Header Ads

Breaking News
recent

5 Contoh Bisnis yang Sukses


Bisnis adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan untuk menghasilkan pendapatan bagi setiap orang yang menjalankannya. Kegiatan bisnis merupakan cara seseorang yang kreatif untuk menuangkan setiap ide-ide bisnis yang dimilikinya. Orang yang menjalankan bisnis disebut pebisnis. Setiap pebisnis memiliki tujuan positif sebelum menjalankan bisnisnya. Selain tujuan, pebisnis pun memiliki perencanaan dan cara kerja yang akan dilakukan dalam bisnis yang akan dijalankan.

Bisnis tidak menjanjikan sebuah kesuksesan bagi para pebisnis. Karena pada kenyataannya banyak pebisnis yang gagal dalam bisnisnya. Semua pebisnis ingin sukses, tetapi tidak semua dapat meraihnya. Bukan bisnis yang menjadi faktor penentu kesuksesan Anda, tetapi pebisnis yang menjadi faktor utamanya. Jadi, motivasi pebisnis sangat diperlukan dalam hal untuk memperoleh kesuksesan.


Pebisnis yang sukses adalah orang yang mempunyai keinginan tinggi, mau belajar, selalu optimis, berani mencoba dan berani gagal. Banyak pebisnis yang menyerah saat mengalami kegagalan dalam awal bisnisnya. Padahal kegagalan dalam awal bisnis merupakan hal yang wajar, karena dari kegagalan tersebut pebisnis dapat mengetahui langkah-langkah awal kesuksesannya.

Sebuah bisnis dapat dimulai dari hal kecil, namun harus dijalankan dengan baik dan benar sehingga bisnis tersebut akan berkembang. Ketekunan, kedisiplinan, kemauan dan motivasi memulai bisnis menjadi tolak ukur kesuksesan dalam berbisnis. Contoh bisnis yang sukses yaitu:


1. Online shop

Bisnis ini mulai terkenal dan dapat ditemukan di seluruh kota. Karena sifatnya online, jadi bisnis ini dapat dilakukan dimana-mana. Melalui bisnis ini, pebisnis dapat membangun relasi dengan banyak orang didalam maupun diluar kota.

Sistem yang dilakukan tidak terlalu rumit, cukup memasukan gambar dari produk yang dijual kedalam media sosial yang akan digunakan. Media sosial yang digunakan dapat melalui facebook, blackberry messanger, twitter, website, line dan media sosial lainnya.

Kunci kesuksesan pada bisnis ini adalah kejujuran. Karena pengenalan produk diberikan melalui media sosial, pembeli tidak dapat melihat secara langsung. Maka diperlukan kejujuran dari kedua belah pihak. Kejujuran dalam memberi informasi dan kualitas produk diperlukan oleh pebisnis.

Selain itu, kejujuran dalam membeli juga keseriusan dalam pembayaran diperlukan oleh para pembeli. Dalam usaha ini perlu adanya dukungan teknologi, yaitu dengan adanya telepon gengganm, atau komputer atau alat lainnya.


2. Pulsa

Banyak orang yang meremehkan bisnis ini. Namun kenyataannya berbisnis pulsa merupakan salah satu  contoh dari  bisnis yang sukses. Pulsa telah menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap manusia. Karena tanpa adanya pulsa, setiap orang akan sulit melakukan komunikasi jarak jauh.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka peluang dalam bisnis ini cukup besar. Modal awal untuk bisnis ini tidak harus besar. Perkembangan modal bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis. Pengelolaan keuangan yang baik diperlukan dalam proses perkembangan modal dalam bisnis ini.


3. Keripik pedas

Keripik pedas merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Para penggemar keripik pedas ini sangat tertarik dengan berbagai level pedas yang disediakan. Keripik pedas dapat dijual ke berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai orang tua.

Perlu adanya hubungan yang baik dengan banyak orang dalam bisnis ini. Contoh hubungan baik yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah menitipkan keripik pada took-toko atau warung. Tanpa adanya hubungan yang baik, maka pebisnis tidak dapat melakukan kerjasama dengan pemilik toko atau warung yang bersangkutan.


4. Jasa percetakan 

Sekarang ini kemajuan teknologi mempengaruhi kebutuhan manusia, terutama anak sekolah maupun mahasiswa. Banyak tugas sekolah yang dihubungkan dengan teknologi, salah satunya adalah mencari materi pembelajaran melalui internet. Setelah menemukan materi yang dibutuhkan, data tersebut haruslah dicetak. Namun tidak semua orang memiliki alat pencetak atau yang sering disebut dengan printer.

Maka jasa percetakan sangat diperlukan. Dalam bisnis perlu adanya pemilihan lokasi yang strategis. Biasanya jasa ini lebih berkembang jika berlokasi didekat lingkungan sekolah ataupun kampus. Dalam bisnis ini, pemeliharaan mesin sangat diperlukan agar dapat memberikan hasil cetak yang berkualitas dan sesuai kebutuhan serta sesuai dengan keinginan konsumen.


5. Alat Rumah Tangga

Alat rumah tangga terdiri dari banyak produk, mulai dari ukuran kecil seperti sendok,  sampai ukuran besar seperti kulkas. Bisnis ini sangat sukses karena menjual produk yang dicari setiap hari oleh konsumen. Piring, sendok, dan gelas adalah contoh alat rumah tangga yang sangat sederhana yang ditemukan di semua rumah.

Namun kenyataannya alat-alat sederhana tersebut tetap sering dicari. Bisnis ini termasuk contoh bisnis yang sukses karena penghasilan dari bisnis ini pun cukup besar. Sesuai dengan peghasilannya, maka modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun cukup besar.

Setelah mengamati berbagai contoh bisnis yang sukses, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Dalam memulai suatu bisnis perlu adanya perencanaan dalam pelaksanaan dan tujuan .

2. Saat adanya keinginan yang kuat untuk memulai bisnis, modal bukanlah jadi masalah utama karena pebisnis dapat memulai bisnis sederhana dengan modal kecil.


3. Pengelolaan keuangan yang baik diperlukan dalam bisnis yang sukses.

4. Kejujuran sangat diperlukan dalam bisnis yang sukses. Sikap positif penjual akan menciptakan adanya sikap positif dari pembeli.


5. Perlu adanya kerjasama yang baik dengan orang sekitar untuk menjalin kerjasama yang diperlukan dalam memulai bisnis.

6. Lokasi yang strategis perlu diperhatikan dalam memulai bisnis.

7. Kebutuhan masyarakat dapat dijadikan ide bisnis yang baik.


Memulai suatu bisnis bukanlah hal yang perlu ditakutkan, gagal adalah bagian dari kehidupan pebisnis. Bangkit juga berkembang untuk sukses adalah perjalanan akhir para pebisnis. Motivasi yang baik dan benar adalah salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Demikian penjelasan mengenai contoh bisnis yang sukses, semoga berguna bagi para pembaca. Mari menjadi pebisnis yang sukses dengan sikap positif. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.