Header Ads

Breaking News
recent

8 Cara Menarik Konsumen Online Shop

Dalam melakukan bisnis online shop tentunya tidak seperti melakukan bisnis perdagangan secara nyata dimana penjual berinteraksi langsung dengan pembeli. Berbisnis online shop adalah berbisnis dengan cara menjual barang yang pemasarannya ditampilkan dalam web internet sehingga penjual tidak dapat berinteraksi langsung dengan pembeli. Ini terkadang membuat para pembeli kesulitan dalam mempercayai suatu produk online shop.

Berbisnis online shop memang tidak semudah yang dibayangkan. Hanya dengan memasarkan lewat postingan mereka akan dengan mudah memperoleh banyak pelanggan yang tentunya akan membeli produk yang telah dipasarkan. Untuk mendapatkan banyak pelanggan tentunya harus memiliki langkah-langkah khusus supaya para pelanggan tertarik dengan produk yang dipasarkan sehingga persentase pelanggan untuk membeli sangat besar.

Namun cara untuk menarik minat konsumen sangat mudah asalkan mempunyai langkah-langkah atau metode yang khusus untuk dijalankan dalam bisnis onlinenya. Dengan memiliki berbagai langkah tentunya sistem pemasaran akan tertata secara teratur sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak konsumen. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk pebisnis online supaya mendapatkan banyak konsumen 
diantaranya:


1. Tentukan target konsumen

Bagi seorang pebisnis online shop, menentukan target konsumen adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan menentukan target konsumen maka akan lebih mudah untuk menjalankan bisnis sesuai dengan target yang telah ditentukan. Misalnya dalam sebulan harus memperoleh konsumen minimal seratus orang dengan umur di atas 20 tahun atau yang lainnya. Semua target ini tergantung inisiatif pebisnis sendiri dan semakin baik kreasi yang ditargetkan maka berjalannya bisnis akan semakin lancar sehingga akan lebih mudah mendapatkan konsumen yang bayak dalam waktu yang relatif singkat.


2. Cantumkan informasi produk dalam iklan

Ini adalah hal penting yang harus dilakukan oleh para pebisnis online shop dalam melakukan pemasaran ataupun membuat iklan yang nantinya akan ditampilkan. Informasi produk tentunya sangat penting dan harus dicantumkan, karena ini berhubungan dengan ketertarikan pelanggan yang akan membeli. Usahakan untuk memberikan informasi mengenai keunggulan produk ataupun keunikan produk serta manfaatnya, karena hal ini yang paling banyak ingin dimengerti oleh mayoritas pelanggan.


3. Layani konsumen dengan baik

Ini nampaknya adalah hal yang sepele namun jika tidak diperhatikan akan menjadi dampak yang besar bagi perkembangan serta berjalannya bisnis online. Melayani konsumen dengan baik tentunya bukan hal yang mudah walaupun sebenarnya terlihat sangat mudah. Dalam melayani konsumen harus diperlukan cara yang tepat untuk menghindari komplain pembeli.

Sering kali banyak para pebisnis yang mengabaikan pelayanan konsumen dengan baik, terkadang ada yang cuek namun ada yang diperhatikan lebih sehingga ini akan menimbulkan persepsi yang jelek di mata para pelanggan. Usahakan untuk bersikap adil dengan sesama pelanggan sehingga bisnis Anda akan disenangi oleh banyak konsumen. Bukan hanya itu, melayani konsumen dengan baik akan semakin membuat bisnis Anda terkenal luas sehingga untuk mendapatkan konsumen yang banyak dalam waktu singkat akan semakin mudah.


4. Saat membuat iklan gunakan gaya bahasa yang memikat

Gaya bahasa adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis online shop yang akan membuat iklan untuk dipasarkan di dalam media internet. Gaya bahasa inilah yang mayoritas akan menarik minat para pelanggan untuk membeli produk yang dipasarkan. Dengan menggunakan gaya bahasa yang santun, sopan dan menarik maka akan semakin mudah dalam memikat hati para pelanggan karena mayoritas pelanggan akan tertarik dengan hanya membaca iklan yang dipostingkan.


5. Tambahkan foto dan video dalam iklan

Ini adalah langkah yang tepat untuk lebih menarik hati para konsumen. Dengan menambahkan foto maupun video dalam iklan yang diposting tentunya para pelanggan akan semakin mudah dalam menaruh kepercayaan bisnis Anda terutama terhadap barang yang ditawarkan, sehingga pelanggan akan cepat tertarik dan kemungkinan besar akan membelinya.

Di samping itu, menambahkan foto dan video juga akan mengembangkan system berjalannya bisnis yang dilakukan karena bisnis akan terkenal dengan cepat sehingga untuk menarik para konsumen akan semakin mudah. Dengan ini, pelanggan bisnis online shop yang Anda kelola akan meningkat drastis dalam waktu yang relatif singkat.



6. Tuliskan deskripsi produk dengan lengkap

Tips penting selanjutnya yang harus dilakukan saat membuat iklan adalah menuliskan deskripsi produk dengan lengkap. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan para konsumen untuk mengetahui seluk beluk produk yang ditawarkan tanpa harus bertanya langsung kepada pemilik produk. Mendeskripsikan produk juga sangat penting untuk memikat hati para pelanggan karena semakin rinci deskripsi produk yang dituliskan maka akan semakin mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga akan mudah untuk merekrut banyak konsumen walaupun hanya memasarkan di dunia online saja.

Selain hal di atas, mendeskripsikan produk juga sangat membantu para konsumen untuk mengetahui manfaat daripada produk yang ditawarkan sehingga akan meminimalisasi terjadinya kesalahpahaman akan penipuan. Terkadang para pebisnis online cenderung dikatakan penipuan karena produk yang diinginkan tidak sesuai dengan yang ada di gambar karena pebisnis online shop tidak memberikan pendeskripsian produk dengan detail. Untuk itu, mendeskripsikan produk sangat penting dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kesalahpahaman.


7. Respon pelanggan dengan cepat

Langkah yang ini sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan merespon pelanggan secara cepat otomatis pelanggan akan menaruh hati untuk membeli produk yang ditawarkan daripada merespon pelanggan dalam waktu yang lama karena hal ini justru akan menimbulkan persepsi yang tidak enak dalam pelanggan, misal tidak dihargai, diacuhkan atau hal-hal buruk lain yang sekiranya berkaitan dengan bisnis yang tengah dijalankan.


8. Pilih judul yang sesuai dalam pengiklanan

Pemberian judul juga sangat berpengaruh terhadap laku atau tidaknya produk yang dipasarkan. Biasanya yang dibaca oleh para pelangan judulnya terlebih dahulu, jika sudah tertarik dengan judul maka baru akan membaca isinya. Untuk itu, pilihlah judul yang sesuai dan gunakan kata-kata yang menarik dalam membuat judul sehingga akan lebih mudah menarik minat para pelanggan.

Demikian sekilas uraian tentang cara menarik konsumen di bisnis online shop, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para pembaca. Sekian, terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.