Header Ads

Breaking News
recent

Tips Pemasaran Bisnis Waralaba


Ditahun 2014 ini menjadi pebisnis waralaba sangat digemari, namun tetap saja dalam menggeluti usaha bisnis Anda harus mengetahui standar pemasaran yang ada didaerah tersebut dan harus memperhatikan tempat yang menarik untuk mendapatkan pelanggan. Salah satu yang harus dilakukan adalah meyakinkan para rekan waralaba untuk bekerja sama dengan Anda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bisnis waralaba yaitu:


1. Web


Membuat web khusus untuk bisnis waralaba merupakan langkah awal yang baik untuk menarik waralaba tertarik dalam bidang bisnis yang Anda tawarkan. Dengan adanya web maka pelanggan dengan mudah dapat mengakses produk yang dtawarkan dengan kata kunci didalam web serta aplikasi-aplikasi yang ada didalam web tersebut. 

Web merupakan langkah yang mudah dan sangat efektif untuk memperluas jaringan dalam rangka memperlihatkan dan memperkenalkan merek produk Anda. Maka dengan membuat web, Anda sudah memulai langkah yang benar. Didalam web yang dibuat, pastikan Anda memberikan informasi selengkap mungkin agar para waralaba mengerti tentang produk, sistem penjualan dan yang lainnya.

Didalam web yang dibuat, sebaiknya dimasukan juga bagaimana sistem pembayaran yang akan dilakukan dengan para waralaba. Begitu pula sistem bagi hasil yang akan didapatkan, agar para waralaba mengetahui dengan jelas seberapa banyak Dia mendapatkan keuntungan dari produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, perkembangan produk yang Anda miliki juga sebaiknya  dijelaskan didalam web yang telah dibuat dengan sejelas-jelasnya agar para waralaba mengetahui bahwa mereka akan berkerja sama dengan seseorang yang memiliki produk dengan perkembangan yang bagus. Bila perlu Anda dapat menabambahkan infografik tentang produk yang ditawarkan. Dengan web yang telah dibuat pastikan selalu mengunggah atau mempublikasikan tentang produk atau merek yang Anda miliki sesering mungkin.


2. Konsep

Konsep merupakan salah satu hal yang penting dalam memiliki bisnis waralaba. Dalam bisnis ini para waralaba banyak mencari konsep yang tidak biasa, unik dan menarik. Konsep yang dapat Anda pakai seperti konsep berada di dalam rumah yang memberikan fasilitas nyaman, atau dengan konsep remaja yang nyaman untuk berbincang-bincang dilengkapi dengan wi-fi. Tidak hanya itu, konsep juga menentukan produk yang Anda jual, maka  selaraskan apa yang akan dijual dengan konsep yang akan dibuat. Agar tidak ketinggalan jaman, Anda dapat melakukan pengamatan dibeberapa tempat agar bisa membuat sebuah konsep yang unik dan menarik dari sebuah waralaba.


3. Aturan Hukum

Bisnis waralaba adalah sistem kerja sama antara dua pihak atau lebih, maka dibutuhkan peraturan hukum yang disepakati oleh pihak yang bersangkutan. Pihak yang terlibat harus mematuhi peraturan hukum yang sudah disepakati bersama. Seperti, sistem pembagian keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak-pihak yang terlibat, atau bagaimana sistem manajemen yang akan dijalankan. Dengan adanya peraturan hukum yang sudah pasti dan sah, maka setiap pihak akan terikat untuk menjalani hak dan kewajiban yang sama atau sesuai dengan kesepakatan. Maka peraturan dibuat agar pihak-pihak yang terlibat merasakan keadilan dalam berbisnis waralaba ini.

Dalam hal menentukan peraturan hukum tersebut harus dihadirkan oleh semua pihak yang akan ikut terlibat di dalam pengembangan bisnis waralaba tersebut. Dalam hal pembuatan peraturan hukum harus dijelaskan poin-poin yang akan didapatkan, yang harus dikerjakan dan yang harus dibayarkan. Agar tidak terjadinya perdebatan maka peraturan hukum yang dibuat harus dimiliki oleh masing-masing pihak yang terlibat. Agar memiliki bukti jika suatu saat terjadi perdebatan diantara para pihak, sehingga semua akan berjalan dengan baik.


4. Merek Dagang

Dalam bisnis waralaba pastikan memiliki merek dagang yang belum pernah dipakai oleh orang lain. Karena jika memakai nama yang sudah ada Anda bisa mendapatkan masalah mengenai hak cipta pada suatu merek dagang yang sudah ada. Karena merek dagang yang dipilih akan menentukan konsep yang akan dibuat, untuk itu pikirkanlah merek dagang yang unik, menarik, dan bagus. Dengan demikian Anda sudah pasti akan memiliki konsep serta lokasi seperti apa yang akan dipilih untuk merek dagang yang akan ditekuni. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ada baiknya untuk melakukan observasi terlebih dahulu untuk merek dagang yang akan dipilih.


5. Mitra Kerja


Dalam hal bisnis pastinya membutuhkan mitra kerja yang baik untuk mempermudah jaringan bisnis. Mitra kerja juga berpengaruh dalam hal pendapatan, serta seberapa pesatnya perkembangan yang akan terjadi pada produk yang ditawarkan. Dalam hal memilih mitra kerja, yang harus diperhatikan adalah bagaimana kesepakatan yang ditentukan, apakah berjalan sesuai dengan perjanjian atau sebaliknya. Memilih mitra kerja tidak hanya satu, Anda dapat memiliki mitra kerja lebih dari satu, tergantung keinginan dan kemampuan yang dimiliki. Sehingga setiap mitra kerja yang Anda miliki memiliki kepercayaan untuk terus bekerja sama dengan Anda dalam waktu yang lama.


6. Konsultasi

Hal ini sangat penting dalam melakukan bisnis apapun, pastikan seorang pebisnis memiliki kuasa hukum. Jika saja suatu hal yang tidak diinginkan, Anda dapat berkonsultasi tentang jalan keluar yang seharusnya dilakukan, karena kuasa hukum yang Anda miliki akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang menyangkut masalah hukum didalam bisnis yang dijalankan. Jika tidak memiliki kuasa hukum, Anda dapat berkonsultasi pada pakar bisnis tentang perusahaan waralaba yang digeluti. 

Konsultasi dalam hal ini tidak hanya saat Anda memiliki masalah hukum, tetapi dalam hal pemilihan mereka dagang serta hak dan kewajiban yang akan didapatkan. Maka dengan berkonsultasi akan lebih mudah untuk menentukan masa depan bisnis waralaba yang akan Anda buat.

Jika ingin membuat bisnis waralaba, 6  hal tersebut harus dipikirkan matang-matang. Karena setiap bisnis yang dijalani akan memiliki aturan yang berbeda-beda. Dengan adanya peraturan yang berbeda-beda, Anda dapat mempertimbangkan dan menentukan hak dan kewajiban yang akan Anda dapat.

Demikian sekilas uraian tentang tips-tips pemasaran bisnis waralaba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu para pembaca khususnya para pebisnis waralaba. Sekian dan terimakasih. 
Diberdayakan oleh Blogger.