Header Ads

Breaking News
recent

10 Tips Memilih Sebuah Pelatihan Pijat Terapi dengan Tepat

Sebelum memulai sebuah usaha pijat terapi, tentu Anda wajib memiliki sedikit keahlian dalam pijat terapi. Hal ini supaya betul-betul mengerti seputar pijat terapi serta tidak salah dalam memberikan sebuah terapi untuk pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa melatih pegawai-pegawai baru supaya lebih profesional. Untuk memiliki keahlian dalam pijat terapi ini, Anda harus mengikuti pelatihan yang bisa ditemukan di berbagai tempat.

Pilihan tempat kursus merupakan hal yang gampang-gampang susah. Namun, jangan sampai asal saja dalam memilih tempat pelatihan, karena hasilnya pun juga akan berbeda. Kumpulkan informasi yang lengkap jika Anda menemukan tempat yang menarik atau meyakinkan sebagai tempat pelatihan. Sebelum itu, Anda juga harus bertanya pada diri sendiri sebelum menentukan tujuan. Berikut ini tips untuk memilih tempat pelatihan pijat terapi.


Pelajari berbagai jenis profesi terapis

Terdapat berbagai jenis terapi pijat yang ada. Untuk mengetahui apa saja jenis terapi pijat tersebut, dapat dilihat disini (link ke terapi pijat). Terapi pijat yang satu dengan yang lainnya tentu memiliki ciri serta cara yang berbeda dalam aplikasinya. Rangkaian pelatihan yang akan disediakan pun berbeda pula. Jadi, lebih baik anda mengenali dahulu satu per satu profesi terapis yang ada.

Setelah itu, pilihlah satu metode terapi yang menurut Anda paling sesuai, lalu pelajarilah. Jangan langsung mempelajari semuanya sekaligus, karena hanya akan membuat bingung dan tidak fokus. Pelajarilah satu per satu terlebih dahulu. Jika sudah ahli dalam sebuah terapi, barulah pelajari terapi yang lainnya. Jangan terlalu terburu-buru, yang penting adalah menguasai teknik-teknik pijat tersebut.


Kumpulkan informasi

Sebelum memutusukan untuk masuk ke pelatihan terapi, kumpulkanlah informasi seputar tempat pelatihan tersebut. Anda bisa mengunjungi pelatihan secara langsung untuk bertanya-tanya. Jika Anda merasa malu atau tidak enak jika langsung datang, bisa juga menanyai mantan murid yang telah mendapatkan pelatihan disana. Akan lebih baik jika murid tersebut merupakan kenalan Anda supaya jujur dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

Selain itu, Anda juga bisa datang pada saat pelatihan tersebut membuka promosi kelas pelatihan. Mengambil brosur serta membaca katalog pelatihan yang tersedia pun juga merupakan salah satu langkah yang tepat. Setelah informasi tersebut terkumpul dan jelas, Anda bisa memutuskan untuk lanjut masuk ke pelatihan tersebut atau mencari yang lainnya.


Jenjang karir di masa depan

Tentukan dari sekarang karir terapis apa yang ingin Anda peroleh. Mayoritas pijat terapi bertujuan untuk relaksasi tubuh, namun tidak semuanya yang seperti itu. Ada beberapa pijat refleksi yang bisa menyembuhkan sakit serta pembetulan organ dalam dengan memijat pada titik-titik tertentu. Jadi ketahuilah bidang pijat terapi apa yang Anda sukai. Janganlah menyesal ketika terlanjur berada di jalur atau pelatihan terapi yang Anda tidak sukai.  


Cocokkan kurikulum yang ditawarkan

Cari tahu atau tanyalah pada tempat pelatihan tersebut mengenai kurikulum yang diajarkan. Mungkin saja nama pelatihan tersebut sesuai dengan yang Anda cari, tetapi belum tentu kurikulum yang diajarkan sesuai dengan harapan. Dapatkan informasi mengenai apa saja yang akan dipelajari serta teknik apa yang akan diberikan selama masa pelatihan. Tanyakan pula apakah terdapat kurikulum yang berbeda atau lebih bervariasi lainnya. Hal ini cukup penting untuk ditanyakan agar tidak salah mengambil kurikulum serta tidak kaget ketika pertama kali mendapatkan pelatihan.


