Header Ads

Breaking News
recent

Hal Yang Membuat Bisnis Kedai Anda Menjadi Rugi

Bila pada ulasan sebelumnya bisnishack.com memaparkan hal – hal yang dapat menjadi strategi pemasaran bagi bisnis kedai Anda, maka pada ulasan kali ini bisnishack.com akan menjelaskan mengenai hal – hal yang membuat bisnis kedai Anda menjadi rugi. Apa saja penyebabnya?

Ya, berbisnis memang sangat menantang. Setiap langkah yang dilakukan selalu berpotensi akan dua hal, yakni keberhasilan dan kegagalan. Segala langkah dalam bisnis selalu beresiko. Bila Anda berhasil, bisnis Anda akan maju dan berkembang, bila Anda gagal, tentu bisnis Anda akan mengalami kerugian dan yang paling parah adalah bisnis Anda bisa gulung tikar.


Untuk bisa membawa bisnis Anda selalu dalam posisi stabil dan berhasil, Anda perlu menghindari hal – hal yang sekiranya dapat merugikan bisnis Anda. Anda perlu mempertimbangkan setiap langkah yang Anda ambil, dan memastikan bahwa hal tersebut tidak merugikan bisnis Anda. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan dan susunlah strategi yang semaksimal mungkin untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Termasuk diantaranya adalah bisnis kedai, yang akan kita bahas bersama – sama di bawah ini. Berikut ulasan yang dirangkum oleh bisnishack.com tentang hal –hal yang membuat bisnis kedai Anda menjadi rugi. Silahkan disimak!


1. Ruangan dan suasana tidak nyaman

Nyamannya tempat atau ruangan hingga suasana pada kedai adalah salah satu kunci yang menjadikan seseorang berkunjung ke kedai Anda. Bila ruangan kedai Anda nyaman, maka semakin banyak orang yang berkunjung ke kedai Anda, bahkan betah menghabiskan waktu hingga berjam – jam di dalamnya dan terus – menerus memesan makanan di kedai Anda. Namun sebaliknya, bila ruangan dan suasana di kedai Anda tidak nyaman, jangan berharap bila konsumen Anda akan kembali lagi mengunjungi kedai Anda dengan perasaan yang puas dan kesan yang positif.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda haruslah membuat suasana dan dekorasi ruangan dari kedai Anda menjadi senyaman mungkin. Misalnya, menjadikan ruangan tidak memiliki banyak celah yang membiarkan banyak sinar matahari yang masuk sehingga ruangan menjadi panas atau gerah, memisahkan antara ruangan untuk perokok dengan ruangan yang bebas asap rokok, menyediakan internet atau layanan wifi yang bisa dijangkau dengan baik oleh seluruh sudut kedai, dan lain sebagainya. Maksimalkan hal – hal tersebut untuk memanjakan konsumen Anda agar merasa nyaman, sehingga kedai Anda tidak mengenal kata rugi dalam pengelolaannya.


2. Terlalu banyak makanan yang tidak terjual

Berbisnis kedai atau warung makan, tentu memiliki banyak stok bahan makanan dan minuman yang akan diolah menjadi menu – menu menarik di kedai Anda. Bila kedai Anda ramai dikunjungi serta pembelian – pembelian menu yang dipesan oleh konsumen Anda dapat menjadikan bahan makanan dan minuman yang tersedia habis dan berguna, tentu bisnis kedai Anda mengalami keuntungan. Namun, bagaimana bila Anda sudah menyediakan stok bahan makanan di dapur kedai, sementara jumlah konsumen Anda sedikit serta tidak banyak membeli makanan yang bahan – bahannya sudah tersedia?

Ya, besar kemungkinan kedai Anda akan mengalami kerugian. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Anda menyediakan stok bahan – bahan makanan atau minuman secukupnya, menyesuaikan dengan keadaan. Tidak harus banyak dan tersedia berlebihan,  Anda cukup membelinya dalam jumlah yang cukup untuk dua atau tiga hari ke depan.


3. Menjamurnya bisnis yang sama

Banyaknya kedai – kedai dengan konsep dan penawaran menu yang sama, menjadikan Anda memiliki kompetitor – kompetitor bisnis yang lebih banyak. Anda perlu bekerja keras untuk menjadikan kedai Anda tetap laris di tengah persamaan – persamaan bkedai Anda dengan kedai – kedai sejenis lainnya yang merupakan saingan bisnis Anda. Menjamurnya bisnis yang sama membuat kedai Anda memiliki kemungkinan kecil untuk dipilih karena pilihannya banyak, kecuali bila kedai Anda menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dibandingkan dengan kedai – kedai lainnya.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa diferensiasi atau cirri khas dari suatu bisnis dianggap sangat penting. Dengan memiliki cirri khas sebagai pembeda dalam bisnis Anda, bisnis Anda akan memiliki identitas tersendiri dan dapat lebih menarik perhatian para konsumen dari sisi yang berbeda. Dengan kata lain, memiliki cirri khas dari bisnis kedai yang Anda kelola, dapat menjadi langkah awal Anda untuk menjauhkan bisnis kedai Anda dari kerugian.


4. Menu kurang banyak diminati

Pilihan menu dan kualitas rasa makanan menjadi satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis kuliner. Semakin banyak pilihan menu yang beragam dan semakin lezat rasa yang Anda berikan pada makanan atau minuman Anda, biasanya konsumen akan semakin menggandrungi kedai Anda. Namun, bagaimana apabila menu yang Anda tawarkan pada kedai Anda kurang banyak diminati oleh masyarakat?

Ya, kerugian tentu akan Anda alami bila hal - hal tersebut terjadi. Baik dalam jumlah kecil maupun besar, setidaknya Anda harus mengantisipasi hal ini secara cepat. Agar bisnis kedai Anda tidak mengalami kerugian, sekiranya Anda perlu mengubah secara cepat konsep kedai dan mengubah konsep menu yang telah Anda tawarkan sebelumnya. Pastikan hasil dari perubahan tersebut adalah menu Anda bisa terjual dalam jumlah yang banyak karena menu – menu makanan di kedai Anda memang diminati, serta penghasilan dari kedai Anda akan semakin meningkat.


5. Kebersihan kurang diperhatikan

Kebersihan akan mencerminkan bagaimana kualitas dari kedai hingga kualitas dari makanan yang Anda tawarkan. Semakin terjaga kebersihannya, maka semakin meyakinkan pula kedai Anda untuk dikunjungi. Siapapun tentu tidak ingin makan dan minum di tempat dengan kondisi yang jorok dan kotor, bukan?

Ya, kebersihan dari kedai Anda haruslah diperhatikan. Bila sedikit saja terabaikan misalnya dengan sampah yang menumpuk di depan para konsumen, bangku – bangku dan meja kotor dan berdebu, hingga kondisi dapur yang kumuh, biasanya hal – hal tersebut akan mengurangi daya beli masyarakat terhadap kedai Anda. Kualitas kedai Anda akan menjadi diragukan karena kondisinya yang jauh dari kata bersih.

Untuk itu, ada baiknya Anda menerapkan jiwa menjaga kebersihan dengan sebaik – baiknya pada karyawan – karyawan kedai Anda. Semakin Anda menjaga kebersihan, maka semakin meningkat pula kepercayaan masyarakat atau konsumen untuk makan di kedai Anda. Jika kepercayaan sudah terbentuk, tentu hal ini akan berpengaruh besar pada jumlah pendapatan yang Anda terima dari operasional kedai Anda setiap bulannya. Sudahkah Anda melakukannya?
Diberdayakan oleh Blogger.