Header Ads

Breaking News
recent

7 Trik Jalankan Bisnis Waralaba


Di era saat ini, bisnis menjadi sesuatu yang digemari oleh masyarakat khususnya bagi orang yang gemar dalam berbisnis. Kemudahan dalam berbisnis adalah salah satu alasannya, sebagai contoh adalah jika ingin mendirikan sebuah bisnis tidaklah perlu susah payah untuk mencari modal. Banyak perusahaan perbankan baik negeri maupun swasta yang menawarkan peminjaman modal usaha, mulai dari usaha kecil sampai usaha yang besar sekalipun dengan bunga yang relatif bersahabat.

Arti bisnis adalah sebuah organisasi atau individu yang melakukan proses jual beli barang maupun jasa antara produsen dan konsumen. Banyak jenis-jenis bisnis dalam ilmu ekonomi, namun salah satu jenis bisnis yang paling sering digunakan adalah bisnis waralaba. Bisnis waralaba adalah sebuah bisnis yang bermodalkan sedikit namun memiliki untung yang banyak. Bagaimana trik dan kiat-kiatnya?


Niat

Dalam segala macam kegiatan, yang paling awal dibutuhkan adalah niat. Bahkan ada sebuah pepatah mengatakan “tanpa ada niat yang kuat, tidak akan ada nikmat yang didapat”. Dari pepatah tersebut dapat disimpulkan bahwa niat termasuk dalam bagian pokok untuk melakukan segala macam kegiatan termasuk berbisnis.

Bisnis adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan niat sangat kuat dari pelakunya, karena ketika memasuki dunia bisnis sama saja dengan mempertaruhkan sebagian hidup. Kenapa? Karena dalam bisnis tidak ada namanya kepastian.

Jika dapat dianalogikan, berbisnis sama halnya berada ditengan-tengah antara puncak kesuksesan dan jurang kehancuran yang sewaktu-waktu bisa berubah sangat drastis. Oleh karena itu, ketika seseorang memutuskan untuk berbisnis, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menguatkan niat dan mentalnya.


Modal

Modal termasuk salah satu hal yang paling pokok dalam berbisnis, karena jika tidak ada modal maka tidak akan ada bisnis yang dijalankan. Untuk mencari modal usaha saat ini sangatlah mudah. Banyak perusahaan perbankan baik negeri maupun swasta yang menawarkan peminjaman modal usaha.

Selain itu pemerintah telah mencanangkan banyak program dibidang usaha dan bisnis. Jadi sangatlah mudah untuk mencari modal usaha asalkan ada niat dan keberanian untuk melakukan bisnis.


Manajemen

Setelah mendapatkan modal untuk berbisnis, hal berikutnya adalah melakukan manajemen usaha. Manajemen usaha lebih berkaitan dengan cara sebuah organisasi atau individu menjalankan bisnis tersebut. Baik dari segi konsep, keuangan, pemasaran dan pendistribusian. Semua hal harus dikelola secara detail dan konseptual. Dengan begitu jika ada sebuah kesalahan bisa langsung diperbaiki tanpa menimbulkan sebuah kerugian yang berarti.


Pemasaran

Bisnis tanpa melakukan pemasaran sama saja seperti memiliki sebuah bakat tapi tidak pernah dikeluarkan, hasilnya tidak ada orang yang tahu. Menurut beberapa teori ekonomi, pemasaran adalah kunci sukses dalam berbisnis. Banyak pebisnis yang gagal karena kesalahan dalam metode pemasarannya.

Pemasaran sejatinya adalah bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan dijual. Tetapi tidak hanya itu, pemasaran bisa saja dijadikan sebagai cara untuk menjatuhkan produk atau jasa para pesaing. Dalam bisnis, persaingan adalah hal yang sangat wajar karena dimana ada peluang maka akan ada banyak orang yang memperebutkannya dan disinilah peran pemasaran sangat penting.

Metode pemasaran yang baik adalah dengan memasarkan secara global dan berkala. Secara global maksudnya adalah memasarkan produk atau jasa seluas mungkin agar banyak orang yang mengetahuinya baik secara manual maupun secara otomatis. Secara manual berarti pemasaran produk atau jasa akan dilakukan sendiri baik melalui media offline ataupun online. Sedangkan secara otomatis berarti pemasaran produk atau jasa akan dilakukan oleh pihak lain yang bergerak dalam bidang pemasaran, seperti iklan.


Pemasaran secara berkala maksudnya adalah memasarkan sebuah produk atau jasa secara terus menerus agar nama produk atau jasa tidak tenggelam oleh para pesaing. Bahkan jika perlu, pemasaran secara berkala harus dilakukan terus menerus selama produk atau jasa masih ditawarkan. Sekecil apapun bisnis yang dilakukan jika metode pemasarannya benar, pasti hasilnya akan sangat menguntungkan.


Perilaku

Perilaku? Ada apa dengan perilaku? Bagaimana bisa perilaku menjadi salah satu trik berbisnis? Apakah pertanyaan tersebut yang ada difikiran Anda? Benar, perilaku termasuk salah satu trik sukses dalam berbisnis, mengapa? Karena konsumen menilai seorang partner bisnis bukan hanya dari produk atau jasa yang ditawarkan namun juga dari perilakunya. Bukankah akan sangat menyenangkan jika memiliki partner bisnis yang berperilaku baik dan jujur?

Selain itu, senyuman adalah salah satu hal yang paling dicintai oleh konsumen saat bertransaksi bisnis dengan Anda. Oleh karena itu tersenyumlah saat melayani konsumen. Saat Anda melayani konsumen dengan baik, ada perasaan nyaman yang dirasakan oleh konsumen sehingga menimbulkan rasa kecanduan pada pelayanan yang Anda berikan.


Laba

Laba atau untung adalah sebuah tujuan utama dalam berbisnis. Laba dapat diartikan sebagai nyawanya para perbisnis, namun tidak semua hal tersebut benar. Ada salah satu teori dalam ilmu ekonomi menyebutkan bahwa kesuksesan dalam berbisnis bukanlah ketika mendapat laba sebanyak-banyaknya, namun ketika mendapatkan kesetiaan dari banyak pelanggan.


Lokasi

Yang terakhir adalah lokasi berbisnis. Sebenarnya untuk bisnis waralaba, lokasi tidak terlalu menentukan karena saat ini bisnis jauh lebih mudah dan nyaman jika dilakukan melalui online. Bisnis online sudah sangat berkembang pesat jika dibandingkan dengan bisnis offline (on the spot) karena kemudahan akses yang didapat dalam bertransaksi berbisnis.

Walaupun demikian, lokasi tetap menjadi sesuatu hal yang harus cukup diperhatikan. Jangan mendirikan bisnis ditempat sepi dan jauh dari konsumen karena hasilnya akan sia-sia. Jangan pula mendirikan bisnis didaerah yang terdapat banyak saingan bisnis karena hal tersebut akan menurunkan peluang bisnis Anda. Oleh karena itu, cermati setiap kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis Anda.

Saat terjun didunia bisnis, jangan hanya terpaku pada keadaan saat ini. Berfikirlah jauh menerawang kedepan dan memikirkan segala macam kemungkinan yang akan terjadi baik untuk bisnis Anda maupun untuk peluang yang akan datang.

Kemungkinan baik dan buruk pasti akan selalu menghantui seorang pebisnis, namun kekuatan mental dan keteguhan hatilah yang akan lebih menentukan bagaimana perjalanan bisnis Anda selanjutnya.

Demikian artikel tentang trik-trik yang dapat Anda lakukan dalam menjalankan bisnis waralaba. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.