Header Ads

Breaking News
recent

[INFOGRAFIS] Peluang Bisnis Paling Prospektif di Tahun 2015

Pernah gak menonton serial acara televisi nasional di Indonesia “Bosan Jadi Pegawai”? Acara ini tampaknya mengajak kita untuk berani menginggalkan zona nyaman sebagai pegawai, kemudian beralih menjadi pengusaha. Memang, menjadi pegawai tampaknya masih menjadi pekerjaan yang memiliki banyak peminat.

Tetapi, menjadi seorang pegawai memiliki banyak kekurangan. Ketika kita memilih menjadi seorang pegawai, kita harus siap mengalami keterikatan waktu kerja. Karena pasti, jam kerja ditentukan oleh perusahaan, masuk jam tujuh pulang jam lima sore, misalnya. Selain itu, kita tidak dapat menentukan sendiri income atau penghasilan yang ingin kita dapatkan. Kekurangan lain bila menjadi pegawai adalah jenjang karir terbatas, terikat aturan pekerjaan, dan bekerja di bawah tekanan orang lain atau atasan.

Kekurangan-kekurangan di atas yang akhirnya memotivasi banyak orang untuk kemudian beralih menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha bisa menjadi pilihan apabila kita tidak suka bekerja di bawah tekanan, maupun ketika kita ingin memiliki penghasilan yang lebih luas.

Tetapi, saat ini , memiliki sebuah usaha juga tidak mudah. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan hal-hal yang sekiraya penting dalam membuka sebuah usaha. Pertimbangan-pertimbangan mengenai prospek dan  persaingan adalah salah satu hal yang wajib kita tahu sebelumnya.

Peluang bisnis merupakan kemampuan seseorang atau pebisnis untuk melihat adanya kesempatan berbisnis dari lingkungan sekitarnya. Dengan melihat peluang bisnis yang akan kita jalani, kita mendapat gambaran mengenai prospek bisnis kita ke depannya.

Beberapa peluang bisnis prospektif di tahun 2015 yang sangat prospektif diantaranya adalah :

Hijab dan Fashion

Hijab Dian Pelangi - zilliun.com

Peluang

Prospek bisnis fashion untuk tahun 2015 masih sangat menjanjikan, karena pada dasarnya manusia itu tidak terlepas dari industri fashion, apalagi wanita. Wanita kan lebih cenderung belanja lebih banyak dan fashionable. Kalau pria hanya beberapa kali membeli pakaian, tapi wanita akan selalu mengikuti tren. Dan yang kami harapkan para wanita tetap belanja produk Indonesia. Dunia gaya hidup selalu berkembang, selama orang butuh pakaian demi menunjang gaya hidup.

Tetapi, walaupun bisnis fashion memiliki pangsa pasar yang amat luas, tetapi adanya persaingan dalam bisnis ini merupakan hal yang bisa dianggap enteng. Perlu adanya pemahaman cara agar kita bisa menghadapi persaingan usaha  di bidang fashion ini. Seperti melakukan inovasi produk, memberikan harga yang bersaing dan masuk akal, melakukan pendekatan dan pelayanan yang unik dan mengesankan konsumen.

Persaingan

Persaingan menjadi salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan bisnis, begitupun dengan bisnis fashion yang tentunya akan memunculkan pesaing-pesaing yang sama andalnya. Namun, kita harus tetap optimis untuk terus maju dalam mengembangkan bisnis fashion dan tetaplah pada tujuan utama kita yakni memuaskan konsumen. Caranya adalah dengan memperhatikan keinginan konsumen, melakukan riset perkembangan mode terkini, melakukan berbagai inovasi, dan meningkatkan kualitas produk.


Kosmetik
Produk kecantikan - creamwajahalami.com

Peluang

Industri kosmetik dan produk herbal merupakan industri yang berprospek cerah. Penggunaan produk yang dahulu hanya sebagai kebutuhan sekunder kini berkembang menjadi kebutuhan primer, terutama bagi perempuan. Apalagi, ditambah dengan menyebarnya tren masyarakat bahwa penggunaan bahan baku alami dalam pembuatan kosmeetik yang semakin meningkat. Inilah yang akan membuka peluang dan kreativitas industri kosmetik di dalam negeri.

Bahkan, Kementerian Perindustrian mencatat, pada tahun 2011, omzet kosmetik nasional mencapai Rp 7 triliun, sedangkan produk herbal nasional mencapai Rp 11 triliun.  Merk kosmetika yang amat terkenal, Martha Tilaar, pendiri Martha Tilaar Group, pernah berkata kalau sekarang ini merk nya baru mengembangkan pembuatan kosmetik dari sekitar 700 spesies tanaman.

