama untuk mereka para penulis yang memilih jalan menerbitkan buku sendiri. Cara ini sangat ampuh. Anda hanya mencetak buku-buku sesuai dengan jumlah pesanan dari akun facebook atau twitter.


7. Adanya komunitas

Alasan ketujuh adalah, dapat membentuk suatu komunitas yang mendukung karya Anda. Bukan termasuk kepercaya dirian atau berniat pamer, tapi ini nyata. Dapat kita ambil contoh seperti berikut. Jika Anda penulis novel fiksi bersambung, ingin membuat pembaca penasaran dengan karya selanjutnya bukan? Namun jangan kelamaan, nanti pembaca bosan menunggu. Nah, melalui komunitas ini bisa menyampaikan info kira-kira kapan menerbitkan kelanjutan cerita dalam novel. Dan mungkin dapat bertukar pengalaman dengan pembaca tentang konten karya Anda sebagai masukan.


8. Dapat menampilkan karya

Alasan kedelapan adalah, dapat menampilkan karya dengan kata kunci-kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna dengan menggunakan mesin pencari. Sehingga akan lebih dikenal dan memudahkan dalam pemasaran. Teknik ini biasanya dikenal dengan Search Engine Optimization atau SEO. Cara ini juga bisa digunakan untuk menaikkan grafik atau menarik pengunjung datang ke blog atau halaman Anda. 


9. Tampilkan produk

Alasan kesembilan adalah, dapat membentuk produk karya Anda. Kunci dalam poin ini adalah, bisa memanfaatkan internet dengan membuat berita-berita atau tulisan yang interaktif dan menarik. Hal ini bisa didukung dengan penggunaan background atau  tata letak yang tidak menyolok tapi menarik. Cukup sederhana bukan? Anda bisa menyewa seorang web programmer atau grafik desainer untuk langkah ini.


10. Dapat memberikan informasi

Sampailah kita pada alasan ke sepuluh. Alasan terakhir adalah, dengan maraknya pemasaran internet dalam dunia tulisan akan memberikan informasi pada Anda sebagai seorang penulis tentang karya apa yang sedang diminati saat ini. Sehingga, dapat memetakan sasaran buku atau karya serta menghitung peluang yang ada sebelum menerbitkan suatu karya atau mencari pertimbangan. Namun, jangan lama-lama karena belajar dengan melakukan adalah cara yang sangat manjur untuk menggeluti dunia kepenulisan.

Anda baru saja membaca sepuluh alasan menggunakan pemasaran internet untuk menunjang karya-karya dalam dunia kepenulisan. Namun tetap, penggunaan suatu teknologi di samping memiliki keunggulan juga memiliki kerugian. Jangan berhenti berusaha, karena menjadi seorang penulis sekaligus pebisnis adalah tambang emas. Anda bisa melakukan hobi menulis, membagikan ide di dalamnya, serta sekaligus mendapatkan keuntungan psikologis dan materi. Selamat mencoba!

Demikian sedikit artikel tentang sukses dalam menjalankan penulis bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi yang ingin membuka bisnis menjadi penulis sekaligus pebisnis. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.