Header Ads

Breaking News
recent

Ini Dia Macam-Macam Event Organizer yang Dapat Anda Coba!!

Event organizer, atau biasa disingkat EO adalah sebuah usaha berbisnis yang kini ramai ditekuni anak muda. Sesuai dengan namanya, event organizer adalah sebuah usaha yang menyediakan jasa untuk membuat sebuah acara yang sesuai dengan permintaan para klien. Pada awalnya, event organizer dikenal untuk mengelola acara-acara besar saja, seperti acara fashion, seminar, dan acara musik atau konser. Namun seiring dengan semakin berkembangnya trend dan minat masyarakat muda terhadap EO, acara yang dikelola para event organizer semakin meluas pula. Banyak permintaan yang terutama muncul dari masyarakat perkotaan, kepada para EO untuk mengelola acara sederhana namun bermakna, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa macam acara yang ditangani oleh para event organizer. 


1. Meeting, incentive, convention, exhibition (MICE)

Pada awalnya, EO dikenal untuk mengelola acara resmi seperti ini. Mulai dari skala kecil hingga besar, acara formal atau nonformal. Event organizer akan merancang keseluruhan acara pertemuan sesuai dengan apa yang diinginkan para klien. Meeting misalnya, biasanya klien akan mendiskusikan beberapa hal dengan EO, mulai dari tanggal, jumlah peserta, tempat yang diinginkan, dan lain-lain. EO akan memberikan beberapa masukan jika dibutuhkan, lalu kemudian mulai merancang dan memesan tempat untuk pertemuan. Sedangkan acara besar seperti rapat atau pameran biasanya akan memakan waktu yang agak lama untuk mempersiapkan segalanya, bahkan turut serta dalam mencari sponsor.


2. Musik dan hiburan

Berbagai acara hiburan dan musik dewasa ini amatlah populer di berbagai kalangan. Acara konser musik, baik dengan artis lokal maupun mancanegara saat ini bukanlah hal yang asing lagi. Event organizer bahkan tak hanya merancang acara dan tempat, tapi juga ikut andil dalam proses “melamar” sang artis untuk tampil pada acara konser tersebut. Mendiskusikan tempat, tanggal, desain panggung hingga kebutuhan sang artis adalah sebagian kecil gambaran daftar pekerjaan EO di bidang musik ini. Tidak hanya itu, event organizer juga turut serta dalam mencari mitra, sponsor, dan media partner agar acaranya terkenal dan sukses.


3. Pesta pernikahan

Acara Pernikahan adalah saat terpenting bagi tiap insan. Hari dimana saat kedua insan mengikat janji setia selamanya tentunya harus dirayakan dengan spesial dan indah. Oleh karenanya, event organizer atau terkadang dalam hal ini kerap juga disebut dengan wedding organizer, merancang segalanya dari ujung kepala hingga ujung kaki pengantin. Acara pernikahan sederhana maupun mewah dapat diwujudkan oleh para wedding organizer ini. Semakin terkenal dan profesional, semakin mahal pula uang yang dikeluarkan, namun itu rasanya tak sebanding dengan momen indah yang didapatkan bukan. 


4. Pesta ulang tahun

Ulang tahun juga merupakan acara penting dan bahagia dalam hidup setiap insan, terutama saat-saat usia istimewa, seperti 17 tahun, atau bahkan ulang tahun pertama si kecil. Tidak hanya itu, perayaan ulang tahun pernikahan, atau ulang tahun perusahaan tentulah harus dirayakan dengan meriah dan spesial. Oleh karenanya, event organizer memegang peranan penting dalam keseluruhan acara. Pesta ulang tahun dengan tema unik dan menarik menjadi sebuah keharusan atau daya tarik untuk menambah kemeriahan pesta tersebut. 


5. Acara pertemuan keluarga

Acara dimana para anggota keluarga besar berkumpul bersama tentunya akan menjadi hari yang membahagiakan. Tidak hanya keluarga, tetapi acara kumpul bersama anggota komunitas atau perusahaan juga dibutuhkan dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan para anggota dan karyawan. Bahkan tak jarang ada acara reuni yang turut mengundang keluarga para karyawan untuk ikut datang memeriahkan suasana kumpul- kumpul bersama.  Event organizer pun hadir untuk membantu mengatur acara mulai dari tempat, kegiatan, MC, dan sebagainya. 


6. Peluncuran produk baru

Peluncuran sebuah produk membutuhkan sebuah kepanitiaan untuk mempromosikan dan mengelola acara tersebut agar produk yang dikenalkan dapat disampaikan dengan tepat kepada masyarakat. EO harus dengan tepat  menentukan tanggal, dan lokasi agar acara tersebut ramai dan sukses. Strategi dan cara pemasaran pun turut dirancang agar produk yang dikenalkan mendapat banyak konsumen dan bahkan menjadi trend. Adanya diskon dan replika maskot juga dapat dijadikan pertimbangan untuk menarik konsumen. 


7. Seminar kepemimpinan

Event organizer juga kerap menyediakan jasa penyelenggaraan sebuah seminar, atau pelatihan kepemimpinan yang banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan guna membekali karyawannya modal kepemimpinan yang baik. Biasanya, EO sudah mempunyai daftar paket yang siap ditawarkan kepada para perusahaan yang ingin bekerja sama. Mulai dari pembicara, materi, metode pelatihan semua ditangani oleh event organizer. Semakin terkenal pembicara pelatihan, semakin mahal tarif pelatihannya.


8. Tour wisata

Penyelenggara tour wisata juga disebut sebagai event organizer karena mengatur keseluruhan acara wisata. Semua sudah direncanakan oleh EO, mulai dari berangkat, kendaraan yang digunakan, tempat-tempat yang dituju, penginapan, hingga konsumsi. Paket yang ditawarkan pun bervariasi, sesuai dengan tempat tujuan, level pelayanan, atau lama perjalanan. Paket tersebut juga disesuaikan dengan kuota yang disediakan dan promo yang berlangsung. Dengan adanya event organizer tour wisata ini, memudahkan para pelanggan atau klien untuk menikmati liburan dengan santai. 


9. Seni dan budaya

Acara budaya dan Seni, seperti festival kebudayaan atau pementasan seni saat ini berkembang pesat. Festival kebudayaan menjadi hal yang sangat diminati oleh berbagai kalangan karena memberikan sesuatu yang berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Acara seni seperti pertunjukan alat musik, tarian,pameran lukisan, atau pameran seni lainnya, juga banyak diminati oleh pecinta seni. Dalam mewujudkan acara tersebut, tentu membutuhkan tim event organizer untuk membuat acara tersebut berjalan dengan sukses. 

Event organizer, sesuai dengan arti namanya adalah pengelola atau pembuat acara. Terkadang ada event organizer yang memfokuskan bidangnya untuk mengelola sebuah acara khusus seperti wedding organizer, atau EO di bidang musik. Biasanya, semakin terkenal EO tersebut, semakin mahal tarif yang dikenakan untuk menyewa jasanya. Namun itu sesuai untuk menghadirkan kepuasan dalam moment spesial bukan.

Demikian artikel tentang macam-macam event organizer. Semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi pembaca yang ingin mengadakan acara penting yang membutuhkan jasa EO. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.