Header Ads

Breaking News
recent

6 Trik Jitu Bisnis Online Shop

Teknologi bukan lagi merupakan kebutuhan tersier, melainkan sudah menjadi kebutuhan primer. Contoh yang paling sederhana dari fenomena teknologi adalah hadirnya internet pada telepon genggam atau biasa disebut smartphone (telepon pintar). Smartphone sudah menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan yang dituntut untuk bermobilisasi secara cepat. Bangun di pagi hari, mungkin kegiatan yang pertama Anda lakukan adalah mengecek pesan pada telepon genggam, membuka Path, e-mail, atau Facebook. Sebuah fenomena yang baru jika dibandingkan dengan era tahun 90-an, dimana telepon genggam berinternet masih tergolong kebutuhan tersier, bahkan merupakan barang yang mewah.

Era serba internet ini pun kemudian digunakan oleh pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Online shop merupakan salah satu contoh penjualan barang melalui internet. Namun, kebanyakan pelaku usaha online shop menjual pakaian dan tas impor, sedangkan hasil produksi bisnis konveksi buatan dalam negeri kebanyakan dipasarkan langsung di toko besar. Padahal sarana penjualan melalui internet sangat bermanfaat bagi pengembangan usaha dalam negeri, khususnya usaha bisnis konveksi pakaian dan tas. Berikut manfaat internet dalam bisnis konveksi:



1. Ikuti perkembangan tentang mode fashion

Mode fashion selalu berubah dan biasanya hanya berputar dari jaman ke jaman. Meskipun mode hanya berputar, tetapi mengetahui mode fashion yang sedang trend sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha konveksi. Tidak perlu mencari tahu trend secara langsung di pasar atau membeli buku fashion. Cukup dengan mencari tahu melalui internet, semua informasi pasti didapatkan. 

Seiring perkembangan jamandengan menggunakan smartphone, Anda dapat mencari tahu trend fashion yang sedang beredar. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi. Namun, akan lebih menantang jika dapat menjadi trend baru dalam membuat mode fashion. Informasi trend fashion dari internet menjadi bahan untuk membuat trend mode baru pada produksi pakaian atau tas.


2. Ikuti perkembangan tentang jenis kain dan peralatan konveksi

Bukan hanya model pakaian atau tas yang selalu berkembang, jenis bahan yang digunakan pun biasanya juga berubah. Misalnya, bahan suede yang sempat menjadi trend di kalangan pembuat sepatu dan bahan spandek atau siffon yang masih menjadi trend bahan pakaian saat ini. Selain itu, kecanggihan peralatan dalam usaha konveksi pun turut meningkat dari hari ke hari. 

Oleh karena itu, internet sangat bermanfaat bagi yang ingin menjalankan maupun mengembangkan bisnis konveksi untuk mencari informasi tentang perkembangan trend jenis kain, bahan, dan peralatan usaha konveksi. Anda pasti tidak ingin pengerjaan pakaian atau tas buatan Anda memakan waktu lama karena masih menggunakan mesin jahit manual, bukan? 


3. Jelajah daerah pasar yang lebih menguntungkan

Daerah pasar sangat penting bagi pelaku usaha. Sasaran dan tempat penjualan produk merupakan bagian dari segmen pasar yang harus dipertimbangkan. Dengan menggunakan internet, Anda dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar yang potensial. Misalnya, tas jinjing sedang kembali trend. Anda dapat jadikan wanita muda dan karyawati sebagai sasaran pasar Anda.

Sebaliknya, justru bisa mencari sasaran yang justru jarang diminati oleh para pelaku usaha konveksi. Jika Anda melihat bahwa banyak pelaku usaha konveksi yang membuat tas untuk wanita, Anda bisa memproduksi untuk kalangan pria. Terkadang, produksi yang tidak serupa dengan yang diproduksi oleh pelaku usaha lainnya, justru akan membuat usaha yang dijalankan laris, karena Anda merupakan salah satu dari sedikit pelaku usaha yang memproduksi barang tersebut. Informasi-informasi demikian sangat banyak dan mudah dijumpai di internet. 


4. Promosi barang semakin luas

Ini merupakan keunggulan paling terasa yang diberikan internet. Anda mungkin baru saja membuka usaha konveksi atau konveksi rumahan. Internet merupakan sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan usaha. Lewat iklan kepada teman dan keluarga dekat, dapat meminta tolong kepada mereka untuk menyebarluaskan iklan usaha Anda. Facebook, Twitter, Instagram, Path, Pinrest, dan blog juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi produk Anda. 


Sebaiknya dalam membuat iklan, Anda mencantumkan testimoni dari beberapa konsumen awal. Testimoni dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas promosi, terlebih bagi pelaku usaha konveksi yang baru membuka usahanya. Perbanyak media sosial yang Anda miliki dan perluas jaringan pertemanan atau jaringan untuk meningkatkan promosi produk.


5. Komunikasi dengan pelanggan lebih cepat

Jika promosi sudah berjalan dengan efektif, komunikasi dengan pelanggan dan calon konsumen sangat penting dijalin dengan baik. Melalui internet, komunikasi semakin lancar dan murah. Namun, keramahan dalam merespon pelanggan tetap merupakan hal yang wajib dilakukan. Itulah konsekuensi dari komunikasi yang cepat melalui internet. Semakin mudah melakukan transaksi jual beli, maka semakin cepat pula harapan konsumen untuk ditanggapi. Jangan sampai respon lambat atau perkataan Anda yang kurang sopan kepada pelanggan menjadi masa depan yang buruk bagi usaha konveksi Anda. 


6. Cari informasi tentang persaingan usaha

Pelaku usaha di bidang konveksi bukan hanya Anda atau segelintir orang saja, tetapi ribuan atau mungkin puluhan ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Persaingan pasar pun selalu terjadi. Bagi yang tidak mampu bersaing, siap-siap untuk gulung tikar. Maka dari itu, pelaku usaha harus selalu mengikuti perkembangan tentang persaingan pasar konveksi. Seperti halnya mengetahui dunia dan keinginan pasar, internet juga bermanfaat untuk memetakan segala aspek usaha, mulai dari sasaran, banyaknya pesaing usaha konveksi di daerahnya, jenis konveksi yang digeluti oleh mereka, dan distribusi yang dilakukan oleh mereka. 

Dalam hal ini, pemerintah telah memberikan informasi yang cukup memadai tentang persaingan pasar melalui data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi dan UKM. Informasi-informasi terkait jumlah pelaku usaha, jenis usaha di dalam negeri, dan persaingan pasar dapat diperoleh dari situs-situs pemerintah tersebut melalui internet. 

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari internet untuk mengembangkan usaha konveksi pakaian maupun tas. Sayangnya, upaya memanfaatkan internet dalam mengembangkan usaha konveksi masih terbilang sedikit. Pelaku usaha konveksi harus mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk mempromosikan produksinya. Melalui internet, akses informasi, komunikasi, dan promosi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun, yang terpenting dari penjualan produksi konveksi melalui internet, kesigapan dan keramahan Anda merupakan modal terpenting dalam menjalankan usaha. 

Demikian artikel tentang manfaat dari internet untuk mengembangkan bisnis konveksi Anda. Semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis konveksi. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.