Header Ads

Breaking News
recent

8 Cara Mudah dan Gratis Memulai Bisnis SEO

Bisnis Internet telah menjamur dimana-mana. Bisnis ini diminati oleh banyak orang karena biaya yang dibutuhkan sedikit. Mereka dapat memasarkan produknya secara internasional tanpa mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, serta tenaga kerja yang dibutuhkan sedikit. Seiring berjalannya waktu, perusahaan tradisional pun sadar bahwa mereka harus beradaptasi. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk memperkenalkan produknya secara online. 

Berdasarkan hal tersebut, bisnis SEO mulai dikenal dikalangan masyarakat. SEO adalah Search Engine Optimization, yang membuat produk atau website berada di halaman awal, bahkan menjadi yang teratas dalam pencarian Search Engine. Jadi, pengertian dari bisnis SEO itu sendiri adalah si penjual wajib dan harus bisa membuat perusahaan klien mereka menjadi yang teratas dan mudah dicari. Banyak perusahaan yang mencari orang yang sanggup membuat usaha mereka dikenal banyak orang melalui SEO. Untuk memulai bisnis ini, modalnya gratis! 


1. Buat situs atau website yang menarik

Pelajarilah cara membuat situs melalui internet ataupun buku. Jika Anda benar-benar tidak mengerti, sekarang banyak situs yang menyediakan tempat secara gratis untuk membuat website. Jadi, kita hanya perlu menyusun sesuai dengan keinginan kita tanpa repot mempelajari kode HTML. Namun, jangan semata-mata hanya bergantung pada situs tersebut, Anda juga harus berusaha untuk berinovasi dan belajar membuat website sendiri. Pahami kode HTML yang sederhana seperti membuat judul dan keterangan produk. 

Website klien Anda tidak harus penuh dengan hiasan serta gambar. Hal ini tidak mempengaruhi kriteria search engine untuk membuat situs berada di posisi teratas. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah membuat judul situs ataupun halaman yang sesuai dengan produk yang dijual. Contohnya, jika klien Anda menjual sepatu kulit, maka buatlah judul pusat sepatu kulit berkualitas. Selipkan kalimat ini di kode judul HTML agar bisa terdeksi oleh search engine.


2. Beri saran dan pilihan pada klien

Ketahuilah bahwa bisnis serta kebutuhan dari klien berbeda, jadi jangan samakan satu dengan yang lainnya. Buat beberapa portofolio serta contoh konten yang dapat digunakan oleh klien. Berikan saran yang berguna untuk mengembangkan bisnis klien Anda. Tanyakan apa yang dicari oleh klien serta produk apa yang ingin diciptakan. Konsultasikan pada klien setiap Anda menciptakan suatu konten baru agar klien tahu bahwa Anda benar-benar serius untuk membantunya. 


3. Susun informasi dengan teratur

Mayoritas orang suka dan akan lebih tertarik jika melihat suatu informasi sudah tersusun rapi dan dapat memudahkan mereka untuk melihat-lihat. Jadi, susunlah informasi produk klien Anda dengan rapi di website. Hal ini akan mempengaruhi popularitas website berdasarkan lamanya pengunjung menjelajahi website. Jika banyak orang yang betah di website tersebut, search engine akan mengetahuinya dan akan memberikan poin lebih. Website klien Anda perlahan akan naik ke daftar teratas di pencarian. 


4. Pahami apa yang dicari oleh pelanggan

Cari tahu kata-kata apa yang biasa diketik oleh pelanggan di search engine. Contohnya, klien menjual baju grosir yang murah. Mungkin pelanggan tidak langsung mengetik baju grosir, bisa saja mereka mengetik persediaan baju murah atau fashion murah. Setelah mengetahui ciri-ciri pelanggan, Anda bisa menyelipkan kata-kata seperti Grosir Baju Fashion di isi website. Jika apa yang pelanggan cari bertautan dengan isi website, searh engine akan semakin memperhitungkan website klien Anda.


5. Selalu perbaharui informasi

Seperti halnya makanan, tanggal kadaluarsa juga berlaku di informasi. Search Engine akan menilai seberapa aktif sebuah website memberikan informasi terbaru. Jika search engine menilai bahwa informasi yang diberikan sudah terlalu lama dan tidak pernah diperbaharui lagi, skor yang diberikan menjadi rendah. Selalu update informasi yang ada dengan memberi tahu pelanggan tentang produk atau inovasi terbaru yang disediakan oleh klien Anda. Namun, jangan asal memberikan informasi, tetaplah relevan dan sesuai dengan ciri khas website klien Anda.


6. Komunikasi dengan pelanggan

Berusahalah berinteraksi dengan pelanggan, karena hal ini juga merupakan salah satu poin yang dinilai oleh search engine. Jika semakin banyak pelanggan yang membicarakan tentang situs klien Anda, maka search engine akan memberikan poin lebih. Search Engine akan mendeteksi bahwa website klien Anda dikunjungi dan disukai oleh banyak orang. Hasilnya, website klien akan diletakkan diatas karena isinya dianggap berkualitas. Namun, jangan membuat-buat atau membeli pengunjung palsu, search engine dapat mendeteksi hal ini dan membuat poin situs berkurang. 


7. Buatlah suatu fenomena yang berbeda

Manfaatkan situs-situs lain untuk memperkenalkan situs klien. Ciptakan suatu fenomena yang relevan dan nyata, seperti klien Anda adalah orang pertama yang berhasil memasukkan ponsel kedap air. Hal ini akan menarik minat para pemilik situs dengan reputasi baik serta media online lainnya untuk menyebarkan berita tersebut. Semakin banyak situs luar yang membahas tentang website klien, maka semakin tinggi nilai yang diperoleh. Reputasi website juga akan semakin baik karena banyak website terpercaya lainnya yang merekomendasikan website klien Anda.


8. Buat mesin pencari temukan Anda

Bisnis SEO adalah sebuah bisnis yang tidak dapat dilepaskan dari mesin pencari atau search engine. Ketahuilah bahwa mesin pencari memproses puluhan juta informasi yang masuk setiap harinya dari seluruh dunia. Mesin pencari hanya melihat sekilas dan menyaring apa yang dia dapatkan. Jadi, selalu selipkan dan tonjolkan apa yang utama dari situs Anda. Meskipun situs berkualitas, mesin pencari tidak akan menemukannya jika Anda, tidak berintegrasi dengan elemen-elemen yang dicari. 

Tetaplah konsisten dan penuhi ekspektasi dari klien. Selalu cek perkembangan website klien agar hasil yang diperoleh maksimal. Klien sangatlah penting karena mereka bisa merekomendasikan Anda kepada orang lain. Jangan pernah berhenti belajar dan berinovasi. Perbanyak mengunjungi situs-situs untuk memahami hal dan susunan seperti apa yang disukai oleh pelanggan. 
Diberdayakan oleh Blogger.