Header Ads

Breaking News
recent

Ini Dia 11 Cara Menjadi Fashion Konsultan Hebat

Anda ingin menggeluti dunia fashion, namun lebih suka memadu padankan pakaian beserta aksesorisnya dibanding menjual pakaian. Jangan khawatir. Alternatif profesi yang bisa Anda pilih yaitu dengan menjadi fashion konsultan. Profesi ini harus dimulai dari bawah, dalam artian secara akademik dituntut untuk komplit. Bisa Anda kembangkan dikemudian hari dengan bakat yang Anda miliki. Berikut hal dasar yang harus dilakukan sebelum menjadi fashion konsultan profesional.


Lulus sekolah

Pada dasarnya untuk memulai sebuah usaha atau pekerjaan yang kita sukai, lulus sekolah adalah keharusan. Bukan hanya karena status yang dikejar, namun kenyataannya orang lebih menyukai mereka yang memiliki pendidikan tinggi, karena nilai tawar dan kualitas yang lebih dibanding strata di bawahnya. Begitu pula dengan fashion konsultan, pekerjaan yang mengutamakan kretifitas ini nyatanya juga memerlukan legalisasi dari badan yang dilegitimasi untuk semakin menigkatkan kualitas. Setidaknya lulus SMA atau sekolah kejuruan sederajat mutlak harus dimiliki. Anda juga bisa menambah kualitas diri dengan mengikuti kursus yang berkonsentrasi di bidang fashion.


Sarjana

Menjadi sarjana dari konsentrasi ilmu dalam tata busana atau fashion akan semakin membuka lebar kesempatan dan peluang untuk bekerja serta membuka lebar memasuki dunia industri.  Untuk pekerjaan sebagai fashion konsultan setidaknya Anda harus expert di bidang pemasaran pakaian, aksesoris, ataupun desain. Kesemuanya menjadi pilihan yang bagus untuk ditekuni. Tidak semua jurusan yang sesuai dengan fashion dan Anda inginkan tersedia di semua perguruan tinggai. Cari dan masukkan  pendaftaran di tempat sesuai yang menyediakan program itu.


Pengalaman

Sebelum menjadi fashion konsultan yang baik, selain harus memiliki background pendidikan yang sesuai, Anda juga harus memiliki pengalaman. Pengalaman pekerjaan yang sesuai dengan profesi Anda biasanya berhubungan dengan pakaian, seperti menjadi asisten di toko pakaian atau pusat perbelanjaan di tempat pakaian. Bisa juga dengan membuka bisnis sendiri menjual pakaian sehingga mengetahui bagaimana seluk beluk dunia fasion itu sendiri. Dibutuhkan waktu setidaknya 2-5 tahun untuk Anda menggeluti bisnis dan mencari pengalaman sebelum benar-benar menjadi fashion konsultan.


Perhatikan image penampilan

Hal penting lain yang harus Anda tingkatkan adalah fashion atau cara berbusana Anda sendiri, yang akan mencerminkan kualitas, kreatifitas, dan kemampuan mengolah serta memadu padankan pakaian. Hal ini penting sebagai fashion konsultan, kualitas Anda terukur dari hal ini. Pastikan selalu dalam keadaan trend dan tidak murahan.


Buat website

Website membantu Anda untuk lebih bisa mempromosikan dan membeberkan lebih jelas mengenai profil, kualifikasi, dan kualitas. Website ini berisikan deskripsi mengenai hal apa saja yang bisa dilakukan. Anda bisa mencantumkan hasil karya itu dalam bidang fashion di web tersebut. Kontak yang dapat dihubungi juga penting untuk membantu masyarakat mengetahui lebih banyak mengenai hasil seni fashion Anda.

Deskripsikan dan jabarkan dengan lengkap mengenai pelayanan yang ditawarkan. Semua pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan akan membuat masyarakat tertarik untuk kemudian ingin tahu lebih lanjut dan menjalin hubungan baik dengan Anda. Koneksi menjadi kunci jika ingin cepat sukses kedepannya.


Mulai

Setelah Anda melakukan beberapa langkah sebelumnya, atau setidaknya melakukan beberapa hal itu, ini saatnya memulai menjadi fashion konsultan sesungguhnya. Mulailah dengan menjadi fashion konsultan paruh waktu. Disela-sela Anda bekerja sebagai asisten atau manager di toko pakaian, Anda bisa membuka praktek fashion konsultan paruh waktu itu untuk membangun dan mendapatkan klien.


