Header Ads

Breaking News
recent

11 Cara Potongan Rambut yang Digandrungi

Jika salon Anda sedang mengadakan promo untuk mengenalkan produk baru dalam pemotongan rambut, maka potongan jenis layer bertumpuk bisa menjadi salah satu alternatif. Potongan jenis  ini cukup banyak peminatnya, karena memberi kesan lebih fress pada rambut Anda. Berikut ada beberapa tips dan trik untuk memunculkan hasil potongan rambut ala emo yang menawan.


Praktek

Practice makes perfect adalah semboyan untuk selalu membutuhkan kemampuan dan skill daripada sekedar teori. Jika ingin mulai belajar memotong rambut dengan benar, langakah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempraktekkan secara langsung kepada benda-benda mati yang ada di sekeliling. Misalnya saja dengan boneka. Boneka yang berambut panjang bisa dijadikan objek yang akan membantu untuk memperdalam kualitas memotong rambut.

Dengan cara seperti ini, akan mempermudah Anda memotong rambut yang sebenarnya. Boneka ini tidak harus barbie, namun bisa berbagai jenis boneka asalkan bisa didapat dengan mudah dan murah. Wig yang dipasang di manequin juga bisa dijadikan objek untuk mengasah kemampuan memotong rambut, karena manequin juga membutuhkan sentuhan gaya yang menunjang penampilan etalase toko.  Pastikan saja bahwa benda-benda yang dipakai untuk praktek tersebut diperbolehkan untuk dimanfaatkan atau memang milik sendiri.


Persiapkan rambut

Setelah mempelajari tups pertama, tentunya Anda akan mampu mempraktekkannya langsung pada rambut asli manusia. Langkah pertama adalah cuci rambut dengan shampo dan kondisioner lalu keringkan. Siapkan pula hair dryer untuk mengeringkan. Saat sudah kering, Anda bisa menyisir lalu meluruskannya.

Dalam keadaan lurus, rambut akan mudah dipotong dan dibentuk. Namun, biasanya di salon memang sebelum dipotong, rambut yang akan dibentuk dibasahi terlebih dahulu untuk memudahkan identifikasi panjang pendek serta jenis rambut. Setelah semua siap, Anda bisa memotongnya sesuai model yang diinginkan dengan alat-alat yang sudah disiapkan.

.
Peralatan potong

Sebagai langkah awal, Anda harus menyiapkan alat-alat dasarnya seperti sisir, sikat, penjepit, pisau cukur dan gunting rambut. Hal ini untuk menghindarkan dari kemungkinan untuk mencarinya lagi, karena tentu itu memakan banyak waktu dan tidak efisien. Pesiapkan saja semua peralatan di meja dekat Anda akan bekerja nanti.

Hal itu akan memaksimalkan tugas dan meminimalkan segala macam risiko yang kurang penting. Selalu perhatikan kualitas alat yang digunakan, walaupun mungkin peralatan tersebut mudah ditemui di lingkungan sekitar Anda. Jangan lupa untuk mengecek kesiapan alat, dan selalu pastikan pisau cukur dalam keadaan tajam dan tidak rusak.


Banyak kaca

Di salon memang membutuhkan banyak kaca sebagai pengintai penampilan pengunjung dari berbagai sisi, apalagi setelah mereka merubah penampilan. Kaca-kaca ini akan membantu Anda dan pengunjung untuk lebih mudah melihat hasil dan pemrosesan penggarapan rambut.

Letakkan kaca dalam tiga sisi depan, samping kanan, dan samping kiri. Bisa juga dengan meletakkan kaca tambahan di bagian belakang sehingga bisa melihat bagian belakang dengan seksama. Dengan begitu apabila ditemukan kekurangan, pihak salon akan segera dapat memperbaiki.


