Header Ads

Breaking News
recent

5 Peluang Bisnis Waralaba Yang Menjanjikan


Bisnis waralaba adalah salah satu cara untuk mengembangkan atau memperluas jaringan bisnis. Tujuan dari bisnis waralaba adalah untuk mendapatkan konsumen yang lebih besar. Bisnis waralaba, merupakan salah satu pilihan baik bagi orang yang baru merintis usaha maupun yang sudah lama menggeluti dunia wirausaha. Bisnis ini dianggap lebih mudah, karena seseorang tidak perlu bersusah payah memulai dari nol untuk memulai menjalankan bisnisnya. Karena itulah, modal yang dipersiapkan untuk biasanya lebih besar daripada memulai usaha secara mandiri dari awal.

Waralaba kini mulai banyak dilirik oleh para pelaku usaha lokal. Ada banyak jenis dari usaha waralaba. Namun ada beberapa macam bisnis waralaba yang mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Bisnis waralaba yang banyak digemari biasanya dipilih karena mudah dan memiliki hasil yang menjanjikan. Setidaknya ada 5 macam bisnis waralaba yang akhir-akhir ini laris dan berkembang dengan cepat di antaranya yaitu:


1. Minimarket

Bisnis waralaba yang satu ini sering dijumpai di tengah-tengah masyarakat. Dalam jarak beberapa ratus meter, Anda bisa saja menemukan satu atau dua minimarket dengan merek waralaba yang berbeda-beda.  Daya tarik minimarket terletak pada barang-barang yang tersedia didalamnya. Selain menjual barang kebutuhan pokok sehari-hari, sebuah minimarket terkadang juga menyediakan layanan pembayaran listrik, air, serta menjual pulsa telepon seluler. Bahkan, ada juga minimarket yang melayani pembelian tiket kereta api.

Di samping itu, orang-orang sekarang lebih suka berbelanja di minimarket daripada harus pergi ke warung atau pasar tradisional. Kini mulai banyak minimarket yang menerapkan sistem buka selama 24 jam. Jenis barang yang ada di minimarket pun lebih banyak jika dibandingkan dengan warung atau pasar. Suasana berbelanja di dalam minimarket yang nyaman dan aman juga membuat banyak orang beralih dari pasar tradisional menuju ke minimarket. 

Bisnis ini cukup menjanjikan, karena semua orang tampaknya telah tergantung pada keberadaan minimarket. Hanya saja, Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis waralaba yang satu ini.


2. Kuliner

Bisnis dibidang kuliner atau makanan adalah bisnis yang akan selalu ada dan dicari-cari oleh banyak orang. Alasan pertama, karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Selain itu, acara makan-makan atau yang lebih dikenal dengan wisata kuliner sekarang mulai menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari media televisi maupun media cetak yang membicarakan tentang dunia kuliner. 

Bisnis waralaba dibidang kuliner tergolong bisnis yang cukup mudah. Bahan makanan serta rempah-rempah yang melimpah, dan banyaknya ragam makanan baik tradisional maupun internasional menjadi alasan mengapa bisnis ini begitu digemari.   Bisnis kuliner berskala kecil hingga berskala besar dapat ditemui di bidang bisnis yang satu ini. Mulai dari restoran keluarga, restoran cepat saji, kafe, hingga toko roti semua telah tersedia. Bahkan yang berskala kecil seperti kios minuman atau makanan sering dijumpai.   


3. Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang baru-baru ini sedang naik daun. Masyarakat mulai banyak yang menggunakan jasa ini karena dinilai lebih efisien daripada harus mengantar barang mereka sendiri. Seseorang hanya perlu mengantar barang ke salah satu cabang dari kantor jasa pengiriman barang, setelah itu tinggal menunggu kabar dari penerima apakah barang sudah sampai atau belum. Atau bisa juga mengecek melalui website resmi milik jasa pengiriman yang bersangkutan, tergantung perusahaan mana yang digunakan. 

Bisnis yang satu ini mulai dikenal seiring dengan banyaknya bisnis online shop. Seorang pelaku atau pemilik toko online hanya perlu mempromosikan barang dagangan mereka di internet, selebihnya urusan mengirim barang kepada pembeli diserahkan kepada perusahaan jasa pengiriman barang.


4. Pendidikan dan pelatihan

Pendidikan adalah salah satu aspek penting untuk menunjang kehidupan seseorang. Semua orang butuh pendidikan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Apalagi, sekarang ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Perusahaan seperti berlomba-lomba mencari karyawan dengan keahlian terbaik. Sebenarnya, jika Anda perhatikan, bisnis di bidang pendidikan ini ada di mana-mana. Bahkan mungkin Anda atau keluarga merupakan salah satu konsumen dari bisnis ini.  


Salah satu contoh bisnis di bidang ini yakni tempat les atau yang lebih dikenal dengan bimbingan belajar (bimbel). Jika Anda perhatikan, lihatlah betapa ramainya tempat les bimbel di sore hari. Hampir semua anak dari jenjang pendidikan SD, SMP hingga SMA pasti pernah mengikuti les di luar sekolah.  

Selain bimbel, ada juga peluang lain yakni tempat kursus. Tempat kursus ini juga banyak macamnya, mulai kursus komputer, kursus bahasa inggris, kursus desain grafis, dan lain-lain. Berbeda dengan bimbel, target konsumen dari tempat kursus biasanya adalah mahasiswa atau pekerja yang ingin menambah keahlian.

Bisnis waralaba di bidang pendidikan memiliki peluang yang bagus untuk ke depannya. Namun, Jika dibandingkan dengan bisnis di bidang kuliner atau minimarket, bisnis di bidang pendidikan masih tergolong sedikit jumlahnya.


5. Jasa Laundry

Jasa laundry adalah jasa untuk mencuci pakaian. Bagi orang yang sibuk, jasa laundry adalah solusi agar pakaian mereka terawat dengan rapi. Aktivitas sehari-hari yang padat, seringkali menyita waktu seseorang, sehingga pekerjaan yang remeh seperti mencuci baju pun tidak sempat dilakukan. Inilah yang menjadi ide awal dibukanya bisnis jasa laundry. Awalnya bisnis jasa laundry ini hanya ada di kota-kota besar yang tingkat kepadatan aktivitas penduduknya cukup tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai melebarkan sayap di kota-kota kecil untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. 

Bisnis jasa laundry ini juga merupakan salah satu bisnis waralaba yang cukup murah selain di bidang kuliner. Hanya dengan alat-alat mencuci standar seperti mesin cuci, setrika, dan sejenisnya, Anda dapat memulai berbisnis di bidang laundry. Bahkan ada pula jasa laundry yang menggunakan deterjen, pelembut, dan pewangi pakaian buatan sendiri.

Demikian beberapa informasi tentang peluang bisnis waralaba. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.