Header Ads

Breaking News
recent

7 Alasan Konsumen Memilih Waralaba Asing

Bisnis waralaba didalam negeri tentunya tidak luput oleh persaingan, baik sesama pebisnis waralaba dalam negeri maupun waralaba yang berasal dari luar negeri yang kepemilikannya asing. Banyak ragam waralaba milik asing di Indonesia. Termasuk juga bisnis waralaba makanan yang sudah dikenal oleh konsumen lokal. 

Tentu konsumen lokal mengenal lebih dari tiga restoran cepat saji milik negara asing. Mereka pasti pula pernah mencoba beberapa rumah makan cepat saji yang menawarkan ayam goreng super crispy, burger, pizza atau masakan ala jepang. Kehadiran jaringan waralaba rumah makan cepat saji tersebut ternyata memiliki pengaruh terhadap pilihan konsumen. Sering kali konsumen lebih memilih makan di tempat waralaba milik asing tersebut, banyak alasan yang ternyata membuat mereka menjatuhkan pilihannya. Berikut beberapa diantara alasan tersebut. Mungkin beberapa alasan juga pernah Anda rasakan.


1. Cita rasa

Bagaimanapun juga kualitas rasa masakan menjadi penentu konsumen melakukan pembelian. Pelanggan tidak akan mempersoalkan biaya meskipun harga tiap menu di rumah makan waralaba asing lebih mahal daripada rumah makan milik lokal. Meski ada selisih harga, kebanyakan konsumen lokal merasa rasa yang ditawarkan oleh waralaba makanan milik asing lebih enak daripada buatan lokal. Sehingga tidak jarang binsis waralaba yang produknya serupa tapi tak sama dengan milik asing tersebut jauh lebih sepi didatangi konsumen.

Hal itu dikarenakan rasa yang ditawarkan oleh waralaba milik asing mempunyai rasa rasa yang asli dan kualitasnya masih belum bisa ditiru oleh rumah makan waralaba lokal. Memang penyebabnya adalah masakan milik waralaba asing tersebut mempunyai kekuatan resep asli produk budaya dari negara asalnya. Contohnya ayam goreng khas kentucky atau pizza asal Itali tidak akan sama dengan produk sejenis buatan lokal.  


2. Gengsi dan gaya hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumen Indonesia lebih gemar memilih produk asing daripada dalam negeri, termasuk memilih makan di rumah makan waralaba asing. Alasannya pun mudah, hal itu dikarenakan akibat gengsi. Makan di rumah makan cepat saji milik orang asing tentu dinilai lebih keren daripada makan di waralaba lokal. Alhasil waralaba milik lokal dengan produk serupa sepi dari pelanggan. 

Kuatnya promosi melalui beragam media tentu bisa menjadi sebab konsumen lokal lebih memilih waralaba merek asing. Daya pengaruh media yang begitu besar tersebut menciptakan budaya baru di kalangan konsumen. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa telah terpengaruh dengan gaya hidup melalui makanan yang dipromosikan oleh waralaba asing. 


3. Tempat yang nyaman

Mungkin untuk sebagian orang menu makanan menjadi hal yang bukan prioritas. Seringkali banyak konsumen yang menjatuhkan pilihan untuk makan di waralaba asing karena alasan tempat. Suasana yang terkesan bersih, rapi dan nyaman membuat konsumen pun jatuh hati. Sehingga meski tidak berniat utama untuk makan mereka mau menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk nongkrong di restoran waralaba asing.


4. Mudah dijumpai

Letak bisnis waralaba juga menjadi keunggulan. Lihat saja bisnis waralaba asing dengan retailnya yang ada dimanapun. Restoran cepat saji milik asing biasanya mempunyai banyak gerai. Bahkan di tiap kota ada lebih dari tiga. Mereka membuka cabang bisnis waralaba ditempat-tempat umum yang mudah dijumpai seperti pusat perbelanjaan, mall, bandara, stasiun kereta api dan tempat-tempat strategis lainnya. 


Tak jarang waralaba asing digemari dan ramai dikunjungi, karena banyak dan mudah ditemukan dimana-mana konsumen mudah untuk memilih makan di waralaba merek asing. Tentu ketika lelah dan lapar melanda saat berada di tempat publik, waralaba milik asinglah yang letaknya paling dekat. Sehingga konsumen seperti tidak mempunyai pilihan lain untuk makan di waralaba milik asing tersebut. 


5. Fasilitas lengkap

Di jaman modern semua dilakukan serba instan dan mudah. Aktivitas makan dilakukan bersamaan dengan kesibukan lain. Jadi tidak heran banyak rumah makan waralaba merek asing yang memberikan fasilitas beragam di tempat bisnisnya. Beragam fasilitas ditawarkan seperti arena bermain untuk anak-anak, wi-fi corner, perpustakaan mini, komputer gratis, ruang pertemuan atau pusat isi daya telepon genggam. 


Adanya fasilitas itu pula yang cenderung membuat konsumen betah. Karena mereka ke restoran waralaba asing tidak hanya untuk makan tapi juga bekerja, bertemu klien, atau sedang mengasuh anak.  


6. Sesuai dengan selera pasar

Bila pernah berkeliling didaerah ataupun negara yang berbeda dari tempat tinggal Anda, Anda akan menyadari bahwa rumah makan waralaba cepat saji merek asing ternyata berbeda-beda di setiap tempat. Tentu pertimbangan perbedaan itu mengikuti perbedaan karakter pasar. Seperti budaya, agama apa yang dianut, atau bahkan kepercayaan masyarakat sekitar akan makanan tertentu. Sehingga dengan mengikuti perbedaan karakter pasar yang khas tersebut mereka rela melakukan perubahan citarasa atau menu yang disajikan. 

Contoh nyatanya di dalam negeri saja. Rumah makan waralaba milik asing yang kita kenal dengan burger atau ayamnya tidak sama antara gerai yang di pulau jawa dengan di pulau Bali. Di Jawa tidak menjual makanan haram. Sedangkan di bali warung makan bisa menjual menu yang haram bagi muslim. Seperti bahan daging babi dan minuman beralkohol yang tidak ada larangan dalam agama Hindu. Sementara itu di India bahan daging sapi ditiadakan karena untuk menghormati kepercayaan warganya yang menganggap sapi hewan yang suci. 


7. Pelayanan cepat

Tentu saja saat memesan makanan hal yang paling diinginkan pembeli adalah kapan menu tersebut sudah ada di meja makan. Sehingga hal itu dijadikan faktor pelayanan utama oleh rumah makan waralaba asing. Tidak perlu menunggu lama makanan segera bisa dinikmati. Ada yang langsung siap makan usai pembayaran. Atau bahkan bila itu harus menunggu, ada jaminan yang ditawarkan oleh waralaba asing. Misalnya, bila menu tidak kunjung datang dalam 15 menit konsumen berhak mendapatkan potongan harga. Selain itu, waralaba asing juga menawarkan pelayanan pesan antar dengan cepat. Sehingga memudahkan bagi konsumen untuk memesan dari rumah. 

Demikian artikel tentang alasan konsumen memilih waralaba asing. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi para pembaca khususnya bagi para pebisnis waralaba agar bisnis waralaba yang dijalankan dapat berkembang dan terus berkembang. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.