Header Ads

Breaking News
recent

9 Kriteria yang Wajib Dimiliki oleh Pegawai Servis/Bengkel

Sebuah usaha jasa akan melibatkan banyak pembicaraan antara pegawai serta pelanggan. Pelanggan membutuhkan seseorang untuk bisa diajak bicara serta berkonsultasi terhadap masalah yang dia miliki. Begitu pula dengan usaha servis bengkel. Tentu masalah dari tiap pelanggan berbeda tergantung pada jenis mobil serta kejadian yang dihadapi. Oleh karena itu, pegawai yang dicari harus memiliki kriteria tertentu agar memuaskan pelanggan dan melancarkan usaha Anda.


Paham soal mesin
Pegawai Anda akan bergelut dengan mesin sepanjang hari. Sehingga, otomatis mereka wajib memahami soal mesin. Saat membetulkan kendaraan mereka, pelanggan tentu akan bertanya kerusakan apa yang dialami oleh kendaraan tersebut. Jangan sampai pegawai bingung lalu bertanya ke kanan kiri atau menjawab tidak tahu pada pelanggan. Juga, jangan sampai pelanggan yang mengetahui lebih banyak soal kondisi mesinnya dibandingkan dengan pegawai. Hal ini akan menunjukkan bahwa pegawai anda tidak profesional.

Terkadang bisa saja terjadi kerusakan yang tidak umum ditemui pada mobil pelanggan. Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh kerusakan lain yang sudah lama sehingga menyebar ke bagian lainnya. Oleh karena itu, keahlian dalam memahami mesin mulai yang terlihat sampai terselip pun dibutuhkan. Tentu saja tidak ada pegawai yang langsung ahli ketika pertama kali bekerja, namun pegawai tersebut bisa berlatih dan seiring berjalannya waktu akan menjadi ahli.


Tidak takut kotor

Pasti akan banyak kotoran seperti oli, debu, dan lain sebagainya yang akan dijumpai di tempat servis bengkel. Pegawai servis tentu tidak boleh merasa jijik dan harus berteman dengan kotornya tempat servis. Terkadang, pegawai pun perlu masuk di bagian bawah mobil untuk membetulkan mesin bagi tempat servis yang tidak memiliki hidrolik atau katrol untuk mengangkat mobil. Jadi, pegawai servis harus mengeluarkan totalitasnya dalam melakukan tugas.


Ramah

Ada beberapa pegawai servis mobil yang berhadapan langsung dengan pelanggan, terutama mereka yang tempat servisnya masih kecil. Oleh karena itu, penting sekali untuk bersikap ramah dengan sekedar tersenyum pada pelanggan. Hargailah pelanggan yang menunggu atau yang membetulkan mobilnya di tempat Anda. Rasa ramah ini diperlukan juga agar Anda juga merasa nyaman untuk mempekerjakan pegawai tersebut.


Pintar menjelaskan suatu keadaan

Seorang pegawai servis juga harus seperti guru les yang bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti pelanggan. Tidak semua pelanggan mengerti permasalahan apa yang dialami oleh mobilnya. Pastikan pelanggan juga tahu biaya-biaya yang harus mereka bayar sebelum servis mobil dimulai. Tentu anda tidak mau untuk mendapatkan komplain terhadap servis-servis yang sebetulnya perlu dilakukan, namun pelanggan tidak tahu sehingga menurut mereka tempat servis tersebut menipu atau melebih-lebihkan kondisi mobil.

Pertama, lakukan cek ke seluruh bagian mobil. Kedua, contohnya saja pegawai bisa jelaskan bahwa rusak ada di bagian mesin mobil utama, yang menyebabkan area lain menjadi rusak. Jika perlu, bawa pelanggan dan tunjukkan area kerusakan yang dimaksud agar pelanggan mendapatkan visualisasinya. Terakhir, berikan estimasi untuk pelanggan tentang biaya yang perlu dikeluarkan. Selanjutnya terserah pelanggan mau membetulkannya atau tidak.


