Header Ads

Breaking News
recent

10 Tipe Fotografi Berpeluang Bisnis

Fotografi adalah salah satu bidang yang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Selain lintas generasi, fotografi juga memiliki penggemar yang terbagi dalam bermacam-macam tipe fotografi. Lalu sudah tahukah Anda apa saja tipe fotografi yang ada? Dan berdasarkan kategori yang ada, masuk dalam tipe manakah Anda?

Bagi para pecinta dunia fotografi tentunya sudah tidak asing dengan beberapa tipe dalam fotografi, namun bagi orang yang awam tentang fotografi mungkin akan mengalami kesulitan untuk membedakan tipe-tipe fotografi yang ada. Tipe-tipe dalam fotografi dibedakan berdasarkan objek fotografi, kemampuan fotografer dan juga teknik yang digunakan dalam pengambilan gambar. Lalu apa sajakah tipe-tipe fotografi tersebut? Artikel ini akan membahas 10 tipe fotografi yang lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari.




Landscape photography

Tipe pertama adalah landscape photography, tipe fotografi ini memiliki ciri pada objek yang dibidiknya. Landscape photography mengkhususkan objeknya pada pemandangan alam dan fenomena-fenomena alam lainnya. Kekuatan dari landscape photography ini adalah objek alam yang dijadikan fokus dalam pemotretan.

Untuk menghasilkan landscape photography yang bagus, seorang fotografer dituntut untuk memiliki imajinasi yang luar biasa agar dapat menggambarkan pemandangan alam atau fenomena alam yang indah dengan tampilan fotografi yang luar biasa juga.

Biasanya seorang fotografer landscape photography memiliki perhatian khusus pada alam sehingga ia mendedikasikan karyanya untuk menyadarkan orang lain tentang indahnya alam ataupun fenomena-fenomena luar biasa yang luput dari perhatian masyarakat luas. 


Wildlife photography

Jika landscape photography memiliki objek yang fokus pada fenomena alam, maka wildlife photography juga memiliki ide yang hampir sama yaitu tentang alam namun dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu pada kehidupan fauna. Wildlife photography adalah tipe fotografi yang membatasi fokusnya pada objek hewan dan kehidupan hewan itu, seperti habitat hewan dan juga kehidupan sehari-hari dari hewan itu.

Seorang fotografer yang memilih untuk menekuni wildlife photography dituntut untuk memiliki keahlian yang tinggi dalam penguasaan teknik fotografi dan juga peralatan dengan kemampuan yang luar biasa agar dapat mengabadikan setiap momen dari hewan yang dijadikan objeknya.

Tantangan yang biasa didapatkan oleh fotografer wildlife photography adalah objek fotografi, seperti yang kita ketahui bahwa hewan adalah makhluk  yang dinamis dan banyak melakukan hal-hal yang tidak disangka sebelumnya. Oleh karena itu, seorang fotografer yang sangat ahli sekalipun belum tentu bisa mendapatkan hasil yang terbaik jika ia tidak memiliki kesabaran yang ekstra untuk menunggu momen terbaik dari hewan itu.

Wildlife photography adalah salah satu tipe fotografi yang memiliki nilai karya yang cukup tinggi, hal ini berkaitan dengan usaha dalam mendapatkan hasil fotografi terbaik. Biasanya wildlife photography dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah ataupun pameran-pameran.

Selain itu wildlife photography juga merupakan tipe fotografi yang cukup menjanjikan karena seperti yang kita ketahui bahwa minat dari masyarakat untuk mengetahui kehidupan tentang fauna semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan dari channel National Geography yang mendedikasikan tayangannya melalui potret-potret fotografi seputar fauna.


Aerial photography

Aerial photography adalah tipe fotografi yang tergolong baru, karena peralatan yang dibutuhkan dalam aerial photography adalah alat-alat yang memiliki resolusi tinggi. Kekuatan dari aerial photography gambar yang dihasilkan merupakan suatu potret yang unik dari diambil dari udara atau dari jarak yang cukup jauh, sehingga pemandangan yang didapatkan cukuplah luas yang memberikan efek keindahan yang mengagumkan.


Sports photography

Sports photography adalah tipe fotografi yang fokus pada objek-objek seputar dunia olahraga, seperti kegiatan olahraga itu sendiri maupun pelaku dunia olahraga. Dalam sports photography, seorang fotografer dituntut untuk mendapatkan hasil yang natural tanpa terlihat hanya gaya untuk kepentingan fotografi.

Sports photography dibagi menjadi dua jenis, yaitu pertama sports photography yang merupakan hasil pemotretan alami dari suatu pertandingan asli dan yang kedua adalah sports photography yang dilakukan untuk kebutuhan iklan atau promosi dengan tema olahraga. 


Portrait photography

Portrait photography adalah salah satu tipe fotografi yang paling mudah dilakukan karena portrait photography pada dasarnya merupakan pemotretan dari kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Portrait photography adalah gambaran dari kehidupan sosial suatu masyarakan. Pesan yang biasanya ingin disampaikan dari portrait photography adalah tentang kepekaan sosial. Dan salah satu yang paling penting dari portrait photography adalah tipe fotografi ini adalah yang paling tua dibanding dengan tipe-tipe fotografi lainnya.


Architectural photography

Architectural photography adalah fotografi yang fokus pada objek seputar dunia arsitektur. Pola yang biasa ada dalam architectural photography adalah potret tentang bangunan ataupun desain arsitektur.

Tujuan dari architectural photography adalah untuk menggambarkan suatu karya arsitektur dengan sudut yang berbeda dan berusaha untuk mempengaruhi penikmat dunia arsitektur tentang karya arsitektur yang dipotret.


Wedding photography/event photography

Wedding photography atau event photography adalah salah satu tipe fotografi yang paling banyak ditemui. Banyak fotografer yang memulai karirnya dari wedding photography ataupun event photography lainnya. Tapi bukan berarti untuk menjalani wedding photography atau event photography tidak membutuhkan kemampuan teknik yang baik. Seorang fotografer tetap harus memiliki kemampuan teknik fotografi yang memadai tapi untuk peralatan yang dibutuhkan memang tidak serumit untuk wildlife photography ataupun aerial photography.


Fashion photography

Fashion photography adalah fotografi yang digunakan untuk kepentingan promosi dari suatu fashion, seperti baju, sepatu, dan aksesosir lainnya. Seorang fotografer yang menjalani fashion photography dituntut bisa menghasilkan gambar yang epik dan dapat menonjolkan produk fashion yang ditawarkan.


Macro photography

Macro photography adalah tipe fotografi yang memiliki kekuatan pada detail gambar yang dihasilkan. Jika aerial photography menggambarkan objek secara luas, maka macro photography ingin memberikan sudut pandang yang berbeda dengan detail yang lebih menarik.


Baby photography/family photography



Baby photography atau family photography adalah tipe fotografi yang digunakan untuk kebutuhan kenang-kenangan maupun koleksi pribadi dari klien. Tidak banyak tantangan atau kesulitan dari baby photography/family photography, hanya mungkin seorang fotografer harus memahami keinginan dari klien dan mewujudkannya menjadi suatu karya yang epik.
Diberdayakan oleh Blogger.