Ketahui waktu yang diperlukan untuk sebuah kurikulum

Setelah mengetahui apa yang akan diperoleh serta tujuan Anda, selanjutnya periksa waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan. Tanyakan berapa lama waktu pelatihan yang diperlukan. Untuk pijat terapi yang membutuhkan teknik-teknik khusus, tentu akan lebih lama proses belajarnya daripada terapi yang biasa-biasa saja. Berikan waktu cukup agar Anda bisa menyerap segala informasi serta pengetahuan seputar pijat terapi tersebut.


Pastikan bahwa kewajiban yang lain tidak akan terbengkalai hanya karena pelatihan terapi ini. Meskipun Anda memiliki waktu, pastikan juga waktu tersebut lebih dari cukup untuk melakukan pembelajaran serta latihan di luar kelas. Percuma jika anda hanya berlatih saat pelatihan dan tidak berlatih saat berada di luar tempat latihan. Berapa lama pun Anda mengikuti pelatihan, dijamin tidak akan ahli dalam pijat terapi.


Periksa tingkat profesionalitas

Jika tempat pelatihan tersebut tidak ada sertifikasi apapun, tentu Anda patut curiga dan mencari tempat pelatihan lainnya yang lebih meyakinkan serta memiliki sertifikat resmi. Cari tahu juga pengalaman atau penghargaan apa yang sudah didapatkan oleh tempat pelatihan tersebut. Semakin banyak penghargaan tentu menunjukkan kemampuan dari tempat pelatihan.


Cocokkan persepsi anda dengan tempat pelatihan

Cocokkanlah pandangan Anda terhadap kesehatan, penyembuhan, serta penggunanaan dan fungsi pijat terapi terhadap filosofi tempat pelatihan tersebut. Jika pandangan Anda dan pelatihan berbeda, tentu perlu bertanya apakah tempat ini memang menjadi tujuan yang tepat. Cobalah bertanya pada tempat pelatihan tersebut apa sebetulnya pijat terapi itu. Bisa saja selama ini Andalah yang salah persepsi terhadap pijat terapi.


Dapatkan sesi berbagi ilmu
Pelatihan saja mungkin terasa tidak cukup. Jika hanya berlatih terus menerus tanpa memiliki pengetahuan atau teori dasar sebenarnya pijat terapi itu apa, tentu Anda tidak bisa mendalami setiap melakukan pijat terapi. Hasil yang diberikan akan tidak semaksimal mereka yang mengerti benar dengan pijat terapi. Oleh karena itu, mintalah sesi berbagi ilmu dengan para pelatih ataupun mereka yang sudah lulus.


Informasi tentang bantuan pada murid

Coba cari apa saja yang ditawarkan dari pusat pelatihan tersebut terhadap murid-murid yang sudah lulus. Apakah pihak pelatihan dapat membantu murid untuk mencari pekerjaan di bidang terapi, atau mungkin pelatihan memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan terapi pada murid yang berbakat, dan lain sebagainya. Tanyakan juga apakah ada tutor bagi Anda yang ingin mendapatkan sesi tambahan di luar tempat latihan. Semakin banyak bantuan yang ditawarkan oleh pusat pelatihan, maka semakin diuntungkan pula Anda.


Hal lainnya

Anda juga perlu mencari tahu berapa biaya yang diperlukan untuk mendapatkan pelatihan di tempat tersebut. Cari tahu apakah biaya tersebut sudah termasuk semuanya termasuk peralatan atau masih perlu membeli alat tambahan lainnya. Tanyakan juga apakah mendapatkan buku untuk kurikulum-kurikulum yang akan diajarkan. Perhitungkan juga seberapa jauh tempat pelatihan dari tempat kerja atau tempat tinggal Anda.

Renungkanlah hal tersebut dengan diri Anda sendiri. Pilihlah sebuah tempat pelatihan yang memang sesuai dengan karakteristik, jadwal, modal, serta karir yang Anda inginkan di masa depan. Coba minta pendapat pada orang tua serta rekan untuk meyakinkan diri serta mengetahui pandangan orang lain. Jangan sampai salah memilih agar tidak menyesal di kemudian hari.
Diberdayakan oleh Blogger.