Header Ads

Breaking News
recent

4 Tips Bisnis Waralaba Dengan Modal Kecil


Sering kali Anda bingung menentukan jenis usaha yang akan ditekuni. Terutama jika modal yang Anda punya tidaklah besar. Jalan alternatif untuk memulai usaha tersebut yaitu dengan memilih bisnis waralaba. Banyak orang yang berpendapat bahwa bisnis waralaba membutuhkan modal yang sangat besar. Untuk memulai bisnis rumah makan siap saji saja diperlukan dana puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Maka dari itu Anda harus cerdik dalam memilih jenis usaha waralaba tersebut.

Dewasa ini bisnis waralaba dengan modal kecil tetapi keuntungannya sangat menjanjikan sangat marak dibicarakan. Namun sebelum menekuninya, Anda harus memilih dan mengetahui jenis usaha yang cocok dengan modal Anda.


Selain ketelitian, banyak faktor-faktor lain yang harus diperhatikan. Sudah banyak pengusaha yang memulai bisnis waralaba dengan modal kecil tetapi dapat meraih sukses yang besar. Untuk memulainya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam bisnis tersebut. Inilah beberapa tips untuk menjalankan bisnis waralaba dengan modal kecil.


Pilih jenis usaha sesuai dengan modal

Jika Anda memiliki modal awal dan modal cadangan yang kecil yaitu antara 4 hingga 8 juta rupiah, janganlah berkecil hati untuk memulai bisnis waralaba. Tentu saja harus menyesuaikan modal dengan jenis usaha tersebut.

Ada beberapa jenis bisnis waralaba dengan modal tersebut. Biasanya perusahaan waralaba ini membuat produk-produk yang dibuat oleh tangan sendiri. Diantaranya ada produk pakaian jadi dari rajutan, sepatu atau sandal, makanan dan minuman dan sebagainya.

Anda dapat memilih jenis usaha dalam bidang kuliner atau makanan dan minuman. Saat ini banyak sekali bisnis waralaba makanan dan minuman unik yang bisa dipilih. Misalnya minuman olahan kopi dengan berbagai rasa yang unik ataupun makanan yang diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan bercita rasa tinggi.

Meskipun modal yang Anda keluarkan terhitung kecil, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan keuntungan yang besar. Bisnis waralaba kuliner unik akan berkembang cepat, karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer sehingga akan berlangsung penjualan setiap harinya.


Pilih perusahaan yang sudah ternama

Pencitraan sebuah perusahaan waralaba sangatlah penting. Pencitraan atau kredibilitas sangat berpengaruh dalam semua bidang bisnis terutama waralaba. Melihat dan memilih perusahaan yang baik bisa dilihat dari respon pasar atas produk yang dijual. Lama atau baru perusahaan tersebut berdiri tidak menjadi faktor utama dalam penilaian pencitraan.

Maka dari itu, pilihlah perusahaan yang ternama di kalangan masyarakat luas. Jika banyak masyarakat atau konsumen yang sudah mengenal produk perusahaan tersebut, secara otomatis produk tersebut sangat baik dan sangat digemari. Terutama dalam bisnis waralaba kuliner, karena jika produk tidak dikenal bisa saja produk tersebut tidak disukai para konsumen.

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah produk kuliner tidak dikenal. Mulai dari rasa yang tidak enak, sehingga konsumen enggan kembali lagi untuk membeli dan kabar itu meluas dari mulut ke mulut. Faktor berikutnya bisa saja karena pelayanan yang buruk. Pelayanan yang buruk bisa menjadi faktor penyebab konsumen kapok untuk membeli lagi produk di tempat tersebut.

Faktor yang terakhir adalah pemasaran. Jika sebuah perusahaan mempunyai produk makanan yang enak dan pelayanan yang baik, maka selanjutnya lakukanlah pemasaran secara luas. Jika sebuah perusahaan tidak melakukan pemasaran dan promosi secara meluas, maka untuk membuat produk tersebut dikenal masyarakat sangatlah kecil.

Jadi pilihlah perusahaan waralaba yang sudah dikenal dan mempunyai pencitraan yang baik agar peluang kesuksesan terbuka lebar.


Sesuaikan segmen pasar

Setelah memilih perusahaan waralaba yang akan Anda tekuni, selanjutnya yaitu melihat segmen pasar. Faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah sasaran konsumen yang akan Anda bidik serta tempat usaha yang sesuai dengan jenis produk yang akan dijual.

Anda harus menentukan sasaran utama konsumen apakah anak-anak, remaja, dewasa atau semua umur. Selain faktor usia, yang harus diperhatikan yaitu tempat usaha. Jika sasaran utama adalah anak-anak, Anda dapat menjual produk makanan dan minuman tersebut di tempat yang berdekatan dengan Sekolah Dasar atau Taman kanak-kanak. Jika sasaran utama adalah remaja dan dewasa, Anda dapat menjual produk tersebut di sekitar Sekolah Menengah atau Universitas.

Selain Sekolah dan Universitas, Anda bisa menjual produk di tempat-tempat yang strategis. Misalnya saja dekat dengan perkantoran, dekat dengan pusat perbelanjaan atau bisa saja menjual produk di pusat kota. Tempat adalah salah satu faktor penentu penjualan produk. Tidak menutup kemungkinan jika tempatnya strategis, akan semakin banyak dikenal banyak orang dengan penjualan yang tinggi. Dan keuntungan yang didapatkan akan semakin besar.


Pemasaran

Promosi dan publikasi adalah salah satu faktor terpenting dalam bisnis waralaba. Anda harus memiliki strategi yang kuat untuk memperkenalkan produk makanan atau minuman yang dijual. Salah satu bentuk promosi yang mudah dan efektif ialah melalui media sosial.

Anda bisa mempromosikan produk melalui twitter, instagram, facebook dan media sosial lainnya. Anda harus mengemas iklan di media sosial tersebut dengan sangat menarik. Misalnya dengan desain gambar yang yang bagus serta kalimat-kalimat yang menarik.

Selain melalui akun media sosial, Anda bisa melakukan promosi langsung kepada konsumen dengan cara memperkenalkan dan menjual produk di acara-acara tertentu. Sekarang sudah banyak acara yang menyewakan stand makanan dan minuman. Misalnya saja pada saat acara free day, acara culinary night. Atau Anda bisa memasarkan produk di pentas seni sekolah-sekolah. Dengan demikian, produk akan semakin dikenal oleh para konsumen.

Bisnis waralaba dengan modal kecil di bidang makanan dan minuman merupakan bisnis yang menjanjikan bukan? Namun pilihlah perusahaan waralaba sesuai dengan faktor-faktor di atas. Peluang keuntungan dan kesuksesannya akan lebih besar. Janganlah merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru dengan modal kecil. Tanamkan jiwa kewirausahaan dalam diri Anda untuk meraih sebuah kesuksesan.

Demikian artikel tentang tips-tips berbisnis waralaba dengan modal yang sedikit. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.