Header Ads

Breaking News
recent

5 Masakan Indonesia yang Wajib Dicicipi

Masakan memang sangat berbada-beda dari daerah satu dengan yang lainnya. Masakan ini merupakan masakan yang menjadi kriteria atau tanda dari suatu daerah atau tempat. Masakan ini biasanya menggambarkan keadaan tempat sekitar ataupun kesukaan rempat sekitar. Masakan bukan hanya menjadi masakan pokok untuk daerah yang memilikinya namun dapat juga dikembangkan di berbagai daerah atau tempat lain sehingga keragamana makanan akan semakin banyak dan terkenal satu sama lain. Semua jenis masakan dari Sabang sampai Merauke merupakan masakan khas Indonesia.


Jenis masakan khas dari daerah satu dan dari daerah lain juga berbeda-beda tergantung dengan bagaimana karakteristik daerah dan budayanya serta kebiasaan orang-orang yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Biasanya masakan khas berasal dari perkembangan budaya yang berkembang di daerah tersebut baik sejak zaman dahulu hingga zaman modern seperti ini. Karekteristik budaya tentunya berbeda-beda dari daerah satu dangan yang lain, oleh karena itu jenis makanan khasnya pun tentu beragam.

Namun ada pula daerah yang memiliki tidak hanya satu ataupun dua jenis makanan khas seperti daerah Sulawesi, Sumatera, Maluku dan lain-lain. Berbagai daerah ini memiliki berbagai jenis masakan khas yang berbeda-beda pula. Sehingga daerah Indonesia mempunyai beragam masakan khas mulai dari masakan khas daerah Sabang hingga Merauke. Walaupun daerah-daerah di Indonesia ini tergabung namun sub daerah ini tentunya memiliki bermacam-macam makanan khas juga. Berikut merupakan masakan-masakan khas Indonesia yang wajib dicicipi antara lain:


Sup ikan jantung pisang

Makanan ini berasal dari daerah Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu. Makanan ini mempunyai ciri yang bercita rasa pedas serta berbahan utama ikan kakap. Sup ikan jantung tersebut berbahan dasar Jantung pisang dengan ditaburi dan dicampur dengan berbagai macam ikan sehingga menghasilkan aroma yang begitu menyeruap. Bagi para pecinta kuliner tentunya sudah tidak tahan ingin mencoba bila sudah mengetahui aroma sedap dari masakan ini.

Sup ikan jantung ini biasanya sering dihidangkan pada saat upacara adat ataupun pada saat ada acara serta hajatan yang lumayan besar seperti penyambutan tamu agung serta pernikahan. Menurut para masyarakat Palu, masakan ini merupakan masakan yang wajib ada di setiap agenda besar karena ini merupakan salah satu ciri dari daerah mereka.


Lapa-Lapa

Lapa-Lapa merupakan makanan khas daerah Sulawesi Tenggara. Lapa-Lapa ini sejenis dengan ketupat yaitu kuliner dengan cara memasak nasi dengan memasukkan beras di dalam janur untuk kemudian dimasak atau dikukus. Makanan ini sangat lezat dinikmati dengan ikan Kaholeonarore atau sering disebut dengan ikan asin. Untuk menghasilkan rasa yang gurih maka makanan ini harus dikukus lebih lama. Semakin lama proses mengukusnya, maka makanan ini akan semakin kenyal dan gurih.

Lapa-lapa dengan ketupat atau lontong selain memiliki persamann dalam bentuk dan cara pemasakannya juga memiliki cara sama dalam hal hidangannya. Lapa-Lapa ini juga biasanya selalu ada saat hari lebaran tiba atau ada saat hari-hari penting. Namun ada juga sebagian masyarakat yang selalu memasak makanan ini untuk makanan sehari-hari karena selain sebagai makanan khas, Lapa-Lapa juga merupakan makanan pokok dari daerah Sulawesi Tenggara. Akan tetapi hanya minoritas orang yang melakukan seperti ini dan mayoritas orang juga memasak nasi untuk makanan pokoknya.


