Header Ads

Breaking News
recent

7 Tips Dapatkan Pelanggan Bisnis Waralaba


Akhir-akhir ini di sepanjang jalan maupun di sudut-sudut jalan banyak ditemui bisnis baru dengan nama bisnis waralaba. Sederhana, tepat sasaran, dan mudah adalah tiga kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana bisnis waralaba berjalan. Bisnis waralaba dapat dikatakan sederhana karena dalam proses kerjanya tidak memerlukan ruang yang luas atau harus menyewa ruko dengan harga yang cukup tinggi, karena bisnis waralaba hanya memerlukan lahan kecil untuk tempat tenda atau gerobak didepan rumah-rumah, toko maupun waralaba.

Tepat sasaran dan mudah karena biasanya bisnis waralaba mengambil lokasi di tempat-tempat umum seperti wilayah kampus, alun-alun, dan di dekat sekolahan maupun taman. Namun, dari keuntungan diatas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis waralaba salah satunya adalah promosi.


Dalam berbisnis, promosi merupakan hal yang sangat diperlukan karena untuk menunjang proses berbisnis itu sendiri. Dimana dengan promosi orang-orang akan cepat mengerti dan mengenali produk apa yang akan dijual, sehingga akan memudahkan proses penjualan produk. Dengan promosi tentunya akan sangat berguna sebagai bekal untuk mengekspansikan bisnis waralaba ini. Berikut ini adalah tips tepat bagaimana menjalankan promosi untuk bisnis waralaba:


Gunakan media sosial

Dalam era serba komunikasi dan teknologi seperti ini, promosi menggunakan Social media adalah sarana paling efektif dan efisien. Dengan menggunakan media sosial, produk dari bisnis waralaba akan lebih mudah untuk menjangkau ke seluruh bagian masyarakat baik, pelajar, pekerja maupun anak-anak bahkan orang tua.

Media sosial yang digunakan pun dapat berbagai macam sesuai dengan kebutuhan seperti Facebook dan Twitter untuk kalangan anak-anak dan pelajar. Instagram untuk mengunggah foto-foto tentang produk bisnis waralaba serta yang lain seperti BBM, path, Whatsapp, Line dan lain-lain. Selain itu, dapat pula menggunakan log tak berbayar seperti tumblr dan blogspot.


Media partner

Berbeda dengan media sosial yang keseluruhan proses dijalankan sendiri dalam mengoperasikannya, dengan media partner kita hanya akan menyerahkan bahan tentang bisnis waralaba yang nantinya akan di promosikan oleh pihak media partner. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan karena jam kerja tidak akan terganggu hanya dengan mengisi media sosial saja, tetapi akan fokus dengan pekerjaan yang lain dalam bisnis waralaba.

Media partner juga akan memudahkan dalam promosi karena media partner memiliki jaringan yang lebih luas ke semua lapisan masyarakat sehingga produk kita akan lebih cepat terinfokan. Dalam hal durasi promosi media partner terus berupaya untuk setiap waktu memberitakan atau mempromosikan apa yang menjadi tugas dari bahan promosi.


Gunakan selebaran

Promosi jenis ini termasuk dalam promosi cara lama namun masih terasa ampuh. Mengapa? Karena dengan memberikan selebaran orang-orang yang sibuk setidaknya akan membaca ketika selebaran itu dibagikan, karena bagi mereka membuka sebuah alamat situs akan terasa sedikit menghemat waktu, maka tidak ada salahnya untuk mencoba tips yang satu ini.

Selebaran juga dapat kita tempelkan untuk jangka waktu yang lama seperti di mading tempat umum, kota, kampus maupun ditempat pemberhentian bus dan kereta.


Banner atau spanduk

Berbeda dengan selebaran, banner atau spanduk mungkin lebih menyita keuangan namun dengan banner dan spanduk maka promosi akan berjalan maksimal, banner atau spanduk dapat ditempatkan diatas tempat bisnis waralaba maupun ditempat umum. Untuk menekan biaya pembuatan banner ampun spanduk dapat dibuat dengan ukuran yang sederhana dan lebih kecil.


Person to person

Person to person adalah kondisi dimana seseorang memberikan info kepada seseorang yang lain, kondisi ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk dijadikan sebagai bahan promosi. Dengan memberikan promosi seperti ini maka lawan bicara akan lebih percaya dengan informasi yang diberikan karena biasanya informasi didapatkan oleh seseorang yang dianggapa dekat atau tepercaya.


Bisnis waralaba akan lebih mudah tersampaikan dengan baik dan menyebar dengan cepat karena rata-rata setiap satu orang akan menyampaikan informasi kepada 4-5  orang. person to person dapat juga dilakukan dengan cara sms maupun telepon. Karena di jaman seperti sekarang ini sms dan telepon adalah hal pribadi yang memastikan hanya orang yang bersangkutanlah yang menerima sehingga akan lebih tepat sasaran.


Berikan diskon

Diskon atau potongan harga adalah salah satu ajang promosi yang paling cepat dalam mempromosikan satu produk dalam bisnis waralaba. Adanya diskon tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pelanggan karena selain penasaran diskon akan memperkuat keinginan calon pelanggan.

Calon pelanggan akan tertarik untuk mencoba tanpa berpikir dua kali. Namun, perlu di garis bawahi untuk diskon ini tentunya gunakan trik dan tips tertentu untuk menjadikan diskon sebagai bahan promosi karena, jika salah menggunakannya maka akan menjadi boomerang bagi bisnis waralaba.


Terapkan 3S (salam, senyum, sapa)

3S atau sering dikenal dengan istilah salam, senyum, sapa adalah salah satu cara promosi dengan pendekatan emosional, dengan menerapkan sistem ini calon pelanggan akan merasa tersentuh dan tertarik untuk mencoba. Maka, pada saat penjualan jangan pernah membiasakan untuk melakukan salam, senyum, sapa demi mendapatkan calon pelangggan.

3S tidak hanya diterapkan di tempat menjalankan bisnis waralaba saja, tapi pada saat promosi harus menggunakan 3S mulai dari pada saat promosi dalam media sosial seperti facebook, twitter,, path all dan juga pada konten isi selebaran, bannner maupun spanduk. 3S ini lebih utama diterapkan pada saat promosi person to person, karena  proses ini akan sangat mennghasilkan jika dilakukan dengan baik dan benar.

Masih ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis waralaba yang akan dijalankan, namun tentunya hal-hal diatas adalah beberapa hal yang wajib untuk dicoba. Karena sejatinya terkenalnya bisnis waralaba adalah tergantung bagaimana seseorang itu menjalankan. Tetap berusaha dan terus berjalan adalah kuncinya.

Demikian artikel tentang tips untuk mendapatkan pelanggan dalam bisnis waralaba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya para pebisnis yang menggelluti dunia bisnis waralaba. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.