Paket untuk orang dekat

Menjadi fashion konsultan memang menyenangkan, apalagi jika selalu berhubungan dengan banyak orang yang konsultasi mengenai pakaian mereka.  Banyaknya orang yang meminta saran cara berpakaian yang pantas ketika memulai sebuah pekerjaan, merencanakan momen penting ataupun hanya sekedar mengubah penampilan. Banyak hal yang bisa Anda lakukan.

Namun, sebagai promosi atau perkenalan pada dunia fashion, tidak ada salahnya memberi potongan harga atau promo gratis untuk teman dekat ataupun keluarga. Pengalaman ini dapat dijadikan bagian pemasaran Anda. Tuliskan dalam website Anda mengenai perjalanan karir serta testimoni mereka mengenai kemampuan merubah penampilan. Ini berguna saat ada orang yang mempertanyakan kualitas Anda.


Sertifikat

Untuk menjadi fashion konsultan yang semakin dipercaya, Anda harus megikuti pendidikan ataupun kursus singkat yang nantinya menghasilkan sertifikat sehingga semakin memperkuat posisi Anda di dunia fashion. Sertifikat ini secara tidak langsung semakin membuat Anda dipercaya dalam hal penanganan perubahan penampilan. Sembari menantikan saat yang dinanti yaitu menjadi fashion konsultan yang profesional, pembangunan citra dan karakter penting dilakukan.


Jaringan

Daftarkan diri dan jadilah bagian dari komunitas bisnis di sekitar lokasi Anda. Dengan begitu, Anda memiliki kesempatan bertemu dengan orang-orang yang telah sukses dalam bidang sejenis. Jalinlah hubungan yang baik dengan mereka agar semakin bisa mempelajari banyak hal dan pengalaman dalam dunia fashion. Ini bisa membantu lebih mudah memasuki komunitas orang-orang sukses. Mereka akan membantu Anda dengan senang hati jika bisa selalu membina hubungan baik.


Susun kerja sama

Dalam dunia fashion konsultan, dunia yang tak jauh berhubungan adalah salon, spa, desainer. Mereka tentu memiliki hal dan membutuhkan kerja sama dengan fashion konsultan. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan mengajukan draf kerja sama yang saling menguntungkan. Anda bisa mengiklankan keinginan bekerja sama di website yang Anda miliki.

Tentu saja tidak mudah mendapat kepercayaan orang apalagi jika iklan di website. Maka dari itu, jika ada yang tertarik mengajak kerja sama, bisa langsung ditanggapi dengan bertemu langsung dengan calon partner Anda. Yakinkan dengan presentasi singkat yang bisa dipercaya. Dengan kepercayaan diri dan kemampuan Anda, maka tak sulit mendapatkan yang Anda inginkan.


Pertahankan pelanggan

Pengusaha yang baik mampu mempertahankan klien yang sudah  ia dapatkan. Jika sudah memiliki basis klien yang kuat, maka jangan khawatir mengenai hal inovasi jasa apapun yang akan Anda luncurkan. Karena, dengan basis klien yang kuat, mereka akan dapat menerima dan tidak segan menggunakan jasa yang Anda tawarkan, apapun itu.

Hal itu terjadi karena mereka sudah memiliki kepercayaan terhadap kemampuan yang Anda miliki. Berikan pelayanan khusus untuk pelanggan tetap Anda, dengan memberikan reward, hadiah, ataupun promo khusus untuk mereka. Hal ini cukup ampuh membuat pelanggan bertahan bersama Anda.

Dalam dunia fashion, inovasi dan kreasi menjadi hal penting yang tak boleh dilupakan. Anda akan dapat bertahan dalam kondisi apapun jika memiliki insting kuat dalam membangun jaringan dan bisnis. Selalu ingat untuk berpenampilan up to date, hindari  perpaduan yang sedikit norak karena ini menyangkut kredibilitas Anda sebagai seorang fashion konsultan. Tentu semua hal harus terus dipelajari, sehingga bisnis Anda akan semakin berkembang.
Diberdayakan oleh Blogger.