Header Ads

Breaking News
recent

Mengenal Jenis Peralatan Fitness Serta Kegunaannya



Tempat fitness sudah banyak ditemukan pada apartemen, hotel, maupun di tempat umum lainnya. Jenis alat fitness cukup beragam serta fungsinya pun berbeda-beda. Bagi Anda yang memiliki usaha fitness, ada baiknya Anda mengerti jenis serta fungsi dari alat fitness yang akan disediakan untuk para pelanggan. Jadi, Anda tidak akan salah dalam memilih serta membeli peralatan fitness tersebut.

Hal menguntungkan lainnya jika mengetahui alat-alat fitness dengan baik adalah dalam pelayanan pelanggan. Anda dapat merekomendasikan alat-alat yang tepat untuk digunakan oleh pelanggan sesuai dengan tujuan mereka dalam melakukan fitness. Pelanggan juga akan mengerti terhadap masing-masing alat fitness sehingga mereka tidak merasa bingung ketika menggunakannya. Berikut ini jenis-jenis peralatan fitness yang biasa digunakan serta kegunaannya.


Chest press machine

Alat ini umumnya digunakan untuk melatih otot dada, terutama pada bagian tengah. Selain itu, alat ini juga dapat melatih lengan belakang atau trisep agar tetap kencang dan tidak kendur. Untuk menggunakan alat ini, pelanggan perlu duduk pada bangku yang tersedia di chest press machine. Setelah itu, kedua telapak kaki diletakkan pada lantai. Kemudian, duduklah dengan tegak sampai punggung menempel seluruhnya pada bangku.

Setelah posisi duduk sudah benar, peganglah mesin dengan kedua tangan yang lurus di depan dada serta siku yang membentuk sudut siku-siku dengan bahu. Ketika mengangkat beban, posisi siku jangan sampai berubah, tetap sejajar namun sedikit lebih rendah. Terakhir, saat mengangkat beban, tahanlah nafas, kemudian hembuskan kembali ketika melepas alat.


Sitting calf

Alat ini digunakan untuk melatih otot-otot kaki. Pertama, pelanggan bisa memilih beban yang sesuai. Kemudian sesuaikan tinggi tempat duduk agar posisi nyaman serta pas. Tarik tuas yang ada agar pas terletak dibawah paha. Kemudian, cengkeramlah alat tersebut seperti saat naik sepeda motor. Lalu, angkatlah tumit untuk melakukan olahraga ini.


Leg extension

Alat ini juga dipakai untuk melatih otot-otot paha. Bagian yang akan dibentuk terutama adalah otot paha bagian depan yang terletak di atas lutut. Untuk menggunakan alat ini, duduk dengan tegak sampai tidak terdapat celah pada kursi yang tersedia. Kaitkan kaki pada bagian belakang bantal. Kemudian, tangan memegang kedua handle yang berada disamping kursi. Naikkanlah kaki setinggi mungkin sambil menahan napas, tahan sebentar, lalu lepaskan.


Vertical row

Untuk menggunakan alat ini, pelanggan bisa memilih posisi sambil duduk maupun berdiri. Fungsi dari vertical row adalah untuk melatih bagian punggung. Bagian depan tubuh pun juga ikut terlatih karena gerakan yang dihasilkan berupa kegiatan mendayung. Sama halnya dengan peralatan lain, vertical row bisa disesuaikan bebannya sesuai dengan kemampuan pelanggan.


Pectoral

Fungsi dari pectoral adalah untuk mengencangkan otot pada perut serta pada dada. Pelanggan dapat memilih beban yang diinginkan. Kemudian, sesuaikan posisi kursi sehingga lengan berada 90 derajat di belakang bantal. Setelah posisi nyaman, tariklah alat tersebut dengan posisi kepala menempel pada kursi, lalu lepaskan.


Lat match

Duduklah pada alat ini dengan nyaman serta tempelkan bagian paha bawah dengan bantalan yang tersedia. Setelah itu, tarik bar yang nampak seperti katrol ke arah bawah. Meskipun terlihat mudah, banyak tenaga yang dikeluarkan untuk menarik alat tersebut. Tujuannya adalah melatih otot bisep serta bagian otot lainnya.