Tutupi badan

Sebelum memulai proses pemotongan, sebaiknya Anda menyiapkan kain lebar jenis parasit yang licin jika terkena rambut untuk dipasang menutupi tubuh pelanggan yang akan memotong rambut. Dengan begitu, maka akan memudahkan untuk melaksanakan tugas sebagai orang salon. Pastikan sapu selalu berada di dekat Anda untuk memudahkan pengumpulan rambut nantinya.


Dahulukan pemotongan

Langkah awal sebelum memulai pemotongan apapun jenis gaya yang diinginkan adalah dengan memisahkan lapisan rambut atas dan bawah. Rambut bagian atas jepit dengan alat naik ke atas sehingga memudahkan pemotongan di bagian bawah. Dengan memulai pemotongan dari bawah akan membuat semakin mudah menata detail gaya rambut yang diharapkan. Pakailah penjepit rambut yang besar sehingga bisa melingkupi semua rambut dan tidak mengganggu proses pemotongan.


Proses lapisan
Mulai memotong rambut dengan gunting bisa dilakukan sedikit demi sedikit dengan mengambil lapisan terluar yaitu lapisan terpanjang, baru kemudian yang terpendek. Ambil sedikit dari bagian depan, lalu sisir ke belakang untuk melembutkan, selipkan di antara dua jari Anda kemudian potonglah sesuai model yang diinginkan.

Lakukan terus sampai pada lapisan terakhir rambut. Ketika sudah menyelesaikan memotong semua rambut pada bagian akhir, Anda bisa menyamakan lagi panjang pendek rambut pelanggan.


Tipiskan rambut

Coba dulu pada mannequinn jika memungkinkan. Gunakan pisau cukur untuk menipiskan. Dengan begitu rambut Anda akan menjadi model dengan tumpukan lapisan yang menawan akan tampak seperti emo. Ambil bagian kecil dari rambut, kemudian silangkan menjadi satu. Ambil pisau cukur kemudian sisir  menurun tipiskan lalu potong. Semakin sering Anda melakukannya akan semakin tipis. Lakukan dengan pelan langkah tersebut, untuk menghindari pemotongan dan penipisan yang berlebihan. Lakukan pada sisi satunya, kemudian buat sesimetris mungkin.


Pewarnaan

Bisa jadi pelanggan menginginkan penampilan baru dengan warna yang baru pada rambutnya. Bisa Anda tawarkan warna alami ataupun warna mencolok yang mereka inginkan. Warna apapun yang mereka pilih akan lebih baik jika Anda memberikan saran dan pendapat mengenai warna tersebut. Namun jika ingin tampak emo seutuhnya, maka Anda bisa menyarankan untuk menggunakan warna gelap alami sebagai pilihan.


Pakai gradasi

Jika pelanggan menginginkan warna yang tampak berwarna ganda, Anda bisa menyarankan untuk pemakaian gradasi warna. Tentu saja membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih mahal. Namun, jika berhubungan dengan penampilan, terutama wanita akan dengan sukarela menghabiskannya. Jika pelanggan tersebut memiliki tipe wajah yang sendu dan muram, bisa Anda ganti warna yang tua dan gelap dengan warna lain yang lebih terang dan menyala seperti pink, hijau, biru, pirang dan sebagainya. Dengan warna yang tampak ceria, maka aura dan kecantikan orang akan muncul dengan sendirinya.


Bentuk dengan gel dan spray

Setelah berbagai tahapan pemrosesan selesai, anda bisa mlakukan sentuhan akhir dengan pembentukan gaya dengan menggunakan gel dan spray. Spray ini akan membuat rambut pelanggan terlihat lebih bervolume. Bisa juga ditambahkan glitter jika ingin menghadiri acara tertentu. Dan selanjutnya jika ingin tampak lebih berbeda, tambahkan hiasan yang menunjang penampilan Anda di berbagai kesempatan.

Gaya rambut apapun yang dipilih untuk merubah penampilan, akan terlihat sempurna jika orang tersebut memiliki kepercayaan diri yang baik. Jangan merasa malu atau takut akan penampilan Anda walaupun mungkin tidak seperti orang kebanyakan.
Diberdayakan oleh Blogger.