Padahal, Indonesia memiliki sekitar 30.000 spesies tanaman obat dan kosmetik serta aromatik. Hal ini merupakan salah satu peluang yang bisa kita manfaatkan ketika ingin berkontribusi dalam bisnis kosmetika ini.


Persaingan

Kedepannya, tantangan yang dihadapi pebisnis kosmetika nasional jelas semakin berat, karena persaingan akan terus menerus meningkat, baik yang datang dari produk kosmetik dalam maupun luar negeri. Menurut data per Mei 2011,  jumlah produk kosmetika di Indonesia mencapai 112.545 item.

Dari jumlah itu sebanyak 1.470 item merupakan produk lokal perusahaan industri, 4.139 item produk lokal UKM, dan terbanyak 5.317 item produk impor. Hal ini menyiratkan bahwa jumlah kosmetik impor di Indonesia sangat tinggi. Untuk itu industri kosmetik dalam negeri perlu meningkatkan daya saing menghadapi arus globalisasi di bidang kosmetik.


Perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi - klikbayi.wanitaterkini.com

Peluang

Bisnis ke empat, yaitu bisnis perlengkapan bayi. Yup, bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang tergolong sangat prospektif. Kenapa? Karena, bisnis perlengkapan bayi erat kaitannya dengan kelahiran bayi. Selama masih ada bayi, bisnis ini masih memiliki prospek yang baik. Apalagi Indonesia masih tergolong sebagai negara dengan penduduk terbesar.

Selain itu, bayi masih akan membutuhkan perlengkapan yang merupakan kebutuhan harian yang wajib untuk tumbuh kembangnya sampai usia 5 tahun. Serta produk perlengkapan bayi akan tahan lama jika disimpan serta tidak mudah rusak. Dan yang terakhir mengapa bisnis perlengkapan bayi sangat prospektif adalah karena target market bisnis perlengkapan bayi sangat luas, tak mengenal batasan status sosial, mulai dari kalangan ekonomi bawah, menengah, maupun kalangan atas.

Persaingan

Tetapi, bisnis jenis ini juga memiliki persaingan yang amat ketat, apalagi dengan masuknya produk China yang mendominasi pasaran,  dan kembali lagi, kita sebagai calon pelaku bisnis harus pintar-pintar mensiasatinya.


Asesoris pelindung motor



Peluang

Motor masih menjadi moda transportasi sejuta umat di Indonesia. Penggunaan motor sudah selayaknya memperhatikan beberapa hal seperti keamanan berkendara dan hak-kewajiban kendaraan itu sendiri. Untuk membuat kendaraan kita terfasilitasi dengan baik, diperlukan setidaknya instrumen tambahan. Salah satu instrumen yang sering terabaikan adalah pelindung motor atau yang sering disebut dengan cover motor.

Persaingan

Nah, bisnis cover motor inilah yang nantinya dapat dijadikan lahan  bisnis yang empuk. Selain karena pasarnya masih sangat besar, persaingan di bisnis ini masih sangat kecil. Salah satu merk produk cover motor adalah Cover Super.

Apa kelebihan Cover Super dibanding merk cover motor yang lain? Cover Super menggunakan bahan kualitas terbaik yang lebih tebal, lebih kuat, dan lebih  rapat serat kainnya. Merupakan Cover Motor legendaris yang menjadi rekomendasi para bikers. Mantel motor ini tidak meleleh terkena knalpot, bisa dicuci, bisa di setrika, kuat (tidak mudah robek), dan sangat awet (pemakaian normal hingga 2 tahun!).

Cover Super diproduksi pabrik profesional dengan standard kualitas eksport eropa. Inilah pilihan cerdas bagi Anda yang berpikir panjang (dibanding membeli produk biasa namun rusak setiap bulan).
Desain Cover Super adalah desain cover motor paling stylish dan elegan dibanding yang lain.

Dengan ukuran yang bodyfit, elastic anti terbang, serta space spion yang sporty, bikin tampilan motor Anda 10 x lebih mewah. Cover Super sangatlah mudah untuk digunakan. Tidak memerlukan banyak waktu anda sudah bisa melindungi motor anda dari warna yang luntur, pencurian, debu, dan motor anda akan menjadi motor yang paling colorfull di parkiran.



Oleh : Arditya Galih Fathurrohmah
Diberdayakan oleh Blogger.