Abdominal crunch

Alat ini untuk melatih otot perut, terutama dibagian depan. Aturlah posisi duduk sampai bantal terletak persis dibawah pantat. Jangan lupa bagian bawah paha harus menempel atau didukung secara keseluruhan oleh kursi. Setelah itu, angkatlah tubuh Anda seperti melakukan sit-up. Selama latihan, jangan sampai posisi tubuh Anda terlepas dari bantalan kursi. Tetaplah menempel pada bantalan tersebut.


Shoulder press 

Dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa fungsi dari mesin ini adalah untuk melatih otot bahu bagian depan serta samping. Selain itu, bonus tambahan dari alat ini adalah sekalian untuk melatih otot leher serta lengan belakang agar tetap kencang dan tidak kendur. Untuk mencapai hasil yang maksimal, latihan ini dapat didukung oleh dumbbell ataupun barbell. Jangan lupa posisi lengan harus selalu sejajar dalam melakukan gerakan shoulder press.


Standing leg curl

Alat ini digunakan untuk melatih bagian otot yang terletak di paha depan serta belakang. Pertama, berdirilah di standing leg curl, kemudian peganglah handle yang disediakan. Posisi bantalan harus berada di kaki bagian belakang. Setelah itu, tempelkan badan pada bantalan yang ada dengan posisi tegak. Angkatlah beban di bagian kaki yang satu sementara kaki yang lain diam. Kemudian, ulangi gerakan pada kaki yang lainnya.


Leg press horizontal 

Alat ini dikhususkan untuk melatih otot paha. Bersandarlah pada mesin dengan posisi kaki lurus dan sejajar atau selebar bahu. Pegang handle yang tersedia di samping kursi dengan posisi punggung, bahu, menempel di bantalan. Posisi kaki seperti orang jongkok sehingga paha akan melayan diudara. Doronglah beban sejauh kemampuan. Hentikan proses olahraga ini jika pinggang terasa sakit atau terangkat dari tempat duduk.


Sepeda statis

Alat ini sama seperti sepeda, namun bedanya alat ini tidak bergerak atau diam di tempat. Penggunannya pun sangat mudah serta banyak diketahui oleh pelanggan. Bagi pelanggan yang baru fitness, tentu saja akan banyak menggunakan peralatan ini karena sudah dikenal. Dengan menggunakan alat ini, terdapat berbagai manfaat yang bisa diperoleh karena alat ini merupakan salah satu kardio yang baik.

Sepeda statis dapat membuat jantung lebih sehat karena saat mengayuh sepeda jantung akan bekerja lebih cepat sehingga sirkulasi darah akan lebih lancar. Selain itu, sepeda statis tentu akan membakar kalori dalam tubuh dan dapat mengurangi obesitas. Kaki pelanggan juga akan menjadi lebih kuat serta terhindar dari cidera karena terus dilatih. Keseimbangan serta stabilitas tubuh juga ikut terjaga dengan menggunakan alat ini.


Bench press

Alat ini cukup popular untuk membentuk tubuh bagian atas. Banyak pelanggan yang akan mencari alat ini karena sudah terbukti hasilnya serta mudah dalam penggunaannya. Otot yang dibentuk adalah dibagian bahu, dada, serta trisep secara bersamaan. Selain itu, alat ini dapat meningkatkan keseimbangan bahu saat beraktivitas karena persendian bahu ikut dilatih ketika menggunakan alat ini. Tulang bagian belakang pun ikut menjadi kuat dan tubuh menjadi lebih sehat.


Treadmill

Ini merupakan alat yang paling favorit dalam tempat fitness. Selain penggunannya yang mudah, alat ini berfungsi banyak. Treadmill bisa digunakan untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh dengan cara berjalan tepat maupun berlari. Tidak hanya itu, treadmill juga bisa digunakan sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga lainnya ataupun sebagai pendinginan. Terdapat pula alat treadmill yang bisa mendeteksi detak jantung serta jumlah jarak yang telah ditempuh untuk membantu mengontrol mode latihan.

Itulah tadi beberapa alat fitness dan kegunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi para pecinta fitness. Selamat mencoba!
Diberdayakan oleh Blogger.