Cepat tanggap

Terkadang, setelah servis selesai dan dicoba oleh pegawai, terdapat masalah lain yang muncul. Di saat seperti ini, pegawai harus tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan sebelum pelanggan datang. Pada awal bekerja, tentu para pegawai belum setanggap mereka yang sudah lama menggeluti servis mobil. Selain itu, jika pegawai lain membutuhkan bantuan, hendaknya mereka juga membantu satu sama lain agar hasil yang dicapai maksimal.

Tidak hanya itu saja. Dalam beberapa waktu, terdapat pelanggan yang mendadak mampir karena keadaan yang genting contohnya mesin mengeluarkan asap. Para pegawai tentu tidak boleh ikut panik menghadapi permasalahan tersebut. Jika pegawai ikut panik, otomatis pelanggan pun akan bingung. Carilah pegawai yang siap serta tanggap dalam berbagai macam masalah.


Rapi serta teratur

Bengkel servis anda memang boleh terlihat kacau dan kotor. Namun, tidak dengan tempat sparepart, peralatan servis, dan barang lainnya. Setelah menggunakan peralatan servis, menjadi keharusan bagi para pegawai untuk mengembalikan ke tempat asal serta menatanya dengan rapi. Hal ini diperlukan agar alat-alat servis tidak berceceran serta hilang, apalagi alat-alat atau sparepart yang kecil seperti mur. Jika hilang satu atau dua masih wajar, jika hilang secara terus-terusan, keuangan Anda sama saja dengan bocor karena harus membeli peralatan tersebut.

Selain itu, ini dilakukan untuk mempermudah pegawai lainnya dalam mencari alat-alat servis yang diperlukan. Jangan sampai ketika ada keadaan darurat serta alat diperlukan, ketika dicari pada tempatnya tidak ditemukan. Para pegawai bisa saling menyalahkan satu sama lain. Tentu Anda tidak mau terjadi keributan di tempat servis Anda yang menyebabkan pelanggan tidak nyaman kan?


Detail

Tidak semua kerusakan mobil terjadi di mesin utama atau pada hal yang terlihat mata. Bisa saja kerusakan ada di mesin bagian yang paling dalam atau tempat yang paling pojok dan susah diraih. Terkadang, untuk membetulkan mesin tersebut terdapat komponen-komponen kecil yang perlu diperhatikan dan tidak boleh salah. Oleh karena itu, pegawai servis harus mempunyai sifat yang detail agar tidak melewati satupun dari komponen yang ada.


Cekatan dan lincah

Servis mobil memang memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung pula kerusakan apa yang dialami oleh mobil tersebut serta apa saja komponen yang diperlukan. Semakin parah kerusakan, semakin banyak komponen, tentu waktu akan semakin lama, bahkan bisa berhari-hari. Disinilah dibutuhkan pegawai yang cekatan, lincah serta cepat dalam bekerja. Semakin cepat pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai Anda, tentu semakin banyak pelanggan yang bisa dilayani.

Namun, tentu saja cekatan bukan berarti asal-asalan. Cekatan dalam artian hasil kerja yang diberikan juga sebagus atau bahkan lebih bagus daripada pegawai yang kecepatannya biasa saja. Jika pegawai Anda kurang cekatan, maka tidak banyak pelanggan yang bisa diterima setiap harinya. Hal ini tentu akan memberi efek cukup besar pada keuangan karena Anda memerlukan pelanggan yang cukup untuk membayar seluruh biaya operasional maupun non-operasional dari tempat servis Anda.









Punya kendaraan

Bagi tempat servis yang memiliki jasa delivery atau servis langsung di tempat, tentu memerlukan pegawai yang memiliki kendaraan pribadi. Jadi, para pegawai tersebut bisa langsung mendatangi pelanggan di tempat mereka. Entah itu di tengah jalan dan kendaraan mogok mendadak, di rumah, di kantor, bahkan di luar kota jika itu pelanggan langganan. Namun, jangan lupa untuk membayar bensin serta memberikan tunjangan kendaraan bagi pegawai tersebut. Kendaraannya membantu Anda menaikkan omset usaha, jadi jangan terlalu pelit. Cara lain, Anda juga bisa menyediakan kendaraan untuk dipakai oleh para pegawai.

Itulah tadi kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pegawai servis dang bengkel. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda para pembaca. Selamat berbisnis!
Diberdayakan oleh Blogger.