Tinutuan

Makanan ini sering disebut dengan Bubur Manado karena berasal dari Manado daerah Sumatera Utara dengan bentuk kuliner seperti bubur. Namun ada juga yang menganggap Tinutuan sebagai makanan khas daerah Minahasa. Tinutuan ini merupakan masakan berbahan dasar campuran sayur-sayuran serta tidak mengandung daging sehingga makanan ini kerap menjadi makanan pergaulan antar kelompok masyarakat Manado.

Tinutuan ini biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan atau sebagai bahan sayuran untuk makan siang ataupun malam. Tinutuan sangat cocok dimakan untuk daerah panas karena masakan ini sangat segar saat dimakan di daerah yang sekiranya bersuhu tinggi. Untuk itu, bagi yang tertarik ingin mencicipi makanan ini dapat langsung datang berwisata kuliner di daerah Manado ataupun di daerah Minahasa.


Ikan Asar

Makanan ini merupakan makanan dari daerah Maluku dengan bahan dasar ikan cakalang atau ikan tongkol yang dipanggang dengan asap. Makanan ini sering banyak ditemukan di daerah Ambon yang biasanya dijajakan di pinggir-pinggir jalan pada sore ataupun malam hari. Biasanya para penjual Ikan Asar ini berada di depan toko-toko yang dekat dengan jalan raya. Kebanykan dari para penjualnya menjajakan Ikan Asar dengan menghambur-hamburkan aroma dari Ikan Asar ini untuk menggoda para pejalan yang lewat di depan mereka.

Ikan Asar ini merupakan makanan yang sangat unik karena hanya dengan dimasak dengan panggangan asap, aromanya sangat harum serta menggoda mulut untuk segera mencicipinya. Banyak dari orang Ambon yang menyukai makanan khas ini karena selain enak juga makanan ini merupakan makanan khas dari daerah mereka yang wajib dilestarikan. Orang-orang disana lebih sering menikmatinya dengan nongkrong bersama temen-teman di dekat penjualnya atau di pinggir jalan sehingga pada saat malam hari terlihat sangat ramai oleh kebulan Ikan Asar.


Gohu Ikan

Makanan ni merupakan makanan dari daerah Ternate, Maluku Utara. Makanan ini berbahan dasar ikan tuna mentah. Penyebutan dari makanan ini haruslah lengkap karena di daerah Ternate yang namanya Gohu berarti rujak pepaya muda yang juga sangat populer di daerah Sulawesi Utara. Banyak sekali orang yang menyebut Gohu Ikan sebagai Sashimi Ternate. Para orang Ternate kerap menyebutnya dengan nama asli yaitu Gohu Ikan, namun Sashimi Ternate hanya untuk istilah orang luar Ternate yang kebetulan menjadi tamu kuliner daerah Maluku Utara.

Istilah Gohu ikan berasal dari daerah Ternate, Maluku Utara. Gohu artinya rujak papaya muda. Disini diartikan sebagai campuran dari berbagai macam. Sehingga Gohu Ikan adalah jenis masakan dengan mencampur berbagai macam jenis ikan yang dimasak bersama dalam satu bumbu. Biasanya Gohu Ikan ini terdapat di daerah-daerah yang relatif jauh dari kota karena ini masih tergolong masakan yang klasik. Banyak diantara orang luar Ternate yang senang akan masakan Gohu Ikan karena selain enak juga aromanya tentun menggoda mulut untuk segera mencicipi.

Demikian sekilas uraian tentang berbagai masakan yang wajib dicicicpi oleh orang penduduk nusantara maupun mancanegara yang berada di daerah Indonesia. Masakan-masakan di atas merupakan masakan khas tersendiri dari daerah Indonesia yang tentunya juga memiliki berbagai karakteristik atau ciri yang terkandung di dalam masakan-masakan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu menambah pengetahuan para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.