Header Ads

Breaking News
recent

7 Kelemahan Berbinis Online Shop

Hampir semua usaha tentunya memiliki keunggulan dan juga kelemahan. Semua orang yang melakukan usaha baik usaha individu ataupun kelompok akan mengalami kelebihan serta kelemahan dari pekerjaan atau usaha yang tengah dilakukan. Ini merupakan hal yang wajar dan tidak dapat dihindari. Dalam suatu keuntungan tentunya juga memiliki kelebihan di belakang ataupun di sampingnya. Namun ini semua tergantung dengan orang yang menindaklanjuti kelemahan atau kelebihan yang dialaminya tersebut.


Melakukan suatu usaha jelas tidak terlepas yang namanya kelemahan dari pekerjaan yang dilakukan. Disamping itu, terkadang kebanyakan orang akan merasa bosan dan cepat mengeluh ataupun menyerah dengan kelemahan dalam usahanya. Dalam menghadapi suatu kelemahan tentunya harus dengan kepala dingin serta hindari emosi supaya semuanya tenang dan baik-baik saja. Selain itu, harus diperlukan trik khusus supaya kelemahan dapat ditaklukkan.

Begitupun dengan berbisnis online, bisnis online shop juga memiliki kelemahan-kelemahan yang tentunya dapat ditangani dengan mudah asalkan memiliki strategi untuk menaklukkan kelemahan yang terdapat dalam bisnis online shop. Berikut merupakan kelemahan yang dapat ditangani dengan mudah, antara lain:


Masih ada keragu-raguan yang berkembang di masyarakat

Keraguan dari masyarakat jelas ini didapatkan karena saat ini telah marak para pengguna bisnis online yang menggunakan bisnisnya untuk alasan penipuan semata. Sehingga banyak para masyarakat yang curiga serta waspada ataupun ragu dari bisnis online yang dijalankan. Dengan ini, produk yang diciptakan pun akan ikut diragukan oleh para masayarkat sekitar.

Namun hal demikian bukan semuanya dilakukan oleh para pebisnis, ada juga pebisnis yang melakukan bisnisnya dengan disiplin serta menghargai masyarakat. Hal ini sering menjadi kewaspadaan para calon pembeli yang akan membeli produk bisnis online yang tengah dijalankan.

Hal keraguan yang berkembang di masyarakat ini dapat diminimalisasi dengan banyak cara diantaranya adalah memberikan informasi yang layak dan nyata serta tidak menimbulkan pertanyaan atau kecanggungan terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendekatan dengan berbagai cara kepada para konsumen baik itu memberikan diskon atau sebagainya supaya para konsumen percaya akan produk dan bisnis yang dijalankan sehingga akan lebih mudah mendapatkan pelanggan dan tentunya produk tidak banyak diragukan masyarakat lagi.


Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah-ubah

Dalam melakukan suatu bisnis terutama bisnis online tentunya yang menjadi kendala berikutnya adalah biaya pengiriman. Semakin jauh lokasi konsumen yang akan dikirimi barang pesanannya maka akan semakin mahal pula biaya pengiriman yang akan dikeluarkan. Biaya pengiriman tentunya tidak sedikit dan tidak konstan karena hampir tiap tahun bahkan kurang dari satu tahun biaya pengiriman selalu meningkat dan tidak stabil.

Namun adakalanya seorang pebisnis mendapatkan keuntungan biaya pengirimannya relatif lebih murah dari biasanya, akan tetapi ini sangat jarang ditemukan. Biasanya waktu-waktu seperti ini ditemukan saat deposit pendapatan negara naik sehingga akan menguntungkan sekali bagi para pedagang ataupun pebisnis online yang akan mengirim barang kepada para konsumennya.

Naik atau turunnya biaya pengiriman memang tidak dapat diperkirakan bahkan tidak dapat dihitung kenaikan atau penurunannya dengan stabil, akan tetapi ada cara tersendiri untuk menanggulangi masalah seperti ini yaitu dengan memperkirakan waktu-waktu kapan deposit negara akan naik ataupun dengan mengemas barang dalam kemasan yang semini mungkin sehingga pengiriman tidak perlu butuh double cost.


Beberapa jasa pengiriman tidak melayani kiriman ke daerah tertentu

Selain kelemahan diatas, ada juga kelemahan yang terdapat pada jasa pengiriman barang. Terkadang suatu jasa pengiriman barang tidak melayani pengiriman barang di lokasi ataupun daerah-daerah tertentu. Ini akan sangat menjadi kendala bagi para pebisnis online yang memang mempunyai pelanggan dari daerah yang tidak tercantum di daerah jasa pengiriman barang namun harus mengirim barang secepatnya. Hal seperti ini yang sering ditakuti oleh hampir semua kalangan pebisnis online besar.

Kelemahan yang satu ini memang sangat menjadi kendala yang susah untuk dipecahkan apalagi jika seorang pebisnis berada di daerah tertentu yang memang hanya menjangkau di satu jasa pengiriman saja. Demikian jelas akan merugikan para pebisnis karena tentunya harus mengirim barang yang dipesan secara spesifik baik dari transportasi dengan mengirimkan petugas ataupun yang lain yang sekiranya lebih membutuhkan banyak uang.

Akan tetapi kelemahan seperti ini setidaknya dapat diminimalisasi dengan mempunyai berbagai cabang jasa pengiriman sehingga cabang jasa tidak hanya satu namun terletak di berbagai daerah sehingga akan lebih mudah untuk menanggulangi jika suatu saat terjadi kendala seperti ini.


Biaya koneksi internet di Indonesia masih terbilang mahal

Di Indonesia biaya akses internet masih tergolong mahal, berbeda dari negara-negara lain yang memang sudah maju dengan mengutamakan koneksi internet sehingga akan lebih mudah dalam mengupdate sesuatu tanpa harus susah-susah mencari koneksi internet yang mahal dan tidak semua area memiliki. Di negara-negara lain terutama negara yang maju, koneksi internet tersambung hampir setiap area sehingga akan memudahkan masyarakat untuk berinteaksi dengan berbagai informasi di dunia maya.

Kendala seperti ini jelas menjadi suatu kelemahan tersendiri untuk para pebisnis online di Indonesia karena bisnisnya harus didasari dengan koneksian internet dimana koneksi internet di Indonesia masih mahal dan tentunya masih minim. Namun hal ini dapat diminimalisir dengan mempunyai media tersendiri untuk koneksi internet misal memasang wi-fi atau memiliki modem sendiri sehingga kan semakin mudah dan lebih menghemat biaya.


Susah meyakinkan diri untuk mengeluarkan modal

Modal adalah hal terpenting yang harus dipenuhi untuk setiap usaha yang akan atau tengah dijalankan. Memang modal yang dibutuhkan saat akan melakukan suatu investasi usaha ataupun yang lain tidak sedikit, hal ini yang sering menjadi bahan pertimbangan para pebisnis online untuk mengeluarkan modal ataupun tidak.

Tentunya modal juga merupakan suatu pondasi usaha untuk menjalankan usaha bisnisnya. Dalam mengeluarkan modal haruslah yakin dengan modal yang akan dikeluarkan pasti akan mendapatkan keuntungan. Jangan sekali-kali canggung dalam mengeluarkan modal karena hal demikian jelas akan menurunkan mental Anda dalam melakukan investasi usaha ataua produk.


Waktu untuk belajar bisnis online lama

Belajar berbisnis online memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus telaten dan tentunya sabar dalam menghadapi segala hambatan ataupun kelemahan. Belajar berbisnis online tidak cukup hanya sekedar saja atau hanya dalam waktu yang relatif singkat. Hal demikian yang biasanya membuat bosan para calon pebisnis online shop dan kebanyakan dari mereka akan menganggap bisnis online shop adalah bisnis yang membutuhkan waktu lama serta susah.


Awal memulai bisnis online biasanya membutuhkan waktu yang banyak

Memulai suatu bisnis memang tidak segampang dengan apa yang dipikirkan, berbisnis terutama bisnis online shop tentunya juga harus menanamkan pondasi kuat terebih dahulu supaya bisnis yang akan dijalankan tertata dengan pasti. Untuk itu, diperlukan waktu yang relatif lama untuk membentuk pondasi yang kuat dari bisnis online shop. Hal ini jelas akan menghabiskan banyak waktu dan bagi para pebisnis yang memang memilih untuk instan biasanya merasa tidak sabar dan menganggap binis online tidak cocok dengan apa yang ada dalam dirinya.

Demikian sekilas uraian tentang kelemahan dalanm berbisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.